Energi panas bumi Indonesia berlimpah ruah

Energi panas bumi Indonesia berlimpah ruah. Hal ini dikatakan oleh Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy, Rony Gunawan, pada acara Workshop Geothermal, di kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (24/2/2015). “Ada panas bumi, pasti ada gunung berapi, panas bumi berasal dari magma yang ada di dalam perut bumi, terkena air hujan yang turun dan menghasilkan uap. Uap ini yang dipakai untuk menjalankan turbin dan menghasilkan listrik.”

Mengapa cadangan panas bumi yang dimiliki Indonesia sangat besar? Itu karena posisi Indonesia yang berada di ring of fire atau jalur magma. Jalur magma ini melintasi Sumatera, Jawa, Sulawesi, Filipina, Jepang, Amerika, sampai Afrika Selatan. Tapi paling besar ada di Indonesia, dan paling banyak ada di Sumatera.  Melihat besarnya potensi panas bumi di Indonesia, Indonesia bisa dibilang sebagai ‘Arab Saudi’ cadangan panas bumi (geothermal), karena 40% cadangan geothermal dunia ada di Indonesia.

Negara-negara lain telah lebih dahulu memanfaatkan panas bumi ini. Banyak yang dimanfaatkan sebagai spa, budidaya jamur, dan banyak lagi. Nah di Indonesia nanti bisa dibangun PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) yang sifatnya lebih ramah lingkungan dibandingkan pembangkit listrik konvensional yang sudah ada sekarang. Namun pengembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Indonesia tidak mudah, banyak hambatan dan tinggi risiko. Namun, saat ini muncul hambatan baru di proyek ini, yakni ditentang warga sekitar.panas bumi

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*