Skip to content
KATA SAMBUTAN PERPISAHAN KKN

KKN atau kepanjangan dari kuliah kerja nyata adalah salah satu ajang mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah secara langsung kepada masyarakat. Biasanya KKN ini dilakukan mahasiswa di lingkungan pedesaan. Tujuannya selain untuk menambah ilmu, juga untuk membawa perubahan yang baik bagi desa tersebut.

Nah dalam praktek KKN, saat baru datang dan saat selesai masa tugas KKN, mahasiswa akan disambut dan dilepas oleh pejabat setempat dan masyarakat. Biasanya pula akan diadakan sebuah acara kecil untuk mereka. Salah satunya adalah acara perpisahan saat masa KKN usai. Dan kata sambutan menjadi hal yang tak pernah dilewatkan dalam berbagai kesempatan. Berikut ini kami akan memberikan beberapa kata sambutan perpisahan KKN.

Contoh 1 : (disampaikan oleh mahasiswa KKN)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin
Assolatu wassalamu ‘ala asyrofilanbiya i wal mursalin sayyidina wa maulana muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbhi ajma’in amma ba’du.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat Bapak …………………… selaku dosen pembimbing
Yang terhormat Bapak …………………… selaku kepala desa ………………….
Yang terhormat Bapak. ………………….. selaku Ketua RW
Yang terhormat Bapak. ………………….. selaku Ketua RT
Dan adik-adik pemuda pemudi desa yang kami sayangi

Yang pertama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Karena berkat rahmat dan karunia-Nya jualah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam acara perpisahan mahasiswa KKN. Sholawat teriring salam semoga selalu tercurah bagi Nabi Muhammad SAW beserta sahabat dan para pengikutnya.

Bapak, Ibu, Saudara, Saudari sekalian yang saya hormati.

Hari ini merupakan hari terakhir bagi kami, para mahasiswa KKN, berada di Desa ………………….. Karena terhitung mulai ……………….. masa tugas KKN kami disini berakhir. Saya mewakili teman-teman mahasiswa …………., ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak kepala desa, bapak RT, bapak RW, dan seluruh masyarakat Desa ………………………

Terima kasih banyak atas bantuan, bimbingan, dan dukung untuk kami selama berada di desa ini. Selama disini, kami diterima dengan baik. Mulai dari sambutan saat kami baru datang ke desa ini, hingga masa saat ini. Disini kami tak hanya menambah ilmu, menerapkan semua pelajaran yang kami dapatkan selama di universitas, namun kami juga disini seperti mendapatkan keluarga baru.

Tentu saja hari ini menjadi hari yang berat bagi kami karena harus meninggalkan desa ini dan kembali melanjutkan studi di universitas. Bukan hal yang mudah tentu untuk kita semua.  Namun disetiap perjumpaan pasti ada perpisahan. Kami berharap apa yang sudah kami terapkan dan ajarkan kepada penduduk desa dapat berguna dan memajukan desa ini.

Untuk para pemuda dan pemudi desa ……………….., teruslah berjuang untuk mensejahterakan desa kita tercinta ini. Terus raih cita-cita kalian. Lanjutkan pendidikan setinggi-tingginya dan bawalah perubahan besar pada desa ini. Karena masa depan desa ……………………. berada ditangan kalian para generasi muda. Selain itu, pereratlah hubungan persaudaraan dan jagalah kekompakan, kami melihat bakat-bakat yang sangat terampil dimiliki pemuda pemudi di desa ini, teruslah pertahankan dan tingkatkan.

Hadirin yang kami hormati, sekali lagi kami ingin mengucapkan terima kasih atas segala kebaikan kalian semua. dan mohon maaf jika selama berada di tempat ini kami telah banyak merepotkan dan kami juga meminta maaf jika ada perbuatan kami yang kurang berkenan. Kami mahasiswa dan mahasiswi ……………………….. berdoa agar semua kebaikan yang Bapak, Ibu, dan saudara saudari lakukan menjadi ladang pahala bagi anda semua. Aamiin

Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terima kasih atas perhatiannya, dan sampai jumpa di lain waktu.

Bilahit taufik wal hidayah. 

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

KATA SAMBUTAN PERPISAHAN KKN

Contoh 2 : (disampaikan oleh kepala desa)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin
Assolatu wassalamu ‘ala asyrofilanbiya i wal mursalin sayyidina wa maulana muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbhi ajma’in amma ba’du.

Selamat malam dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat Bapak …………………… selaku dosen pembimbing
Yang terhormat Bapak. ………………….. selaku Ketua RW
Yang terhormat Bapak. ………………….. selaku Ketua RT
Yang kami sayangi adik-adik mahasiswa dan mahasiswi universitas ………………
serta yang kami cintai para pemuda dan pemudi desa …………………

Yang pertama, mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas nikmat, karunia, serta izin-Nya jualah, kita dapat berkumpul di balai desa ini dalam acara perpisahan mahasiswa KKN. Sholawat teriring salam semoga selalu tercurah bagi junjungan kita, Nabi Muhammad SAW berserta sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang Insya Allah selalu dirahmati Allah,

Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa waktu belakangan ini, adik-adik mahasiswa dan mahasiswi universitas …………………….. telah melakukan KKN atau kuliah kerja nyata di desa kita ini. Tentu saja sebuah penghormatan besar bagi kami, karena desa ini dapat kedatangan tamu yang begitu istimewa seperti kalian.

Kehadiran adik-adik sekalian tentu saja membawa banyak kebaikan dan manfaat bagi desa kami. Salah satunya adalah peningkatan hasil pertanian desa …………………….. Jika dulu kami hanya mampu menghasilkan hasil pertanian sebanyak 70% saja, kini hasilnya mengalami peningkatan sejumlah 90%. Hal ini tentu saja akan sangat berperngaruh pada perekonomian desa.

Selain itu, para penduduk desa juga mendapatkan pengetahuan yang lebih bagaimana menjaga lingkungan agar lebih asri dan sehat. Hal ini merupakan salah satu hal paling dibutuhkan masyarakat, karena dengan lingkungan yang sehat, maka akan tercipta manusia yang kuat dan bermanfaat. Dengan tubuh yang sehat, kita dapat lebih bersemangat untuk menjadi manusia produktif.

Adik-adik mahasiswa dan mahasiswi KKN yang kami sayangi,

Terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras kalian selama berada di desa ini. Semoga apa yang kalian ajarkan di desa ini dapat berguna bagi penduduk desa. Serta semoga semua kebaikan kalian dibalas oleh Allah dengan pahala yang berlimpah. Kami pun memohon maaf, jika dalam hal penyambutan terdapat kekurangan. Dan mohon maaf pula jika selama berada di desa ini, kalian kurang berkenan dengan fasilitas yang seadanya dan para penduduk desa yang mungkin merepotkan kalian.

Malam ini menjadi malam yang begitu berat bagi kami dan kita semua tentunya. Karena malam ini menjadi malam terakhir adik-adik sekalian berada di desa ini. Sesungguhnya kami begitu kehilangan kalian. Namun kami selalu mendoakan agar adik-adik sekalian dapat melanjutkan pendidikan di universitas ………………… dengan baik, lancar, dan semoga apa yang kalian cita-citakan dapat tercapai. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Untuk pemuda dan pemudi desa ………….., semoga kalian dapat mencontoh kakak-kakak mahasiswa dan mahasiswi ini. Semoga kalian juga dapat melanjutkan pendidikan seperti mereka dan membawa perubahan besar pada desa kita ini. Terus semangat untuk menggapai mimpi, karena kalianlah generasi penerus di desa kita tercinta ini.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan yang ini. Terimakasih atas perhatiannya, mohon maaf atas kesalahan dan kekhilafan.

Bilahit taufik wal hidayah. 

Wassalaamu’alaikum wr wb

January 29, 2020 / harry