Skip to content
KATA SAMBUTAN RAPAT DESA

Rapat Desa atau yang juga dikenal dengan istilah musyawarah desa (musdes) adalah proses musyawarah antara Badan permusyawaratan desa (BPD), Pemerintah desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh BPD untuk menyepakati hal yang bersifat strategis. Rapat desa sendiri merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di desa untuk membahas mengenai berbagai hal misalnya perencanaan sebuah acara dan juga evaluasi kegiatan.

Dalam acara rapat, tak lengkap rasanya jika tidak adanya kata sambutan. Kata sambutan ini bisa disampaikan oleh siapa saja yang berkepentingan misalnya Camat, Kepala Desa, dan orang-orang berkepentingan lainnya. Nah berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh kata sambutan rapat desa.

Contoh 1 : (Kata Sambutan Camat Pada Rapat Desa)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Desa beserta staf dan para sesepuh desa yang kami hormati,

Yang saya sayangi saudara-saudara warga Desa ……………

Pertama-tama kami sangat bersyukur kepada Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam rangka melaksanakan acara rapat desa.

Kami sebagai pimpinan wilayah, begitu mengapresiasi rencana gerakan anti narkoba di desa ini. Gerakan ini tentu saja akan menjadi langkah positif bagi desa ini untuk memberantas kejahatan narkoba yang belakangan ini mulai marak. Bukan hanya wilayah perkotaan, namun wilayah pedesaan pun perlu mewaspadai adanya peredaran narkoba ini. 

Dengan melakukan gerakan anti narkoba ini, kita dapat menyelamatkan generasi muda dari kelamnya jeratan narkoba. Karena memang bahaya narkoba ini begitu memprihatinkan. Kita pun dapat memberikan para generasi muda berbagai kegiatan positif untuk mengisi kegiatan mereka.
Baiklah itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf jika ada perkataan yang salah, kepada Allah saya mohon ampun.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

KATA SAMBUTAN RAPAT DESA

Contoh 2 : (Kata Sambutan Kepala Desa Dalam Rapat Desa)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Saudara-saudara sekalian yang saya hormati. Mengawali sambutan saya dalam pertemuan ini, marilah kita panjatkan puji syukur yang sedalam-dalamnya kepada Allah SWT, karena berkat rahmat, karunia dan petunjuk-Nya kita semua dapat berkumpul dan bertatap muka di balai desa ini tanpa ada suatu halangan apapun dalam rangka melakukan rapat evaluasi program kerja.

Saudara-saudara sekalian yang saya hormati. 

Terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada bapak-bapak, ibu-ibu dan saudara semua perangkat desa atas kehadiran dan partisipasi dalam pertemuan rutin setiap bulan yang telah kita sepakati bersama dalam rangka melakukan evalusai program kerja yang telah kita canangkan bersama demi kemajuan desa yang kita cintai ini.

Selanjutnya, saya meminta nanti, masing-masing ketua bidang untuk menyampaikan hasil evaluasi mengenai hal-hal yang telah dicapai dan kendala-kendala yang dihadapinya, untuk selanjutnya nanti kita bahas bersama-sama, kita cari solusi untuk mengatasi masalah-masalah yang menjadi hambatan itu, agar semua program kerja yang telah kita rencanakan pada akhirnya nanti dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan kita semua.

Selain itu, dalam rapat kita kali ini, kita juga akan membahas mengenai keamanan di wilayah desa ini. Saya berharap kegiatan siskamling hendaknya ditingkatkan. Atau jika bapak ibu berkenan untuk mengeluarkan biaya keamanan, kita akan mempekerjakan beberapa orang hansip untuk menjaga keamanan desa kita. Dan untuk masalah ini akan kita bahas lebih lanjut nantinya.
Bapak-bapak, ibu-ibu dan saudara-saudara sekalian yang berbahagia. Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Lebih dan kurangnya mohon maaf dan atas waktunya saya ucapkan terima kasih.
Wabillahitaufik Walhidayah

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

February 19, 2020 / harry