RAVI MURDIANTO

Ravi Murdianto lahir di Tegowanu, Grobogan, Jawa Tengah. Sejak kelas dua Sekolah Dasar, Ravi bermain sepak bola dan bergabung dengan SSB Putra Bersemi. Saat itu, dia tidak menjadi seorang kiper melainkan gelandang dan striker.

U-19 ravi murdianto

Lahir 8 Januari 1995. Namun, sejak kelas empat, dirinya kemudian pindah posisi menjadi kiper. Postur tubuhnya yang cukup tinggi menjadi faktor utama.

Melihat kemampuan Ravi yang terus berkembang, setelah kelas enam Sekolah Dasar, Ravi bergabung ke SSB Tugumuda Semarang untuk mendapatkan pelatihan yang lebih baik. Setelah kelas dua Sekolah Menengah Pertama, Ravi berhasil lolos seleksi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar (PPLP) Jawa Tengah atau disebut Diklat Salatiga. Di Salatiga, kemampuannya terus diasah, refleknya semakin baik. Dua tahun kemudian, Ravi ditarik untuk masuk ke Diklat Ragunan. Dari Diklat Ragunan nama Ravi Murdianto semakin terkenal. Dia lolos seleksi masuk timnas Indonesia U-17, dan Indonesia U-19.

Cerita masa kecil: Dulu, tak jarang ia harus berjalan kaki dari rumah ke sekolah sepakbola tempatnya berlatih dengan jarak yang tidak bisa dibilang dekat. Terkadang, Ravi Murdianto diantar jemput oleh ayahnya dengan sepeda motor, namun ia harus duduk di atas karung berisi botol-botol yang dikumpulkan sang ayah.

“Bapak saya waktu itu bekerja sebagai pemungut botol dari kampung ke kampung, jadi kami terkendala biaya untuk pergi dan pulang latihan,” kisah Ravi Murdianto.

“Dulu, banyak orang mencibir saya dengan mengatai: Itu lho, kiper bola yang diantar bapaknya naik motor di atas karung,” kenang penjaga gawang jebolan Diklat Salatiga ini.

 

Kini, Ravi Murdianto sudah dikenal oleh sebagian rakyat Indonesia. Penampilan apiknya bersama Timnas Indonesia U19 membuatnya menjadi salah satu pesepakbola muda yang paling populer saat ini. Namun, semua itu tidak akan mengubah jati diri dan kebiasaan seorang Ravi Murdianto si anak kampung.

“Apa yang saya raih saat ini tak akan mengubah kebiasaan saya di kampung,” tekad Ravi Murdianto.

foto ravi timnas

foto timnas ravi murdianto

ravi murdianto u-19

Ravi-Murdianto-Timnas-Indonesia-U19-3

Baca Juga ya:

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*