KATA SAMBUTAN RAPAT PENGARAHAN PEMILU

KATA SAMBUTAN RAPAT PENGARAHAN PEMILU

Pemilihan Umum atau yang disebut juga dengan Pemilu adalah proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik terentu. Jabatan-jabatan tersebut pun beraneka ragam, mulai dari presiden, wakil rakyat di berbagai tingkata pemerintahan, sampai kepala desa. Pemilu ini sendiri dapat dilakukan oleh sejumlah orang di wilayah tertentu atau bahkan bisa juga dilakukan oleh seluruh rakyat dalam satu negara. Hal ini tergantung dari pemilihan apa yang sedang dilakukan. Dalam pemilu, para pemilih dikenal dengan sebutan konstituen.

Namun tak hanya berbicara soal politik negara, namun pemilu juga dapat dilaksanakan dalam konteks yang lebih kecil, misalnya pemilihan ketua osis, pemilihan ketua kelas, pemilihan ketua RT, pemilihan ketua organisasi, dan berbagai pemilihan kecil lainnya. Dasar yang dipakai pun tetap sama dengan pemilihan-pemilihan pada umumnya yaitu LUBER. LUBER artinya Langsung, Umum, Bebas, Rahasia.

Untuk pelaksanaannya sendiri, pemilu biasanya melibatkan sejumlah panitia untuk mengatur dan mengurus segala keperluan pemilu. Dalam pemilu pejabat negara, panitia ini bersifat resmi. Sebelum memulai pemilihan umum, selalu diadakan rapat. Rapat ini merupaka rapat pengarahan pemilu untuk mengatur tugas panitia, apa saja yang harus dilakukan selama pemilihan berlangsung, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan pemilu.

Namun pembahasan kita kali ini bukan soal pemilu itu sendiri, melainkan tentang rapat pengarahan pemilu. Dalam rapat tersebut, akan dibuka dengan kata sambutan yang disampaikan oleh orang yang berwenang seperti ketua panitia, dan lain sebagainya. Nah, jika anda diminta untuk menyampaikan kata sambutan, maka kami memiliki contoh kata sambutan rapat pengarahan pemilu sebagai referensi untuk anda. Mari simak contohnya dibawah ini.

KATA SAMBUTAN RAPAT PENGARAHAN PEMILU

Contoh :

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semu.

Yang terhormat Bapak/Ibu ………….. selaku ketua RT …………..
Yang terhormat Bapak/Ibu ………….. selaku ketua RW ………….
Yang terhormat Bapak/Ibu ………….. selaku ketua KPU ……………
Dan yang terhormat seluruh panitia pengawas pemilihan …………

Pertama, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT karena berkat nikmat, karunia, dan izin-Nya jua, kita dapat berkumpul dan menghadiri acara pada hari ini. Sholawat teriring salam semoga selalu tercurah bagi suri tauladan kita, Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang berbahagia,

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada hari ini kita berkumpul di tempat ini dalam rangka menghadiri rapat pengarahan pemilu. Rapat ini nantinya akan membahas mengenai apa saja yang menjadi tugas panitia dalam pemilu nanti. Tak hanya itu, dalam rapat ini juga nanti akan ada pengarahan tentang peraturan pemilihan umum. Karena panitia pemilu hendaknya mengetahui berbagai peraturan dalam pemilu.

Untuk seluruh panitia pengarahan pemilu, harapan saya adalah panitia hendaknya bersikap netral, dan profesional, bersikap proaktif dalam menjaga stabilitas proses demokrasi ini, saling berkoordinasi, dan bertindak profesional. Karena saya pun mengerti jika dalam diri masing-masing tentu saja sudah memiliki pilihan masing-masing terhadap kandidat calon wakil rakyat tersebut. Namun hendaknya jangan terlalu di ekspos dan menimbulkan hal yang bersifat provokasi.

Hadirin yang terhormat,

Saya juga mengingatkan apabila saudara saudari sekali melihat adanya bentuk pelanggaran, harap segera laporkan kepada ketua panitia agar dapat ditindak lebih lanjut sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Demi menjaga ketertiban, kondusifitas, dan kedamaian saya selaku panitia berharap kita semua bisa bekerjasama dengan baik.

Demikianlah kata sambutan yang dapat saya sampaikan para rapat pengarahan pemilu kali ini. Mohon maaf jika ada perkataan saya yang kurang berkenan di hati Bapak/Ibu dan saudara saudari sekalian. Akhiru kalam

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *