Di Banyuwangi, Telepon 118, Ambulans Meluncur

Banyuwangi – Layanan panggilan ambulans bebas pulsa 24 jam One Call Service Ambulance Gawat Darurat 118 diluncurkan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.  Layanan nomor telepon 118 ini mengintegrasikan semua ambulans di Banyuwangi dalam satu komando, baik milik pemerintah maupun swasta.
ambulan banyuwangiKetika keluarga pasien menghubungi nomor 118, operator akan segera berkoordinasi dengan rumah sakit atau puskesmas terdekat.
Peluncuran layanan ambulans gratis itu dihadiri Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, akhir pekan lalu.
Ali Ghufron mencoba langsung layanan ambulans gratis dengan menghubungi call center 118. Panggilannya langsung tersambung dan operator menanyakan indentitasnya. Lima menit kemudian ambulans beserta dokter dan perawat pun datang.
“Ini layanan yang bagus kepada masyarakat. Dengan manajemen tersentral, 150 unit ambulans bisa dikirimkan lebih cepat. Ini terobosan tanpa harus membuat program baru dengan anggaran tinggi, cukup mengintegrasikan seluruh ambulans yang ada untuk dioptimalkan dalam pelayanan kepada masyarakat. Tanpa mengajukan anggaran ke pusat, sudah dapat berinovasi,” ucap Ali Ghufron.
Alokasi anggaran Kabupaten Banyuwangi  di bidang kesehatan, hingga 10% dari APBD, yang tak banyak dilakukan pemerintah daerah lain juga diapresiasi. Pada 2014, anggaran itu mencapai Rp2,1 triliun.
“Pengiriman ambulans dilengkapi dokter, tenaga medis atau perawat. Selain itu, ada fasilitas tempat tidur pasien, tabung oksigen, peralatan medis yang dilengkapi dengan infus, dan lainnya. Kami jamin layanan ambulans 118 ini dapat diakses seluruh masyarakat selama 24 jam. Ini ikhtiar kami memberi pelayanan optimal kepada publik, sekaligus melengkapi layanan lain di bidang pendidikan hingga peningkatan ekonomi rakyat,” tutur Bupati Abdullah Azwar Anas. ayanan ini juga digratiskan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau warga yang memiliki surat keterangan miskin. (IZN – pdpersi.co.id)

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*