PUTERI INDONESIA YANG BERPRESTASI

Hanya berparas cantik sepertinya tak cukup untuk menjadi Putri Indonesia yang berprestasi. Pasalnya sebagai duta negara Indonesia, seorang Putri Indonesia harus memiliki kecerdasan, ilmu pengetahuan, etika, serta jiwa sosial yang tinggi. Tanpa semua itu, kecantikan wajah tentu tak akan ada artinya.

Berikut ini adalah beberapa Putri Indonesia yang berprestasi. Mulai dari prestasi selama masa jabatannya sebagai Putri Indonesia, hingga prestasi di luar jabatannya. Kira-kira siapa saja mereka? Ini dia penuturannya.

1. Artika Sari Devi

PUTERI INDONESIA YANG BERPRESTASI (1)Nama Artika Sari Devi Kusmayadi tentu tak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Wanita yanglahir di Pangkal Pinang, 29 September 1979 ini mewakili Bangka Belitung dalam ajang pemilihan Puteri Indonesia 2004. Artika berhasil dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2004 di usianya yang ke-25 tahun.

Melalui kemenangannya tersebut, Artika pun didaulat untuk menjadi wakil dari Indonesia dalam ajang Miss Universe 2005. Artika merupakan Putri Indonesia yang berprestasi karena ia berhasil menjadi satu-satunya wanita Asia yang berhasil masuk dalam 15 Besar Miss Universe 2005. Selain membesarkan namanya, prestasinya tersebut juga mampu membesarkan nama Indonesia.

2. Nadine Chandrawinata

PUTERI INDONESIA YANG BERPRESTASI (5)Puteri Indonesia yang terpilih pada tahun 2005 dengan mewakili DKI Jakarta ini bernama Nadine Chandrawinata. Usai menaklukan puluhan peserta lainnya, Nadine berhasil menyandang predikat tersebut. Ia juga di daulat sebagai wakil Indonesia di ajang Miss Universe 2006 di Los Angeles, Amerika Serikat.

Meski tak lancar berbahasa Inggris dan hanya mampu fasih berbahasa Jerman, namun Nadine meneruskan langkahnya dengan kemampuan yang ia miliki. Meski tak berhasil masuk dalam jajaran nominasi Miss Universe. Namun berhasil mencatat namanya sebagai Putri Indonesia yang berprestasi lantaran ia berhasil meraih gelar Runner-up 1 Best National Costume dan Putri Persahabatan.

3. Maria Selena

PUTERI INDONESIA YANG BERPRESTASI (6)Maria Selena adalah pemenang kontes Puteri Indonesia 2011. Gadis yang lahir di Palembang, 24 September 1990 ini tampil dalam pemilihan Puteri Indonesia 2011 sebagai wakil dari Jawa Tengah karena daerah tersebut adalah daerah asal sang ibunda. Dan sebagai Puteri Indonesia 2011, ia mewakili Indonesia pada kontes Miss Universe 2012 di Las Vegas, Amerika Serikat. Hampir sama dengan Nadine, meski tidak berhasil menjadi semifinalis, ia sukse menjadi Putri Indonesia yang berprestasi karena ia berhasil masuk dalam 10 besar kostum nasional terbaik (Top 10 Best National Costume).

4. Whulandary Herman

PUTERI INDONESIA YANG BERPRESTASI (4)Putri Indonesia yang berprestasi berikutnya adalah Whulandary Herman. Gadis kelahiran Padang Panjang, 26 Juni 1989 ini merupakan pemenang kontes kecantikan Puteri Indonesia 2013 perwakilan dari Sumatera Barat.

Whulan merupakan Puteri Indonesia kedua yang berasal dari Sumatera Barat, setelah Melanie Putria, yang meraih mahkota pada tahun 2002. Whulan juga berkesempatan untuk mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe 2013 di Moskow, Rusia. Whulan mampu mengukir prestasi dengan masuk ke babak 16 besar. Tak hanya itu, ia juga berhasil meraih gelar Runner up 3 Best National Costume.

5. Elvira Devinamira

PUTERI INDONESIA YANG BERPRESTASI (2)Elvira Devinamira Wirayanti merupakan pemenang kontes Puteri Indonesia 2014 perwakilan dari Jawa Timur. Ia dimahkotai sebagai pemenang Puteri Indonesia 2014 pada tanggal 29 Januari 2014 menggantikan Whulandary Herman, Puteri Indonesia 2013. Sama seperti beberapa Puteri Indonesia lainnya, Elvira berhasil menjadi Putri Indonesia yang berprestasi. Hal ini karena dalam ajang Miss Universe 2014 yang digelar di Amerika Serikat tersebut, ia berhasil meraih posisi 15 Besar dan penghargaan khusus Best National Costume.

6. Anindya Kusuma Puteri

PUTERI INDONESIA YANG BERPRESTASI (3)Berhasil meraih posisi 15 Besar dalam ajang Miss Universe 2015, menjadikan Anindya Kusuma Putri sebagai Putri Indonesia yang berprestasi. Ia mengikuti ajang bergensi di dunia tersebut setelah dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2015 yang merupakan perwakilan dari Jawa Tengah. Gadis cantik kelahiran Semarang, 3 Februari 1992 ini  sukses dimahkotakan sebagai pemenang Puteri Indonesia 2015 pada tanggal 20 Februari 2015 menggantikan Elvira Devinamira, Puteri Indonesia 2014.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*