KATA SAMBUTAN RAPAT PENGARAHAN GOTONG ROYONG

KATA SAMBUTAN RAPAT PENGARAHAN GOTONG ROYONG

Gotong Royong apabila diartikan secara harfiah adalah mengangkat secara bersama-sama atau mengerjakan susuatu secara bersama-sama. Gotong royong dapat dipahami pula sebagai bentuk partisipasi aktif setiap individu untuk ikut terlibat dalam memberi nilai positif dari setiap obyek, permasalahan, atau kebutuhan orang-orang di sekelilingnya. Partisipasi aktif tersebut bisa berupa bantuan yang berwujud materi, keuangan, tenaga fisik, mental spiritual, ketrampilan, sumbangan pikiran atau nasihat yang konstruktif, sampai hanya berdoa kepada Tuhan.

Budaya gotong royong ini sebenarnya adalah budaya yang sudah biasa ditemui di Indonesia. Budaya ini menjadi identitas nasional bangsa kita. Dan budaya ini sudah semestinya dilestarikan di kehidupan sehari-hari. Karena dengan gotong royong, berbagai permasalahan kehidupan bersama bisa terpecahkan secara mudah dan dapat meringankan beban pekerjaan, demikian halnya dengan kegiatan pembangunan masyarakat. 

Sebelum melaksanakan gotong royong, biasanya diadakan dulu sebuah rapat sebagai pengarahan agar kegitan gotong royong tersebut dapat berjalan lancar. Rapat ini juga umumnya membahas mengenai rencana gotong royong untuk kepentingan apa, dan berbagai hal lainnya seperti pembagian tugas dan lain sebagainya.

Sama seperti rapat-rapat pada umumnya, kata sambutan menjadi hal yang biasa dilakukan sebelum memulai rapat. Jika anda menjadi orang yang diminta untuk menyampaikan kata sambutan, berikut ini kami akan memberikan contoh kata sambutan rapat pengarahan gotong royong.

Contoh :

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillahi Robbil A’lamin, Wassholaatu Wassalammu’ala Asrofil Ambiya Iwal Mursalin Wa’ala Alihi Wa Shohbihi Adjma’in, Amma Ba’du

Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua
Yang kami hormati Bapak/Ibu ……………… selaku RT ………..
Yang kami hormati Bapak/Ibu ……………… selaku RW ……….
Yang kami hormati Bapak/Ibu warga ………………….
Sebelum melanjutkan kata sambutan ini, saya ingin mengajak Bapak/Ibu sekalian untuk sama-sama mengucap rasa syukur kepada Allah SWT. Karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan satu apapun. Sholawat teriring salam semoga selalu tercurah kepada nabi besar kita, Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pengikut-Nya hingga akhir zaman.
KATA SAMBUTAN RAPAT PENGARAHAN GOTONG ROYONG

Bapak/ Ibu hadirin yang terhormat,

Yang pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang telah menyempatkan diri untuk menghadiri rapat pengarahan gotong royong ini. Semoga rapat kita pada hari ini dapat berjalan dengan lancar dan tertib. Pada rapat kali ini, kita akan membahas mengenai rencana kegiatan gotong royong pembuatan gardu siskamling dan gotong royong pembersihan selokan.
Seperti yang kita ketahui bahwa siskamling di lingkungan kita ini sudah mulai usang dan beberarapa bagiannya sudah mulai rapuh. Maka dari itu, kita perlu membuat gardu siskamling yang baru. Diharapkan dengan diperbaharuinya gardu tersebut, kegiatan siskamling di kampung kita ini dapat lebih nyaman. 
Selain itu, beberapa keluhan mengenai kebersihan selokan sering kali terdengar di kampung ini. Oleh karena itu, guna menanggapi hal tersebut, hari ini kita akan menjadwalkan kegiatan gotong royong untuk membersihkan selokan itu. Bukan hanya akan sedap dipandang mata, tentu saja jika selokan tersebut bersih dari sampah, maka saluran tersebut akan lebih lancar.
Hadirin yang terhormat,
Untuk melancarkan kegiatan tersebut, diharapkan seluruh warga dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Karena semakin banyak warga yang turun tangan, maka pekerjaan pun akan semakin ringan. Di rapat kita ini juga akan membagi tugas para warga menjadi 2 kelompok yaitu kelompok 1 untuk membangun gardu siskamling dan kelompok 2 untuk membersihkan selokan.
Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kata sambutan kali ini. Semoga rencana kita ini dapat berjalan lancar. Mohon maaf jika terdapat perkataan yang kurang berkenan.

Wallahul Muwaffiq I’laa Aqwaamith Thaariq

Wasssalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *