Asing Bangun Industri Ponsel

JAKARTA- Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat mengatakan, satu perusahaan asing tengah membangun industri telepon seluler (ponsel) di Indonesia. Hal itu diharapkan dapat memangkas impor ponsel.

industri ponsel“Ada satu perusahaan yang diam-diam mulai merakit ponsel di Indonesia. Saya sudah berianji tidak akan menceritakan detailnya. Yang jelas, mereka mulai masuk ke tahapan produksi,”kata Hidayat di Jakarta, Selasa (4/3).

Tahun lalu, dia menuturkan, impor ponsel mencapai 60 juta unit. Pemerintah mendorong perusahaan ponsel asing yang menggarap pasar Indonesia mendirikan fasilitas produksi di sini.Dia mencatat, saat ini, sebanyak tiga prinsipal telah membangun fasilitas produksi di Tanah Air. Namun, volume produksinya masih kecil.

Selain memangkas impor, Hidayat berharap tumbuhnya industri ponsel akan mendorong terjadinya transfer teknologi. Sejauh ini, Indonesia baru dalam tahap pengembangan industri ponsel, dimulai dan industri kecil.

“Merek yang investasi pabrik belum terlalu besar, skalanya juga masih kecil. Akan tetapi, pemerintah tetap mendukung terus. Kalau merek terkenal, memang pasarnya akan berkembang pesat. Tapi, saat ini, kita mulai dari yang kecil dan kita proteksi,”kata Hidayat (eme)

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*