USMAN DAN HARUN

usman harunPenamaan kapal perang Indonesia “Usman-Harun” mendapatkan protes dari pemerintah Singapura. Dari sejarah Indonesia dan Singapura, Negara-negara ini memandang Usman dan Harun dari sisi yang berbeda. Pemerintah Singapura menganggap Usman-Harun sebagai seorang teroris yang telah meledakkan Hotel Mc-Donald, sedangkan Pemerintah Indonesia menganggap both of them sebagai pahlawan negara.
Sejarah Usman-Harun berawal dari konfrontasi Indonesia dengan pemerintah Inggris pada tahun 1964 yang akan mendirikan negara Singapura dan Malaysia. Presiden waktu itu, Soekarno, menganggap bahwa pembentukan negara ini tidak wajar dan hendak memblok Indonesia sehingga terkucil dari perdagangan dunia. Karena itu pemerintah Indonesia mengirimkan prajurit terbaiknya untuk melakukan sabotase pusat pemerintahan Inggris di Singapura yang tepatnya berada Hotel McDonalds.
Setelah peristiwa pemboman itu terjadi, ternyata Usman dan Harun berhasil ditangkap oleh pihak berwajib of Singapura. Mereka berdua dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung. Pemerintah Indonesia melalui duta besar dan menteri-menterinya bahkan Presiden Soeharto gagal melakukan lobi politik untuk membebaskan Usman dan Harun

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*