PROFIL EVAN DIMAS

Evan Dimas lahir di Surabaya, 13 Maret 1995. Ia adalah adalah pemain sepakbola yang bermain pada posisi Gelandang. Evan Dimas pernah sukses membawa Timnas Indonesia U-19 menjuarai Kejuaraan Remaja U-19 AFF 2013 dengan mengalahkan Vietnam di partai puncak.

biodata evan dimas

Kehidupan pribadi

Evan Dimas adalah seorang putra Surabaya yang lahir dari pasangan Condro Permono dan Ana. Evan dari kecil sudah senang bermain bola. Sejak masih berumur 4 tahun dia selalu minta dibelikan bola. Menginjak kelas dua sekolah dasar, lelaki anak pertama dari empat bersaudara itu lebih sering berada di tanah lapang dekat rumahnya. Maklum, sekitar kampung di pinggiran barat kota Surabaya itu masih banyak sawah dan tegalan tadah hujan. Itu memungkinkan Evan dan teman sebayanya memiliki banyak kesempatan bermain, utamanya sepak bola.

Menginjak kelas empat, Evan minta dimasukkan sekolah sepak bola. Sejak itu Evan didaftarkan di SSB Sakti di Jalan Bogowonto, komplek TNI-AL di Surabaya. Di tengah rutinitas sebagai pelajar SDN Made I, Evan kecil kemudian hanyut dengan jadwal SSB. Jadwal latihannya, Kamis sore jam 15.00 WIB, Sabtu dan hari Minggu pagi dimulai jam 06.00 WIB. Tak jarang Evan Dimas rela berangkat sendiri jika bapaknya yang bekerja sebagai Satpam di Komplek Perumahan Citra Raya sedang bertugas. Kurang lebih tiga tahun belajar di SSB Sakti Bogowonto, Evan yang saat itu kelas enam dan akan masuk SMP minta pindah ke SSB Mitra Surabaya, yang jaraknya lebih jauh. Di tempat SSB yang baru, Evan makin mantap mendapatkan gemblengan teknik bermain sepak bola. Jadwal berlatihnya kamis, sabtu dan minggu.

Prestasinya mulai terlihat. Saat itulah, lanjut Ana, anak pertamanya itu mulai sibuk bermain sepak bola sampai keluar pulau. Kepiawaiannya di lapangan hijau mulai diperhitungkan. Terbukti, saat itu Evan kerap di ikut sejumlah kompetisi. Baik antar kabupaten kota se-Jawa Timur juga tak jarang mengikuti turnamen mewakili Provinsi Jatim yang digelar sejumlah kota di luar Jawa. Evan juga tercatat pernah menjuarai sepakbola remaja tingkat provinsi se Jatim, dengan mendapat juara pertama. Kemudian, di tahun 2010, kakak dari Tirsa Dian Maulana, Hanif Fathurrahman dan Faridah Noviana itu dinyatakan lolos seleksi PON tahun 2010, kemudian ia kembali terpilih masuk ke dalam skuat sepak bola Jawa Timur yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional XVIII di Pekanbaru. Di level tim nasional, ia sudah memulai karirnya di tingkat U-17 sekaligus menyandang ban kapten, sebelumnya ia juga telah mengantarkan Garuda Muda menjuarai turnamen HKFA International Youth Invitation di Hongkong pada tahun 2012. Ia juga merupakan wakil Indonesia dalam ajang pencarian bakat bertajuk ‘The Chance’ dan menjadi satu dari 100 anak yang beruntung bisa dilatih oleh mantan pelatih Barcelona Pep Guardiola.

Karier Internasional

Pada tahun 2013, dia dipanggil timnas U-19 untuk mengikuti Kejuaraan Remaja U-19 AFF 2013. Evan terpilih menjadi kapten tim menggantikan Gavin Kwan Adsit yang sedang trial di klub CFR Cluj. Di kejuaraan ini Evan menjadi pencetak gol terbanyak untuk Indonesia dengan 5 gol dan menjadikan timnas menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya.

Dua minggu setelahnya, timnas U-19 bertanding di Kualifikasi Kejuaraan U-19 AFC 2014. Di pertandingan penentuan grup melawan Korea Selatan, Evan berhasil mencetak hattrick yang membuat Indonesia lolos untuk ke-16 kalinya. Nama Evan Dimas semakin melambung pasca kemenangan 3-2 Timnas Garuda U-19 atas Tim Korea Selatan di laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-19 2004. Pasalnya Evan Dimas yang menyandang ban kapten memborong tiga gol kemenangan Indonesia di laga penentuan tersebut.

evan dimas

foto evan dimas

foto-foto evan dimas

profil evan dimasBaca Juga:

Loading...

1 Comment

  1. evan dimas ni bintang muda,tumpuan lini tengah indonesia U-19 ya.. sosok pengatur permainan di lapangan yg bagus,jarang2 indonesia punya pemain kyk gini
    kunjungi balik ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*