KATA SAMBUTAN RAPAT MUSYAWARAH DESA

KATA SAMBUTAN RAPAT MUSYAWARAH DESA

Musyawarah Desa atau yang dikenal pula dengan istilah Musdes adalah proses musyawarah antara Badan permusyawaratan desa (BPD), pemerintah desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh BPD untuk menyepakati hal yang bersifat strategis. Musyawarah ini biasanya membahas mengenai penataan desa, perencanaan desa, pembentukan badan usaha milik desa, dan berbagai permasalahan di desa lainnya.

Dan dalam sebuah rapat, umumnya disampaikan kata sambutan sebagai pembuka dari rapat tersebut. Kata sambutan ini biasanya disampaikan oleh orang yang berwenang seperti Camat, Kepala Desa, dan lain sebagainya. Sebagai referensi, dibawah ini kami akan memberikan beberapa contoh kata sambutan rapat musyawarah desa.
Contoh 1 : (disampaikan oleh camat)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Yang terhormat Bapak/Ibu ………………. selaku Kepala Desa
Yang terhormat Bapak/Ibu perangkat desa beserta para sesepuh.
Dan yang kami banggakan warga desa ……………………
Sebelum melanjutkan kata sambutan ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Karena berkat nikmat dan izin-Nya, kita dapat bertatap muka di balai desa ini dengan keadaan sehat dan tanpa kekurangan satu apapun. Sholawat beserta salam semoga selalu tercurah bagi baginda Rasul, Nabi Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaatnya di yaumil akhir.
Bapak/Ibu sekalian yang kami hormati,
Yang pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak/ibu dan saudara saudari di balai desa ini. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kita hadir disini guna menghadiri rapat musyawarah desa untuk membahas berbagai permasalahan di desa kita tercinta ini. Salah satu hal yang akan kita bahas pada hari ini adalah mengenai rencana renovasi masjid dan pembangunan jembatan penghubung.
Kedua fasilitas umum tersebut tentu saja memiliki manfaat yang sangat besar bagi desa ini. Masjid merupakan tempat beribadah umat muslim yang merupakan agama mayoritas di desa kita. Diharapkan dengan direnovasinya Masjid tersebut, para warga akan lebih giat dan lebih nyaman dalam beribadah. Sedangkan jembatan penghubung nantinya akan menjadi salah satu fasilitas yang memudahkan warga untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas penyebrangan sungai. Karena selama ini warga masih sangat kesulitan untuk menyebrangi sungai.
Bapak/Ibu yang kami hormati,
Melalui rapat musyawarah desa ini, kita akan bersama-sama mencari jalan keluar untuk kedua rencana tersebut. Mulai dari segi dana, maupun dari segi proses pembangunan, apakah akan dilakukan secara gotong royong oleh semua masyarakat, atau akan menunjuk beberapa pekerja saja. Dan solusinya akan kita putuskan bersama.
Baiklah, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga rapat hari ini berjalan lancar dan tertib. Mohon maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

KATA SAMBUTAN RAPAT MUSYAWARAH DESA

Contoh 2 :

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Yang terhormat Bapak/Ibu ………………. selaku Camat …………….
Yang terhormat Bapak/Ibu ………………. selaku ketua Bank Sampah ………………
Yang terhormat Bapak/Ibu perangkat desa beserta para sesepuh.
Dan yang kami banggakan warga desa ……………………
Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kepada sang pemilik alam semesta, Allah SWT. Karena berkat nikmat dan izin-Nya, kita dapat bertatap muka di balai desa ini dengan keadaan sehat dan tanpa kekurangan satu apapun. Sholawat beserta salam semoga selalu tercurah bagi baginda Rasul, Nabi Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaatnya di yaumil akhir.
Bapak/Ibu yang kami hormati,
Yang pertama, sebagai kepala desa …………….. saya ingin mengucapkan selamat datang kepada Camat ………… dan ketua Bank Sampah ……………… Serta terima kasih kepada Bapak/Ibu yang telah menyempatkan diri untuk hadir di rapat musyawarah desa ini.
Seperti pepatah mengatakan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Ungkapan tersebut tentu saja benar. Karena Allah SWT sangat menyukai kebersihan. Untuk itu pula mengapa saat kita akan beribadah, harus dalam keadaan bersih dan suci dari hadast besar dan kecil. Dengan menjaga kebersihan pula, hidup akan menjadi nyaman, tentram dan sedap dipandang.
Pentingnya kebersihan ini bukan sekedar wacana belaka. Sebab jika lingkungan kita bersih, maka berbagai penyakit pun akan menjauh. Hal ini juga berlaku untuk kebersihan diri. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, hari ini kita berkumpul ditempat ini untuk melakukan rapat musyawarah desa yang berkenaan dengan kebersihan.
Bapak/Ibu warga desa …………………. yang berbahagia,
Menurut rencana yang telah disusun oleh para perangkat desa beberapa waktu yang lalu, di lingkungan kita ini ada beberapa tempat yang memerlukan perhatian yang serius perihal kebersihan. Karena di tempat tersebut yang semula menjadi lapangan bermain bagi anak-anak desa, kini sudah berubah menjadi tempat pembuangan sampah yang begitu mengganggu. Untuk itu, kita perlu mencari solusi terbaik, untuk mengembalikan fungsi lapangan tersebut dan membuat tempat pembuangan sampah yang baru dan jauh dari pemukiman warga.
Selain itu, kita juga berencana untuk mengolah sampah-sampah tersebut menjadi lebih berguna seperti pupuk, dan berbagai kerajinan untuk sampah yang an-organik. Untuk itu pula hari ini turut hadir ketua dari bank sampah yang akan membantu kita untuk memberikan pengarahan mengenai pengolahan sampah tersebut.
Baiklah untuk lebih lengkapnya, nanti kita akan bahas bersama dalam rapat ini. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terima kasih atas perhatiannya, mohon maaf jika ada perkataan saya yang menyinggung perasaan bapak/ibu sekalian. 
Wabillahi taufiq wal hidayah,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *