Skip to content
KATA SAMBUTAN KETUA PANITIA ACARA MAULID NABI
Maulid Nabi Muhammad SAWadalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Perayaan Maulid Nabi ini sebenarnya merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Dapat dikatakan bahwa peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, masyarakat Indonesia biasa memperingati acara ini dengan menggelar acara pengajian. Umumnya, acara ini diisi dengan tausiah agama. Tak hanya digelar di lingkungan masyarakat saja, namun Maulid Nabi juga sering digelar diberbagai instansi misalnya perusahaan atau sekolah.

Dan acara semacam ini juga memiliki panitia penyelenggara. Jika anda merupakan ketua panita, tentu biasanya anda akan diminta untuk menyampaikan kata sambutan. Maka berikut ini, kami akan memberikan beberapa contoh kata sambutan ketua panitia acara maulid nabi. Mari simak contohnya dibawah ini.

Contoh 1 :

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..


Alhamdulillahirobbil ‘alamin, wabihi nasta’in ‘ala umuriddunya waddin, ashsholatu wassalamu’ala asrofil ambiyaa iwal mursalin wa’ala alihi washohbihi ajma’in. Robbisrohli sodri, wayassrili amri, wahlul uqdatammilisani yafqohu qouli, amma ba’du.

Yang terhormat Bapak/Ibu ………….. selaku RT …………
Yang terhormat Bapak/Ibu ………….. selaku RW …………
Yang terhormat Ustadz ………………
Yang terhormat Ustadzah ………………
Dan yang kami hormati masyarakat ……………

Yang pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat bersama-sama berkumpul ditempat ini untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dalam keadaan sehat, tanpa suatu halangan apapun.

Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad wa’ala alihi sayyidina Muhammad. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi besar kita Muhammad SAW serta para sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Bapak-bapak, ibu-ibu dan para hadirin yang dirahmati Allah..
Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengucapkan ribuan terima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya untuk dapat menyampaikan kata sambutan mewakili panitia pelaksana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW …… H yang bertepatan dengan tahun ……………. Masehi.

Bapak-bapak, ibu-ibu dan para hadirin yang berbahagia.

Kami ucapkan terima kasih kepada para undangan yang telah sudi menghadiri acara yang kami selenggarakan ini. Selanjutnya ucapan terima kasih kami sampaikan kepada bapak ustadz ……………  atas kehadirannya di acara ini untuk menyampaikan tausiahnya. Semoga apa yang beliau sampaikan hari ini akan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Terima kasih juga yang tak terhingga  kepada para donatur atas sumbangan yang telah diberikan untuk terselenggarakannya acara ini. Semoga Allah memberikan pahala yang berlimpah dan semoga Allah menambah rezeki yang berlipatganda pula kepada bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian.

Selanjutnya, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan pantia yang telah bekerja keras demi kesuksesan acara ini. Semoga segala apa yang telah rekan-rekan lakukan menjadi tabungan pahala bagi rekan sekalian.

Bapak-bapak, ibu-ibu dan para hadirin yang dirahmati Allah..

Kami juga memohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan yang terjadi pada acara ini, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Demikianlah kata sambutan yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata yang menyinggung Bapak/Ibu sekalian. 

Akhiru kalam wallahu muwafiqi ila iqwamittorriq, 

Assalamu’alaikum wr.wb
KATA SAMBUTAN KETUA PANITIA ACARA MAULID NABI

Contoh 2 :

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..


Alhamdulillahirobbil ‘alamin, wabihi nasta’in ‘ala umuriddunya waddin, ashsholatu wassalamu’ala asrofil ambiyaa iwal mursalin wa’ala alihi washohbihi ajma’in. Robbisrohli sodri, wayassrili amri, wahlul uqdatammilisani yafqohu qouli, amma ba’du.


Yang terhormat Bapak/Ibu ………….. selaku ……………

Yang terhormat Bapak/Ibu ………….. selaku ……………
Yang terhormat Ustadz ………………
Yang terhormat Ustadzah ………………
Dan yang kami hormati para karyawan PT…………..


Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat bersama-sama berkumpul ditempat aula perusahaan ini untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dalam keadaan sehat, tanpa suatu halangan apapun. Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad wa’ala alihi sayyidina Muhammad. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi besar kita Muhammad SAW serta para sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Yang pertama saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan satu atau dua patah kata. Disini saya selaku ketua panitia acara peringatan Maulid Nabi saw, juga ingin mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para tamu undangan karena telah menyempatkan diri untuk hadir dalam acara yang Insya Allah diberkahi Allah ini.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa malam ini kita akan memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. Maulid Nabi adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW. Peringatan ini sendiri merupakan tradisi yang sudah kita jalani sejak zaman dulu. Peringatan ini sendiri adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad. Dan acara malam ini akan kita isi dengan tausiah agama yang akan disampaikan oleh bapak Ustadz ……………….. dan Ustadzah ………………………. Semoga apa yang akan beliau sampaikan pada malam ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Saya pribadi sebagai ketua panitia acara ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini baik yang berupa tenaga maupun harta benda, materil maupun spirituil sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik. Semoga apa yang telah saudara, bapak dan ibu semua lakukan tersebut menjadi ladang pahala sebagai bekal diakhirat kelak.

Hadirin dan hadirat sekalian yang saya hormati. Selanjutnya, tak lupa kami menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak, bila dalam penyelenggaraan ini terdapat hal-hal yang kurang berkenan dan atas segala kesalahan, kekhilafan serta kurang lebihnya kami, segenap panitia mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhirnya, sekali lagi atas namá panitia penyelenggara menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasinya dan mohon maaf atas segala kekhilafan dan kurang lebihnya.

Ihdinasshirathal mustaqiim,tsummas salamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh..

February 25, 2020 / harry