Skip to content
KATA SAMBUTAN KETUA PANITIA ACARA TAHUN BARU ISLAM

Tahun Baru Islam atau yang dikenal pula dengan sebutan Tahun Baru Hijriyah merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Yang namanya tahun baru, tentu saja hari ini adalah hari pertama dari bulan pertama (Muharram) dalam kalender Hijriyah.

Biasanya hari ini diperingati oleh setiap umat Muslim sebagai tanda syukur kepada Allah SWT atas karunia-Nya hingga dapat kambali bertemu di tahun yang baru. Acara peringatan ini umumnya diisi dengan pengajian dan tausiah agama. Dan dalam perlaksanaannya, ada pihak panitia yang mempersiapkan acara ini. sehubungan dengan hal itu, kali ini kami akan memberikan beberapa contoh kata sambutan ketua panitia acara tahun baru Islam.

Contoh 1 :

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi robbil alamiin assholatu wassalamu ala rosulillahi saw. Waala alihi wasohbihi ajmaiin. Amma ba,du.

Yang kami muliakan Ustadz …………….
Yang kami hormati Bapak/Ibu RT ……………..
Yang kami hormati Bapak/Ibu RW …………….
Dan yang kami hormati Bapak/Ibu, Saudara/Saudari tamu undangan.

Yang pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt, karena berkat pertolongan dan kasih sayangnya pada saat ini kita bisa menyelenggarakan acara ini serta kita bisa hadir dalam keadaan sehat wal afiat tiada halangan satu apapun. Sholawat serta salam mari kita haturkan kepada Nabi kita, Nabi Muhammad saw yang selalu kita nantikan syafaatnya pada yaumul hisab. Aamin Ya Rabbal Alamiin.

Hadirin rohima kumullah,

Saya atas nama ketua panitia penyelenggara pengajian ini mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan dukungan dari semua pihak dalam bentuk apapun, tenaga, saran, sarana dan prasarana dan lain-lainnya, sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik, kami tidak bisa membalas dalam bentuk apapun. Namun do’a kami semoga amal kebaikan bapak ibu mendapat balasan pahala dari Allah yang lebih baik.

Kami juga ingin mengucapkan selamat datang kepada semua hadirin yang telah menyempatkan untuk menghadiri acara peringatan Tahun Baru Hijriyah …… pada malam hari ini. Semoga kehadiran Bapak/ Ibu sekalian dapat membawa berkah baik bagi Bapak/Ibu maupun bagi kita semua. Namun kami pun memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila didalam penyambutan Bapak/Ibu sekalian, kurang berkenan di hati. Semoga kami dapat memperbaikinya di lain kesempatan.

Hadirin yang kami hormati,

Acara ini nantinya akan diisi dengan tausiah agama yang akan disampaikan oleh Ustadz ………….. Semoga apa yang beliau sampaikan hari ini dapat berguna dan kita amalkan di kehidupan sehari-hari. Selain itu juga, malam ini kita akan membaca surah Yasin bersama yang akan dipimpin oleh Bapak ……………….

Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Mohon maaf apabila ada tutur kata yang kurang berkenan.

Wa billahi taufik wal hidayah

Wassalamu.alaikum Wr. Wb.

KATA SAMBUTAN KETUA PANITIA ACARA TAHUN BARU ISLAM

Contoh 2 :

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi robbil alamiin assholatu wassalamu ala rosulillahi saw. Waala alihi wasohbihi ajmaiin. Amma ba,du.

Yang kami hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA ……………
Yang kami hormati Bapak/Ibu Wakil Kepala Sekolah SMA ……………
Yang kami hormati Bapak/Ibu dewan guru SMA …………… beserta staf tata usaha
Yang kami muliakan Ustadz/ Ustadzah …………….
Dan yang kami sayangi teman-teman siswa siswi SMA ………………

Sebelum melanjutkan kata sambutan ini, marilah lebih dulu kita mengucapkan rasa syukur atas nikmat dan karunia Allah SWT. Karena berkat izin dari-Nya jua kita dapat berkumpul di acara peringatan Tahun Baru Hijriyah ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Sholawat beserta salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, dan keluarga beserta para pengikutnya hingga akhir zaman.

Bapak-bapak, ibu-ibu dan para hadirin yang dirahmati Allah.

Yang pertama, saya ingin mengucapkan ribuan terima kasih atas kehadiran tamu undangan dan teman-teman sekalian di acara pada hari ini. Semoga kehadiran Bapak/Ibu dan teman-teman sekalian dapat menjadi ladang pahala bagi anda dan kita semua. Tausiah kita pada hari ini akan disampaikan oleh Ustadz/Ustadzah ………………. Dan semoga kita semua dapat mengambil pelajaran dari apa yang akan disampaikan pada hari ini.
Selanjutnya, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan pantia yang telah bekerja secara maraton mulai tanggal ……. hingga dengan dikala ini yang tidak mengenal lelah. Semoga segala apa yang telah rekan-rekan perbuat, demi syiarnya agama Islam dan demi terselenggaranya program ini menerima ganjaran yang setimpal disisi Allah SWT.

Terakhir, kami tidak lupa mohon maaf atas segala kekurangan yang terjadi pada program ini, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Demikianlah kata sambutan yang dapat saya sampaikan pada hari ini, 

Akhiru kalam wallahu muwafiqi ila iqwamittorriq,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

February 7, 2020 / harry