Skip to content
KATA SAMBUTAN PERPISAHAN SEKOLAH

Masa sekolah merupakan masa yang paling indah dan tak pernah dapat diulang dan tak dapat dilupakan. Salah satu moment yang paling mengharukan adalah moment perpisahan sekolah. Oleh karena itulah, acara perpisahan sekolah kerap kali digelar dengan meriah dan penuh haru. Dalam acara perpisahan sekolah pun tak pernah ketinggalan yang namanya kata sambutan. Isi kata sambutan ini tergantung dari siapa yang akan menyampaikannya. Jika disampaikan oleh kepala sekolah, maka isinya dapat berupa nasehat bagi para siswa, pesan dan kesan, dan lain sebagainya. Dan jika disampaikan oleh siswa, maka dapat berisi tentang ucapan terima kasih kepada para guru, ucapan selamat tinggal untuk teman-teman, dan lain-lain.

Nah untuk anda yang mungkin diminta untuk menyampaikan kata sambutan tersebut, jangan bingung. Karena berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh kata sambutan perpisahan sekolah. Mari simak contohnya dibawah ini.

Contoh 1 : (disampaikan oleh kepala sekolah)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, wash shalatu was salamu ‘alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa ‘ala aalihi wa ash-habihi ajma’in, imma ba’du.

Yang kami hormati, Bapak …………………. selaku Walikota ……………………
Yang kami hormati, Bapak …………………. selaku Kepala Diknas kota ………………………..
Yang kami hormati, Para staf dewan guru SMA ………………………….
Yang kami hormati, Bapak/Ibu wali murid SMA ………………………..
Dan yang kami sayangi para siswa dan siswi SMA …………………….

Alhamdulillah, marilah kita bersyukur kepada Allah swt. yang senantiasa melimpahkan rahmat, taufiq dan petunjuk-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini, kita bisa berkumpul di sekolah yang kita cintai ini, dalam rangka perpisahan atau pelepasan para siswa siswi kelas XII. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Saw beserta sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Para hadirin yang kami hormati.

Hari ini menjadi hari yang membahagiakan sekaligus mengharukan bagi kita semua. Karena hari ini kita akan mengadakan acara pelepasan siswa dan siswi kelas XII. Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa waktu yang lalu, anak-anak kita tercinta ini telah melaksanakan ujian nasional dan ujian sekolah. Hal ini menjadi penanda bahwa sebentar lagi mereka akan meninggalkan sekolah kita tercinta ini.

Kami, khususnya saya dan anak-anak didik disini ingin menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua bapak dan ibu guru yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh kesungguhan. Semoga kesungguhan dan jerih payah bapak dan ibu guru sekalian akan mendapatkan balasan dari Tuhan Yang Kuasa dengan balasan yang setimpal. Dan kami juga tetap mengajak kepada semua bapak dan ibu guru untuk terus meningkatkan kualitas anak didik kita yang lebih baik lagi. Juga kami meminta partisipasi dari semua pihak, utamanya para wali siswa untuk membantu kami guna meraih prestasi yang lebih gemilang, baik secara fisik maupun non fisik sekolahan kita ini.

Siswa Siswi kelas XII yang kami cintai.

Kalian memang sudah menyelesaikan pendidikan formal hingga tingkat SMA. Namun ketahuilah anak-anak ku sekalian, bahwa hal ini bukan menjadi akhir dari perjuangan. Karena ini justru menjadi awal dari perjuangan kalian. Kami berharap kalian terus belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sesuai dengan bakat yang kalian miliki masing-masing. Do’a kami selalu mengiringi perjuangan kalian, bagi yang meneruskan ke perguruan tinggi, semoga apa yang kalian cita-citakan itu dapat tercapai dengan baik. Ukirlah prestasi dan nama baik kalian, prestasi dan kesuksesan kalian tentu juga akan mengaharumkan nama baik almamater yang kita cintai ini. Sementara bagi anak-anakku yang satu dan lain hal sehingga terpaksa tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, kami juga berdo’a, semoga ilmu yang kalian peroleh bermanfaat, kalian juga bisa belajar walaupun tidak secara formal. Karena ilmu Tuhan amatlah luas, apa kita peroleh dan ketahui itu, hanyalah sedikit. Tidak ada kata berhenti belajar. Bukankah Nabi kita telah bersabda bahwa belajarlah kalian sejak mulai dari ketika masih dalam kandungan sampai kalian masuk ke liang lahad, alias mati. Kami pun berdo’a agar kalian nantinya akan segera mendapatkan pekerjaan yang baik atau mungkin sesuai dengan apa yang kalian cita-citakan.

Anak-anak semua yang kami cintai.

Saya sebagai kepala sekolah, mewakili para staf dewan guru juga ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya, jika dalam proses belajar mengajar ada hal yang kurang berkenan di hati kalian semua. Atau mungkin kami pernah marah dan menghukum kalian terlalu berat. Ketahuilah wahai anak-anakku, hal tersebut kami lakukan semata-mata karena kami begitu menyayangi kalian. Kami hanya ingin kalian menjadi anak yang pintar, disiplin, dan berhasil di kemudian hari.

Baiklah, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Mohon maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan, kepada Allah saya mohon ampun.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

KATA SAMBUTAN PERPISAHAN SEKOLAH

Contoh 2 : (disampaikan oleh siswa)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, wash shalatu was salamu ‘alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa ‘ala aalihi wa ash-habihi ajma’in, imma ba’du.

Yang kami hormati, Bapak …………………. selaku Walikota ……………………
Yang kami hormati, Bapak …………………. selaku Kepala Diknas kota ………………………..
Yang kami hormati, Bapak …………………. selaku Kepala Sekolah …………………
Yang kami hormati, Para staf dewan guru SMA ………………………….
Yang kami hormati, Bapak/Ibu wali murid SMA ………………………..
Dan yang kami sayangi teman-teman sekalian, para siswa dan siswi SMA …………………….

Alhamdulillah, yang pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah swt yang senantiasa melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini, kita bisa berkumpul di sekolah yang kita cintai ini, dalam rangka perpisahan atau pelepasan para siswa siswi kelas XII. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Saw beserta sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Bapak, Ibu, dan teman-teman sekalian.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hari ini kita sedang mengadakan acara perpisahan kelas XII. Beberapa waktu yang lalu, Alhamdulillah kita sudah melaksanakan ujian nasional dan ujian sekolah dengan lancar dan tanpa kekurangan satu apapun. Kita pun tentu saja berharap hasilnya akan baik dan memuaskan. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Bapak Ibu guru kami kami cintai.

Hari ini saya mewakili teman-teman siswa kelas XII, ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas semua ilmu yang telah Bapak/Ibu berikan kepada kami. Terima Kasih Bapak dan Ibu guru telah sabar dan ikhlas membimbing kami, mendidik, serta mengajarkan semua hal kepada kami. Tak hanya soal pelajaran sekolah saja, namun kami juga ditempa menjadi manusia yang baik, disiplin, serta diberikan bimbingan akhlak dan budi pekerti. Sesungguhnya apa yang bapak/ibu berikan kepada kami tentu tak akan bisa terbalaskan dengan apapun.

Namun tak hanya ucapan terima kasih, kami juga ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada bapak ibu guru jika selama ini kami sering melakukan kesalahan. Maafkan atas kenakalan dan ketidak displinan kami. Maafkan pula jika kami pernah berkata tidak sopan kepada bapak ibu guru. Karena kebodohan dan gejolak emosi kami, terkadang kami menjadi berani menentang atau berkata kasar kepada bapak dan ibu guru. Karena kekanak-kanakan kami yang masih memerlukan bimbingan kami menjadi nakal dan tidak disiplin. Oleh sebab itu, sekali lagi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Para bapak dan ibu guru adalah sosok-sosok pahlawan bagi kami yang tidak pernah kami lupakan.

Dan untuk teman-teman ku semua, hari ini bukan menjadi akhir bagi kita semua. Namun inilah awal perjuangan yang sesungguhnya. Dimana mulai saat ini kita harus mantap menentukan langkah bagi masa depan kita. Jika yang berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maka belajarlah dengan baik dan sungguh-sungguh. Dan yang mungkin belum berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan, kalian masih bisa mendapatkan ilmu dari mana saja atau mungkin kalian ingin langsung bekerja. Intinya, lakukanlah hal-hal yang positif dan berguna bagi masa depan.

Baik, mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Mohon maaf jika ada kata yang salah. Sukses selalu untuk kita semua dan semoga SMA …………………………. semakin jaya. Sampai berjumpa lagi di lain kesempatan.

Selamat Pagi,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

January 14, 2020 / harry