Skip to content
KATA SAMBUTAN PERPISAHAN PENSIUN

Pensiun adalah seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri (pensiun muda). Seseorang yang pensiun biasanya hak atas dana pensiun atau pesangon. Jika mendapat pensiun, maka ia tetap dana pensiun sampai meninggal dunia.

Pada umumnya, jika adalah karyawan atau pegawai yang pesiun, maka lingkungan kerja tersebut kerap mengadakan acara perpisahan. Acara ini dimaksudkan untuk memberikan kenang-kenangan ataupun sebagai ucapan terima kasih atas pengabdian pegawai tersebut selama bekerja. Dan acara semacam ini belum lengkap rasanya jika tidak menyuguhkan kata sambutan sebagai rangkaian acaranya.
Nah jika merupakan karyawan yang pensiun dan diminta untuk menyampaikan kata sambutan di acara tersebut, berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh kata sambutan perpisahan pensiun. Mari simak ulasannya dibawah ini.
Contoh 1 :
Bismillahirrrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin
Assolatu wassalamu ‘ala asyrofilanbiya i wal mursalin sayyidina wa maulana muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbhi ajma’in amma ba’du.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat Bapak/ Ibu Kepala Sekolah……………………
Yang terhormat Bapak/ Ibu staf dewan guru SD…………….
Dan yang kami sayangi, para siswa dan siswi SD…………………….

Pertama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah yang Maha Kuasa karena berkat rahmat dan karunia-Nya jualah kita dapat berkumpul bersama untuk menghadiri acara perpisahan pada hari ini. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah bagi Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang saya hormati.

Hari ini merupakan hari terakhir bagi saya dalam mengemban tugas sebagai wakil kepala sekolah di SD……………….. ini. Hal ini karena terhitung mulai tanggal……………….. saya sudah memasuki masa pensiun sebagai pegawai negeri sipil. Tentu saja hal ini menjadi hal yang cukup berat bagi saya. Karena selama masa kerja, banyak kenangan indah yang saya lalui. Suka dan duka tentu begitu banyak menghiasi masa kerja saya.

Dan pengabdian saya di SD……………… ini lebih kurang selama 15 tahun lamanya. Tentu waktu 15 tahun tersebut bukan waktu yang singkat bagi saya. Lingkungan sekolah ini sudah seperti lingkungan keluarga. Baik itu staf dewan guru yang sudah seperti saudara, bahkan anak didik yang secara otomatis sudah menjadi anak-anak saya.

Awal masuk ke lingkungan SD……………. ini, saya ditugaskan untuk menjadi guru pendidikan agama. 10 tahun mengabdi menjadi pengajar dan bertatapan langsung dengan siswa, menjadi hal yang tak akan pernah saya lupakan. Dan 5 tahun terakhir, saya pun dipercaya untuk menjadi wakil kepala sekolah. Tentu saja ini merupakan salah satu tanggung jawab terbesar saya. Karena dengan jabatan ini, saya ikut bertanggung jawab penuh dalam memajukan nama sekolah dengan prestasi, serta bertanggung jawab untuk memastikan pendidikan terbaik yang didapatkan oleh siswa siswa di SD………… ini.

Sebenarnya, tak akan cukup waktu untuk mengungkapkan rasa dihati saya untuk berpisah dari rekan-rekan serta anak-anak sekalian. Namun yang jelas, saya akan selalu mendoakan agar sekolah ini dapat terus menjadi sarana bagi anak-anak penerus bangsa dalam mengenyam pendidikan terbaik. Dan semoga anak-anakku sekalian dapat meraih cita-cita kalian.

Selamat melanjutkan perjuangan sebagai pendidik untuk teman-teman sekalian. Semoga sukses dan sampai berjumpa di lain kesempatan.

Akhirul kalam

Ihdinassirothol mustaqim

Wassalammualaikum Wr. Wb..

KATA SAMBUTAN PERPISAHAN PENSIUN

Contoh 2 :

Bismillahirrrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin
Assolatu wassalamu ‘ala asyrofilanbiya i wal mursalin sayyidina wa maulana muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbhi ajma’in amma ba’du.

Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat Bapak/ Ibu Direktur……………………
Yang terhormat Bapak/ Ibu Wakil Direktur…………….
Dan yang saya sayangi, seluruh karyawan PT…………………….

Pada kesempatan kali ini marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah yang Maha Kuasa karena berkat rahmat dan karunia-Nya jualah kita dapat berkumpul bersama untuk menghadiri acara perpisahan pada hari ini. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah bagi Nabi besar kita, Nabi Muhammad SAW.

Tak terasa, waktu saya bekerja di perusahaan ini sudah menginjak 20 tahun 3 bulan. Namun waktu tersebut terasa begitu singkat mengingat banyak kenangan manis selama saya bekerja disini. Tak hanya para rekan kerja yang begitu baik, namun juga saya pribadi begitu mencintai pekerjaan saya. Sehingga bagi saya, tak ada beban selama saya mengabdikan diri di perusahaan ini.

Untuk Bapak/Ibu…….. (direktur) terima kasih banyak atas semua kebaikan dan kebijaksanaan bapak/ibu selama menjadi atasan saya. Terima kasih bapak/ibu telah membantu saya selama bekerja disini.

Dan para rekanku sekalian, saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas semua kebaikan yang kalian lakukan selama ini. Terima kasih pula kalian sudah menjadi rekan kerja yang begitu menyenangkan, baik, dan tak pernah keberatan untuk berbagi ilmu. Semoga kebaikan kalian dibalas oleh Allah swt dengan pahala yang berlimpah.

Saya juga memohon maaf kepada rekan sekalian jika selama saya bekerja disini, ada kekhilafan yang pernah saya lakukan, baik itu secara perbuatan maupun lisan saya. Saya pun memohon ampun kepada Allah swt. Karena saya akui bahwa manusia adalah tempatnya khilaf dan dosa.

Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Sekali lagi terima kasih untuk acara yang meriah ini. Semoga sukses untuk PT……………….. dan rekan-rekanku sekalian.

Akhir kata

Wabillahitaufik Walhidayah

Wassalammualaikum Wr. Wb..

December 11, 2019 / harry