KATA SAMBUTAN PEMBUKAAN ACARA RESMI

KATA SAMBUTAN PEMBUKAAN ACARA RESMI

Dalam acara formal dan nonformal, kata sambutan menjadi hal yang sering kita jumpai. Kata sambutan ini biasanya disampaikan oleh tokoh penting di wilayah tersebut ataupun orang-orang yang berkepentingan di acara itu, misalnya ketua panitia dan lain sebagainya. Kata sambutan ini bahkan menjadi hal yang tidak dapat ditinggalkan dalam sebuah acara. Ibaratnya, sebuah acara terasa belum lengkap jika tidak ada kata sambutan.

Kata sambutan sendiri biasanya berisi tentang ucapan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan, ungkapan rasa syukur, hingga apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut. Kata sambutan sendiri hendaknya disampaikan dengan singkat, padat, dan jelas. Yang terpenting adalah maksud dan tujuan kata sambutan ini telah tersampaikan.

Nah berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh kata sambutan pembukaan acara resmi. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Contoh 1 :

Assalamualaikum wr, wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati……………………..
Yang saya hormati……………………..
Yang saya hormati……………………..
Yang saya hormati panitia pelaksana acara pelatihan dasar kerja PT. Angkasa Buana
Dan yang saya sayangi, seluruh peserta pelatihan.

Yang paling utama, marilah kita bersama-sama mengucapkan rasa syukur atas nikmat dan karunia Allah. Karena berkat nikmat, karunia, serta izin-Nya jua kita dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat dan tanpa kekurangan suatu apapun. Selain itu, marilah juga kita sampaikan shalawat dan salam kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW beserta sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang saya hormati,

Di pagi yang cerah ini, saya ingin mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta pelatihan dasar kerja dan selamat bergabung di PT. Angkasa Buana. Pelatihan ini diadakan dengan tujuan memberikan beberapa pengetahuan dasar mengenai perusahaan kita dan bagaimana cara kerja di PT ini. Untuk itu kami berharap kepada seluruh peserta pelatihan agar memperhatikan pelatihan ini dengan baik.

Dalam bekerja tentu saja ada beberapa hal yang harus dilakukan dan ada pula beberapa hal yang tidak boleh dilanggar oleh para pekerja. Dan pada hari ini juga kami akan memberikan beberapa peraturan bagi para pekerja agar dapat bekerja dengan baik dan benar. Selain itu, dengan diadakannya acara ini, kami berharap dapat menambah keakraban diantara para pekerja.

Hari ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras demi terlaksananya acara pelatihan ini. Semoga semua kebaikan yang telah kalian lakukan mendapatkan ganjaran pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Baiklah, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Mohon maaf jika ada salah dalam perkataan saya, dan kepada Allah saya memohon ampun. Akhirnya, dengan ini acara pelatihan dasar kerja PT. Angkasa Buana resmi saya buka.

Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Wabillahi taufik wal hidayah.

Wassalamualaikum wr, wb.

 
KATA SAMBUTAN PEMBUKAAN ACARA RESMI
Contoh 2 :

Assalamualaikum wr, wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang kami hormati Bapak …… selaku Walikota Kota ……
Yang kami hormati Bapak ……………. selaku Kepala Sekolah ……..
Yang kami hormati seluruh peserta bazar amal
Dan yang kami sayangi seluruh rekan yang terlibat dalam acara ini.

Yang pertama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah, Tuhan penguasa seluruh jagad raya. Karena berkat nikmat dan izin-Nya kita dapat berkumpul bersama dalam acara ini tanpa kekurangan satu apapun. Shalawat dan salam, semoga selalu tercurah kepada Nabi besar kita, Nabi Muhammad SAW beserta sahabat dan para pengikutnya.

Hadirin yang berbahagia,

Kami selaku panitia dari acara ini mengucapkan berjuta terima kasih kepada Bapak Walikota atas kehadiran dan dukungannya terhadap acara ini. Tak lupa pula kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak, ibu, dan adik-adik sekalian dalam acara ini, dan juga rasa terima kasih kami ucapkan kepada pihak penyelenggara acara yaitu sekolah dan semua rekan yang telah membantu hingga acara ini terlaksana. Kami berharap acara ini dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk menggelar acara serupa.

Hadirin yang dirahmati Allah,
Acara yang digelar selama 4 hari ini diadakan tentu saja memiliki tujuan yang baik. Seperti judulnya yaitu bazar amal SMA…….., maka acara ini digelar dengan tujuan amal dan diharapkan dapat membantu sesama yang membutuhkan. Di acara ini akan dijual berbagai barang mulai dari kerajinan, makanan, hingga barang bekas layak pakai yang merupakan sumbangan dari para siswa SMA…….. Dan, semua hasil yang didapatkan hari ini akan disumbangkan ke beberapa panti asuhan dan untuk membantu korban bencana alam.
Tak hanya itu, bagi yang masih ingin menyumbang beberapa barang ataupun berupa uang untuk disumbangkan langsung, maka kami menyediakan sebuah stan khusus yang berada di sebelah kanan panggung utama. Dan laporan menyenai penyaluran bantuan ini sendiri akan kami tempelkan di mading sekolah paling lambat 3 hari setelah penyaluran dilaksanakan.
Saya sendiri selaku ketua panitia, ingin mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua panitia dan rekan yang terlibat dalam acara ini. Semoga kerja keras kita dibalas dengan amal yang berlimpah oleh Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.
Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Semoga acara bazar amal kita ini berjalan sukses dan lancar. Sampai jumpa di lain kesempatan. Mohon maaf jika ada salah kata. Saya akhiri kata sambutan ini dengan Wabillahi taufik wal hidayah.


Wassalamualaikum wr, wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *