Kunjungi Kemdikbud, Ketua UKP4 Tekankan Pentingnya Management Purpose dalam Pengelolaan Informasi Pendidikan

Jakarta, Kemdikbud — Ketua Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Kuntoro Mangkusubroto, menekankan pentingnya management purpose dalam pengelolaan informasi pendidikan. Baik informasi yang dibutuhkan masyarakat dari Kemdikbud, maupun informasi yang dibutuhkan Kemdikbud dari masyarakat.

“Jika kita tahu kebutuhan apa saja yang dibutuhkan masyarakat, kita bisa buat mosaiknya sehingga management purpose nya bisa dirancang,” kata Kuntoro usai melakukan dialog dengan pejabat Kemdikbud tentang layanan mayarakat yang ada di kementerian, Selasa (18/03/2014) sore, di ruang operasi Kemdikbud. 

Pentingnya management purpose tersebut, diungkapkan Kuntoro setelah melihat lalu lintas data dalam jaringan Kemdikbud yang dikelola Pustekkom. Dalam kesempatan tersebut dilakukan teleconference dengan pengelola jaringan Kemdikbud yang berada di Ciputat, Tangerang Selatan. Teleconference tersebut selain untuk melihat secara langsung penggunaan IT di Kemdikbud, juga untuk melihat berapa banyak bandwidth yang dipakai oleh pengguna jasa Kemdikbud.

Untuk tata kelola yang berhubungan dengan teknologi informasi, Kepala Pustekkom Ari Santoso, menjelaskan secara gamblang teknologi pengelolaan di Kemdikbud. Mulai dari fasilitas ruang operasi, tata kelola informasi dan keamanannya, jenis informasi yang dimiliki dan dikelola Kemdikbud, pemanfaatan data untuk pengambilan keputusan operasional dan strategis Kemdikbud, dan pengelolaan pengaduan masyarakat melalui aplikasi Lapor!.

Selain perihal tata kelola, kedatangan Kuntoro ke Kemdikbud juga mendengarkan  penjelasan dari pejabat Kemdikbud mulai dari PAUDNI, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi, pusat data dan statistik, tentang aplikasi layanan masyarakat yang dimiliki Kemdikbud. Aplikasi tersebut antara lain, dapodik, bidikmisi, bos, rehab sekolah, sm3t,  dan lain sebagainya.

Selain tata kelola teknologi informasi, Kuntoro juga menyebut pentingnya manajemen data pendidikan yang baik. Data pendidikan tersebut, kata dia, juga harus disingkronkan dengan data yang ada di BPS, terutama yang menyangkut angka partisipasi kasar dan angka partisipasi murni. 

Sebagai unit kerja presiden, UKP4 memiliki fungsi pengawasan dan pengendalian pembangunan. Jelang pergantian pemerintahan, salah satu tugas UKP4 adalah menggali informasi tentang layanan yang dimiliki instansi pemerintahan, untuk dimasukkan dalam capaian kinerja dan diusulkan untuk dilanjutkan di periode mendatang. Kuntoro mengaku, ia telah mengunjungi sejumlah kementerian untuk menggali informasi tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Kuntoro menyampaikan penilaiannya terhadap kinerja Kemdikbud. Menurutnya, ada peningkatan kinerja yang dilakukan Kemdikbud dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut terlihat dari kesiapan teknologi pendukung yang menaungi Kemdikbud, hingga kesiapan aplikasi layanan masyarakat yang memiliki data terpadu. Atas peningkatan tersebut, Kuntoro menyampaikan apresiasinya.

“Saya kira kemajuannya banyak dibanding setahun lalu. Selamat untuk kemajuan ini,” katanya. (Aline Rogeleonick)

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*