PUTRI INDONESIA YANG BERAGAMA ISLAM

Putri Indonesia yang beragama Islam tentu banyak kita jumpai dalam deretan para penyandang gelar Putri Indonesia. Karena seperti yang telah kita ketahui bahwa negara Indonesia, penduduknya mayoritas memeluk agama Islam. Dan tanpa menghilangkan rasa toleransi antar umat beragama, kontes ini tak pernah menyinggung soal SARA.

Setiap wanita cantik, cerdas, bertalenta, berjiwa sosial tinggi, dan memiliki kepribadian yang baik, dipastikan dapat mengikuti ajang ini. Sebagai pemenang nantinya mereka akan mewakili Indonesia ke kanca Internasional dalam ajang Miss Universe. Namun sebagai orang Timur dan beragama muslim, tentu hal ini menjadi suatu perdebatan. Karena ada suatu kegiatan yaitu kontes bikini yang pasti bertentangan dengan agama dan budaya Indonesia tentunya. Namun beberapa Putri Indonesia yang beragama Islam ini terus melaju dengan membawa nama Indonesia.

1. Alya Rohali

PUTRI INDONESIA YANG BERAGAMA ISLAM (1)Wanita cantik dan berwajah keibuan ini bernama Alya Rohali. Usai terpilih sebagai Harapan I None Jakarta 1994, dua tahun kemudian Alya dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 1996. Dan sebagai pemengang, putri pasangan Rohali Sani dan Atit Tresnawati ini juga didaulat menjadi wakil Indonesia dalam ajang Miss Universe 1996 di Amerika Serikat.

Dengan demikian, Alya diharuskan untuk mengikuti kontes bikini bersama semua peserta lainnya. Tentu saja sebagai Putri Indonesia yang beragama Islam hal ini menjadi perdebatan dan menimbulkan berbagai pertentangan dari banyak pihak. Namun Alya tetap teguh membawa nama Indonesia dan tak terlalu menggubris semua komentar miring yang ada. Kini setelah sekian lama bebas masa tugas, Alya mulai terlihat mengenakan hijab. Dengan hijab yang dikenakannya tersebut, Alya Rohali semakin terlihat cantik dan mempesona.

2. Artika Sari Devi

PUTRI INDONESIA YANG BERAGAMA ISLAM (2)Satu lagi Putri Indonesia yang beragama Islam. Ia adalah Artika Sari Devi Kusmayadi atau yang lebih dikenal dengan nama Artika Sari Devi . Wanita yang kini berprofesi sebagai model iklan, presenter, dan aktris ini berhasil menjadi Puteri Indonesia kesembilan pada tahun 2004. Saat itu istri dari musisi bernama Baim ini mewakili Bangka Belitung yang memang merupakan daerah kelahirannya.

Sama seperti para Putri Indonesia lainnya, ia juga didapuk untuk mengikuti ajang Miss Universe. Dan kepergiannya ke Thailand untuk mengikuti ajang tersebut sempat ditentang. Namun ia berhasil membuktikan dengan prestasi yang diukirnya. Artika berhasil menjadi satu-satunya wanita Asia yang berhasil masuk dalam 15 Besar Miss Universe 2005 dan mampu membanggakan nama Indonesia.

3. Qory Sandioriva

PUTRI INDONESIA YANG BERAGAMA ISLAM (3)Pada pemilihan Puteri Indonesia 2009, Qory maju sebagai perwakilan dari Provinsi Aceh. Ia berhasil terpilih sebagai pemenang dengan mengalahkan 37 kontestan lainnya. Namun Putri Indonesia yang beragama Islam ini sempat menimbulkan kontroversi terkait pernyataannya.

Saat itu pada malam grand final, Qory mengeluarkan pernyataan yang memicu kontroversi ketika ia menjawab pertanyaan dari pembawa acara Charles Bonar Sirait mengenai keberaniannya untuk tampil berbeda tanpa jilbab seperti lazimnya kontestan-kontestan asal NAD sebelumnya. Ia menyatakan telah mendapatkan izin dari Pemerintah Provinsi NAD untuk hal tersebut. Namun ternyata pernyataan tersebut kemudian ditafsirkan lain oleh sebagian masyarakat. Masyarakat berpandangan bahwa ia telah menanggalkan jilbabnya karena mengikuti Puteri Indonesia 2009, sehingga memicu kontroversi atas kepantasan hal tersebut. Dalam konferensi pers setelah acara, ia menjawab pertanyaan wartawan dan mengatakan bahwa ia memang sebelumnya tidak menggunakan jilbab dalam kesehariannya

4. Whulandary Herman

PUTRI INDONESIA YANG BERAGAMA ISLAM (4)Putri Indonesia yang beragama Islam berikutnya adalah Whulandary Herman. Wanita yang kini berprofesi sebagai seorang model dan presenter ini merupakan pemenang kontes kecantikan Puteri Indonesia 2013 perwakilan dari Sumatera Barat. Whulan merupakan Puteri Indonesia kedua yang berasal dari Sumatera Barat, setelah Melanie Putria, yang meraih mahkota pada tahun 2002. Usai dinobatkan sebagai pemenang, Whulan juga berkesempatan untuk mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe 2013 di Moskow, Rusia. Dirinya pun berhasil mengukir prestasi dengan masuk  ke babak 16 besar, serta menjadi runner-up ke-3 Best National Costume.

5. Anindya Kusuma Putri

PUTRI INDONESIA YANG BERAGAMA ISLAM (1)Nama Anindya Kusuma Putri termasuk dalam jajaran Putri Indonesia yang beragama Islam. Dirinya terpilih menjadi Putri Indonesia 2015 setelah berhasil unggul dari Chintya Fabyola dari Kalimantan Barat dan Gresya Amanda Maaliwuga dari Sulawesi Utara, yang masing-masingnya menempati posisi runner-up I dan runner-up II.

Anindya mewakili Indonesia pada kontes Miss Universe 2015 pada tanggal 20 Desember 2015 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Pada kontes yang dijuarai oleh Pia Wurtzbach dari Filipina itu, Anindya meraih posisi 15 Besar. Hal ini membuktikan bahwa dirinya dapat mengukir prestasi ditengah pertentangan yang menimpa para Putri Indonesia saat akan mengikuti ajang bergengsi di dunia tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*