DAM Tamattu Dipatok Lebih Murah, Ini Penjelasan Anggito

Cirebon (Pinmas) —- Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI telah menyepakati  komponen DAM Haji Tamattu’ sebesar SAR475 per jamaah. Jumlah ini lebih murah dibandingkan harga pasaran normal kambing di Arab Saudi sebagaimana diinformasikan sebelumnya yang berada pada kisaran SAR490 – SAR500.

Terkait ini, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Anggito menjelaskan bahwa DAM Haji Tamattu’ bisa lebih murah karena jamaah haji Indonesia akan mendapatkan optimalisasi dari pembayaran ke IDB yang dilakukan secara kolektif.

bayar dam“Harganya lebih murah? Kalau dikumpulkan menjadi satu, kita memperoleh optimalisasi dariIDB. Kalau kita menempatkan dana 3 bulan sebelumnya, kita mendapatkan bagi hasil,” terang Anggito kepada Pinmas, Cirebon, Selasa (04/03).

Menurut Anggito, saat melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi, Menag menyampaikan secara langsung kepada pihak IDB untuk memberikan discount kepada jamaah Indonesia terkait pembayaran DAM Tamattu’. Untuk tahun pertama kerja sama ini, lanjut Anggito, discount akan diberikan dalam dua hal, yaitu: discount yang diberikan melalui mekansme pemberian penyimpanan dan discount real.

Sehubungan itu, Anggito meminta kepada jamaah haji Indonesia yang akan berangkat haji pada tahun 2014 untuk tidak lagi membayar DAM Tamattu’ kepada siapapun dan dalam bentuk apapun.

Ditambahkan oleh Anggito bahwa alokasi anggaran yang sudah disepakati dengan DPR adalah untuk pembayaran  DAM Tamattu’, bukan DAM karena melakukan pelanggaran selama menjalankan ibadah haji. Untuk mekanismenya, status pelaksanaan haji tamattu’ itu sendiri akan dinyatakan oleh setiap jamaah haji pada waktu berangkat.  (mkd/mkd) (kemenag.go.id)

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*