Skip to content
KATA SAMBUTAN TUAN RUMAH YASINAN

 Acara Yasinan merupakan salah satu acara yang kerap digelar oleh masyarakat Indonesia. Acara ini bisa menjadi bentuk rasa syukur atau sebagai cara untuk terhindar dari musibah. Acara Yasinan digelar bisa dengan berbagai tujuan tergantung kebutuhan dari sang tuan rumah. Dan dalam acara ini juga biasanya disampaikan kata sambutan. Salah satunya adalah kata sambutan tuan rumah yasinan.

Nah jika anda merupakan tuan rumah atau seseorang yang diminta untuk menyampaikan kata sambutan mewakili tuan rumah dalam acara yasinan, berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh kata sambutan tuan rumah yasinan.

Contoh 1 :

Assalamualaikum Wr. Wb.

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’iinuhu wanastaghfiruhu Wana’udzubiillah minsyurruri ‘anfusinaa waminsayyi’ati ‘amaalinnaa Manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudhlil falaa haadiyalah Wa asyhadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh.

(Atau bisa juga yang lebih singkat)

Hamdan Wasyukrulillah Ama’ badu.

Yang saya hormati Bapak …….. selaku RT …………
Yang saya hormati Bapak …….. selaku RW ………..
Serta para tamu undangan yang selalu dimuliakan Allah.

Yang pertama dan paling utama adalah marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Swt atas nikmat dan izin-Nya jua kita dapat berkumpul ditempat ini dalam rangka menghadiri acara yasinan di kediaman kami. Sholawat serta salam mari kita curahkan kepada Nabi Besar Muhammad Saw serta para sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman. Karena beliaulah yang telah membawa kita sebagai umatnya dari jaman jahiliyah ke jaman sekarang seperti saat ini.

Saya selaku tuan rumah mengucapkan banyak terimakasih kepada para tamu undangan yang mana telah meringankan langkah dan meluangkan waktu untuk hadir di kediaman saya ini. Semoga langkah kaki ibu bapak sekalian dari kediamanya masing-masing kerumah saya ini dihitung sebagai amal ibadah oleh Allah SWT. Aamiin

Dan selanjutnya saya sebagai tuan rumah mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya bilamana dari sambutan, jamuan dan tempat ini kurang berkenan di hati saudara-saudara semua. Karena hanya ini kemampuan kami.

Inilah kata sambutan saya selaku tuan rumah, Akhirul Kalam Usikum Wanafsin Bitaqwallah, Wallahul Muwafiq Ila Aqwamith Thariq, Fastabiqul Khoirot. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

(Atau yang lebih singkat)
Wabillahitaufiq Walidayah, Wassalamualaikum Wr. Wb.

KATA SAMBUTAN TUAN RUMAH YASINAN

Contoh 2 :

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi robbil alamin assholatu wassalamu ‘ala asyrofil ambiya’i wal mursalin, wa’ala alihi wasohbihi ajma’in ‘amma ba’du.

Yang kami hormati Bapak …….. selaku RT …………
Yang kami hormati Bapak …….. selaku RW ………..
Yang kami hormati Bapak tokoh agama dan para masyarakat yang hadir pada malam hari ini.
Serta para tamu undangan yang selalu dimuliakan Allah.

Puji dan syukur marilah sama-sama kita panjatkan kepada Allah SWT atas limpahan rahmat serta karunia-Nya yang diberikan kepada kita semua, terutama nikmat kesehatan jasmani/rohani, nikmat iman dan nikmat islam. Sehingga Alhamdulillah kita bisa menghadiri acara yasinan di rumah Bapak…., tanpa kekurangan satu apa pun.

Selanjutnya sholawat dan salam tidak lupa kita curahkan kepada junjungan kita yakni Nabi besar Muhammad SAW serta keluarganya, yang mana beliau telah membawa agama islam dan menyebar luaskan sampai ke pelosok dunia. Sehingga kita dapat mengetahui yang mana ajaran yang di ridhoi Allah dan mana yang di murkai-Nya, dan semoga kita semua mendapat syafaat baginda Rasulullah di yaumil qiyamah nanti. Amin Ya Robbal A’alamin.

Pada hari ini, saya mewakili Bapak ……………… sebagai tuan rumah ingin mengucapkan terima kasih yang seluas-luasnya kepada Bapak Ibu sekalian atas kehadirannya pada hari ini. Acara ini digelar dalam rangka yasinan atau selamatan atas kesembuhan ibunda dari Bapak ……. yang pada minggu lalu telah dioperasi. Kami pun memohon doa dari bapak ibu sekalian agar Ibu …………… senantiasa diberikan kesehatan. Kami juga berdoa agar kebaikan dan keikhlasan bapak ibu semua dibalas oleh dengan pahala yang berlimpah. Aamiin.

Kemudian bapak …(shohibul hajat) juga ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam penyediaan tempat maupun jamuan yang kami hidangkan kurang berkenan di hati para tamu undangan sekalian.

Demikian kata sambutan yang dapat saya sampaikan, semoga acara yasinan pada malam ini dapat berlangsung dengan baik dan semoga dengan acara ini mendapatkan ridho dari Allah SWT. Kemudian saya sebagai perwakilan tuan rumah memohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wabilahitaufik wal hidayah, 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

January 1, 2020 / harry