MODEL RAMBUT YANG DILARANG DALAM ISLAM

Saat ini trend model rambut sudah banyak berkembang. Namun terlepas dari hal itu ada beberapa model rambut yang dilarang dalam Islam. Tentu saja hal ini menjadi hal yang harus diperhatikan.

Model rambut yang dimaksud adalah model rambut qaza’.  Qaza’adalah menggundul sebagian rambut kepala (sebagian rambut kepala habis) dan membiarkan rambut yang lain. model rambut ini sama persis dengan model rambut ‘mohawk’ saat ini. Yang biasa berpenampilan dengan rambut seperti ini adalah seorang pemain bola asal Italia yang bernama Balotelli.

Yang memprihatinkan, anak-anak muda muslim seperti kaum remaja mulai mengikuti penampilan Balotelli dengan menggunakan model rambut yang dilarang dalam Islam tersebut. Padahal Balotelli sendiri tidak pantas untuk dicontoh karena karakternya yang kurang baik.

Sebagaimana diterangkan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah, qaza’ adalah menggundul (mencukur habis) sebagian rambut kepala dan membiar sebagian rambut yang lain. Di sini ada beberapa model:

  • Mencukur habis secara berurutan, yaitu mencukur bagian samping kanan, lalu bagian samping kiri, bagian depan kepala dan tengkuknya.
  • Mencukur bagian sampingnya lalu membiarkan bagian tengahnya. Ibnul Qayyim menyatakan bahwa model ini seperti yang dilakukan oleh orang rendahan.
  • Mencukur bagian depan dan membiarkan yang lain.
  • Mencukur habis bagian tengah dan membiarkan bagian sampingnya.

Hukum qaza’ adalah makruh dan termasuk sebagai model rambut yang dilarang dalam Islam. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melihat seseorang dalam keadaan rambutnya sebagian gundul, sebagian lainnya dibiarkan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun melarangnya. Beliau bersabda pada orang yang model rambutnya seperti itu, “Cukurlah seluruhnya. Atau biarkanlah seluruhnya.”

Namun jika untuk mengikuti model orang kafir, berarti dihukumi haram. Karena tasyabbuh (mengikuti gaya) orang kafir adalah haram. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka.

Oleh karena itu jika melihat ada orang yang model rambutnya adalah qaza’, hendaknya kita perintahkan agar ia menggundul seluruh rambut kepalanya. Kemudian beri saran setelah itu, jika ingin mencukur rambut lagi, hendaklah mencukur seluruhnya atau membiarkan seluruhnya. (Syarhul Mumthi’, 1: 167-168). Ternyata Qoza’ ini sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW dan merupakan gaya rambut orang jahiliyah. Hal ini tentu saja semakin menguatkan mengapa model rambut ini menjadi model rambut yang dilarang dalam Islam.

Juga ada keterangan dari Imam Nawawi dalam Al Majmu’ (1: 347), “Qaza’ dihukumi makruh. Yang dimaksud qaza’ adalah model rambut yang hanya menggundul sebagian rambut saja. Hal ini terlarang berdasarkan hadits dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma dalam shahihain, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang qaza’.”

Nah dilarangnya model rambut ini pun berdasarkan beberapa dalil. Berikut ini adalah dalil-dalil yang melarang model rambut qaza’ dan membuat model rambut yang dilarang dalam Islam :

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – نَهَى عَنِ الْقَزَعِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang qaza’.” (HR. Bukhari no. 5921 dan Muslim no. 2120)

Dalam riwayat Muslim disebutkan bahwa Ibnu ‘Umar mengatakan,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنِ الْقَزَعِ. قَالَ قُلْتُ لِنَافِعٍ وَمَا الْقَزَعُ قَالَ يُحْلَقُ بَعْضُ رَأْسِ الصَّبِىِّ وَيُتْرَكُ بَعْضٌ.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang qaza’.” Aku (Umar bin Nafi’) berkata pada Nafi’, “Apa itu qaza’?” Nafi’ menjawab, “Qaza’ adalah menggundul sebagian kepala anak kecil dan meninggalkan sebagian lainnya.” (HR. Muslim no. 2120)

Dalam keterangan yang lain, Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan bahwa para ulama berijma’ (sepakat) bahwa qaza’ itu dimakruhkan jika rambut yang digundul tempatnya berbeda-beda (misalnya: depan dan belakang gundul, bagian samping tidak gundul, -pen).

Namun hal tersebut bolah dilakukan dan tidak menjadi model rambut yang dilarang dalam Islam apabila dalam kondisi penyembuhan penyakit dan semacamnya. Yang dimaksud makruh di sini adalah makruh tanzih (artinya: sebaiknya ditinggalkan). … Ulama madzhab Syafi’iyah melarang qaza’ secara mutlak termasuk laki-laki dan perempuan.” (Syarh Shahih Muslim, 14: 101)

Dari penjelasan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model rambut yang dilarang dalam Islam atau model rambut qaza’ dilarang jika hanya untuk sekedar bermodel qaza’, maka hukumnya itu makruh. Dan jika mengikuti gaya orang kafir termasuk mengikuti model Mohawk Balotelli, berarti haram. Karena hendaknya ia mencukur rambut kepala seluruhnya. Hukum ini juga berlaku untuk model cepak.

Kumpulan foto model rambut qaza’ :

MODEL RAMBUT YANG DILARANG DALAM ISLAM (1)

MODEL RAMBUT YANG DILARANG DALAM ISLAM (1)

MODEL RAMBUT YANG DILARANG DALAM ISLAM (2)

MODEL RAMBUT YANG DILARANG DALAM ISLAM (3)

MODEL RAMBUT YANG DILARANG DALAM ISLAM (4)

MODEL RAMBUT YANG DILARANG DALAM ISLAM (5)

MODEL RAMBUT YANG DILARANG DALAM ISLAM (6)

MODEL RAMBUT YANG DILARANG DALAM ISLAM (7)

MODEL RAMBUT YANG DILARANG DALAM ISLAM (8)

MODEL RAMBUT YANG DILARANG DALAM ISLAM (9)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*