UMPAN LARON

Salah satu umpan ikan yang eksotis lainnya yaitu laron. Laron ini sebenarnya adalah rayap. Rayap yang memiliki sayap saat telah memasuki usia matang dan akan bereproduksi serta membentuk koloni baru. Hewan ini tidak bisa ditemui sembarang waktu, karena laron keluar hanya pada awal musim hujan. Tidak sulit mencari laron, karena biasanya mereka akan keluar di malam hari dan berkumpul di sekitar sumber cahaya/ lampu.

        

umpan laron

Nah, laron ini juga digunakan sebagai umpan pancing terutama untuk jenis ikan mujair dan ikan nila. Namun yang menjadi masalah bagi para pemancing adalah waktu keberadaan laron dan waktu memancing. Laron tidak bisa lama-lama disimpan karena dalam dua hari biasanya laron akan segera mati. Untuk memperpanjang umur laron sendiri bisa dicoba dengan cara disimpan dalam sebuah wadah yang di dalamnya disediakan koran basah.
Sekali lagi, Ikan mujair dan ikan nila sangat menyukai laron sebagai makanannya karena di alam liar ikan mujair dan ikan nila juga memakan berbagai macam serangga. Memancing dengan menggunakan umpan laron biasanya sangat menyenangkan karena hasilnya biasanya cukup banyak.
Umpan laron pada pemancingan air tawar dapat menggunakan mata pancing yang kecil saja, cukup nomor 5 atau 6, karena umpan ini cukup rapuh jika terkena gigitan ikan, maka mata pancing yang kecil akan membantu penangkapan ikan lebih mudah karena umpan laron akan langsung ditelan oleh ikan mujair atau nila.  Selain itu, pilihlah mata pancing yang tipis (biasanya merk mata pancing adalah Carbon, dan berwarna biru). Hal ini karena laron sangat rapuh, apalagi yang sudah mati. Jangan hanya gunakan satu laron dalam satu mata pancing, gunakan sebanyak mungkin untuk bisa terpasang pada mata pancing.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*