GEMPA BUMI GUNCANG MALUKU 7,3 SR

MANADO, KOMPAS.com – Sebagian besar wilayah Sulawesi Utara diguncang gempa bumi yang membuat warga panik dan berhamburan ke luar rumah, Sabtu (15/11/2014) pukul 10.31 Wita. Menurut catatan Badan Meteorologi dan Geofisika, gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter itu berpusat di 132 kilometer barat laut Halmahera Barat, Maluku Utara.

“Saya berada di dalam angkutan kota dan gempanya terasa sekali, banyak orang lari,” ujar warga bernama Stenly Pontolawokang saat berada dalam perjalanan dengan angkutan kota di pusat Kota Manado, Sabtu.

Dolfi, warga Pulau Siau, Kabupaten Sitaro, juga melaporkan gempa tersebut. Ia mengatakan, warga di sana sangat merasakan terjadinya gempa. “Listrik juga mati dan kami khawatir karena tinggal di tepi pantai,” ujar Dolfi melalui telepon.

Warga Desa Tateli, Kecamatan Mandolang, Minahasa, juga terlihat panik karena gempa terasa sangat kuat. Hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Belum ada juga imbauan dari pihak terkait soal potensi tsunami dari gempa itu. Twitter dan halaman Facebook BMKG mengumumkan peringatan dini terjadinya tsunami di Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku.

10161231-00-banjir2120780x390
Metrotvnews.com, Jakarta: Gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR), menguncang Maluku. Gempa yang terjadi pada pukul 09.31 WIB ini, berada di 1.95 Lintang Utara, 126.46 Bujur Timur, dengan kedalaman 48 kilometer. Gempa tersebut berpotensi menimbulkan Tsunami.Berdasarkan situs resminya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk daerah yang berpotensi terkena tsunami, Minggu (15/11/2014).

Daerah tersebut yaitu Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku.

Jakarta – Gempa bumi berkekuatan 7,3 SR yang terjadi di perairan Maluku Utara terasa hingga Manado, Sulawesi Utara. Warga merasakan guncangan selama 1 menit.Pantauan detikcom di Manado, Sabtu (15/11/2014), guncangan terasa lebih dari 1 menit. Warga yang berada di dalam gedung panik.

Para warga berlarian keluar dari gedung. Ada sejumlah bangunan yang retak dan salah satu bangunan ambruk sebagian.

Gempa terjadi sekitar pukul 09.30 WIB atau sekitar pukul 11.30 WIT. BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami di Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Maluku.

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*