BUKU ANAK SD YANG ANEH

Tidak cuma di media sosial, buku pelajaran tingkat SD menjadi geger di media sosial. Sebelumnya, beberapa mata pelajaran juga membuat heboh. Kasus tersebut juga menggelitik sejumlah pemerhati, dosen, guru besar hingga profesor.

1. Cerita mengenai Istri Simpanan

Cerita mengenai istri simpanan ini terdapat dalam buku kelas 2 SD, terbitan ‘MK’. Kisah berjudul ‘Bang Maman dari Kali Pasir’ terdapat di halaman 30-31.

2. Cerita tentang pembunuhan

Dalam buku ‘Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta’ untuk kelas 1 SD, terdapat cerita rakyat Si Angkri. Cerita ini merupakan cerita rakyat Betawi. Isinya berkisah soal kisah si Angkri yang jatuh miskin karena berjudi. Ada pesan moral di dalamnya. Namun cerita yang ditampilkan dirasa terlalu berbahaya untuk anak kelas 1 SD. Ada kata-kata disuruh membunuh, dipancing dengan wanita dan soal kekerasan antar jawara.

3. Cerita kawin paksa

Cerita Juragan Boing ini terdapat di buku Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta, untuk SD kelas 4. Cerita itu berawal dari seorang Juragan Boing tertarik dengan buruhnya, Juleha yang bekerja di kebun durennya.

Juragan Boing langsung meminta izin ke istri pertama untuk menikah kedua kalinya. Tetapi istri pertama tidak merestuinya. Juragan Boing kemudian marah.

“Pokoknya aku akan tetap melamarnya minggu depan,” kata Juragan.

4. Cerita kemolekan tubuh wanita

Buku itu dibagikan ke siswa kelas enam SDN Polisi 4, Bogor, Jawa Barat. Kasus ini terungkap setelah seorang siswa mempertanyakan pada ibunya makna dari wacana 17 tahun ke atas itu dan dimuat dalam sebuah blog komite SDN Polisi 4.

Gerakan perempuan itu terlihat masih kikuk .Benar seperti kata pemilik warung ini, dia ini pendatang baru ! Jakunnya bergerak turun naik melihat kemolekan perempuan itu. Hanya saja dia masih penasaran dengan nama kampung asal yang tadi disebut.

ajakan-membunuh-di-buku-kelas-1-sd-rev1

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*