CARA MENGHEMAT BATERAI SAAT BERMAIN POKEMON GO

Salah satu hal yang paling banyak menyedot baterai smartphone adalah sebuah game. Tak terkecuali game Pokemon Go. Kini popularitas game ini semakin memuncak. Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang berlomba memainkan game ini. Berburu Pokemon ke berbagai tempat sepertinya menjadi salah satu kebiasaan baru bagi para pecinta game. Bagi penyuka game dan travelling, sepertinya game ini cocok bagi anda.

Dibalik semua keseruan yang ditawarkan oleh game ini, ada beberapa hal yang menjadi konsekuensi yang haru ditanggung oleh para penggunanya. Selain kuota internet yang harus selalu tersedia, baterai ponsel pun akan semakin cepat terkuras. Hal ini karena game ini berjenis AR (Augmented Reality) dan menggunakan tiga komponen penting dalam gameplay-nya yaitu GPS, Kamera, dan Internet. Nah saat game berlangsung, ketiga komponen tersebut bekerja secara bersamaan.

CARA MENGHEMAT BATERAI SAAT BERMAIN POKEMON GO (3)

Penjelasannya begini, AR (Augmented Reality) ini menggunakan kamera utama yang merupakan kamera dengan resolusi yang cukup besar. Karena memang saat ini rata rata smartphone memiliki kamera berlensa 8 dan 13 MP. Nah apabila kamera ini dihidupkan secara terus menerus, maka penggunaan daya akan semakin besar. Kemudian penggunaan peta real time dengan GPS dan Google Maps juga berpotensi besar untuk menghabiskan baterai ponsel anda. Hal ini karena smartphone terus diminta untuk mengirimkan sinyal lokasi, disamping itu harus mengunduh data dari internet, ini juga yang membuat Pokemon Go boros kuota internet.

Untuk anda yang gemar memainkan game ini namun tidak ingin baterai ponsel terkuras dengan cepat, maka silahkan ikuti beberapa cara menghemat baterai saat bermain Pokemon Go yang ada dibawah ini. Saran kami, gunakan peta Google Maps Offline, cara ini juga dapat menghemat kuota internet anda.

  • Yang pertama jangan gunakan mode AR (Augmented Reality), walaupun sensasinya berkurang, namun cara ini cukup ampuh untuk mengehat baterai. Silahkan gunakan mode AR namun hanya pada saat anda akan menangkap Pokemon saja.
  • Berikutnya adalah sebaiknya aktifkan mode Battery saver. Caranya adalah dari gameplay screen, kemudian masuk  ke menu pengaturan, pilih atau tekan ikon Pokeball lalu pilih setting di bagian kanan atas, dan aktifkan mode battery saver. Dengan begitu baterai ponsel anda akan lebih hemat.
  • Cara ketiga yang bisa anda coba adalah akan lebih baik jika memainkan game ini seperlunya saja. Meski anda adalah seorang penyuka game, namun anda harus mengingat bahwa game pada dasarnya diciptakan sebagai hiburan dari berbagai kepenatan. Fungsi awalnya game adalah salah satu sarana untuk melepas stress dan penat. Oleh karena itu 1-2 jam saja setiap hari untuk bermain game sepertinya sudah cukup. Ingat, jangan sampai anda menjadi kecanduan berbagai game karena bukan malah baik, efeknya akan menjadi buruk bagi anda.

Demikianlah beberapa cara menghemat baterai saat bermain Pokemon Go. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

CARA MENGHEMAT BATERAI SAAT BERMAIN POKEMON GO (2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*