PELAMPUNG PANCING

Pelampung dalam memancing sangat penting untuk membuat umpan pancing tidak tenggelam jauh ke dasar air. Pelampung pancing sangat beragam, namun dalam garis besar bisa dikelompokkan menjadi dua macam, berdasarkan kegunaannya:

  1. Pelampung pada permukaan air yang tenang
  2. Pelampung pada permukaan air yang berarus atau mengalir
    Namun ada juga yang membagi jenis pelampung pancing berdasarkan bentuk fisiknya:
    pelampung yang gemuk di pangkal dan
  1. pelampung yang gemuk dibagian ujung.
  2.  

Pelampung pada permukaan air yang tenang

pancing melampungPelampung jenis ini dirancaing untuk benar-benar diam di permukaan air. Bentuknya antara lain silinder pendek, silinder panjang atau silinder dengan bagian yang membengkak di dekat pangkal. Pelampung dengan bentuk batang silinder lebih pas dipakai untuk mancing di perairan yang agak beriak sedangkan pelampung yang gemuk di pangkal cocok digunakan manakala riak permukaan air lebih deras. Sedangkan pelampung dengan jarum halus digunakan pada air yang benar-benar tenang sehingga gerakan ikan yang memakan umpan secara “santun” dapat teramati.

 

Pelampung pada permukaan air yang berarus atau mengalir
pelampung pancingPada pelampung jenis ini, dibagian ujungnya justru lebih gemuk ketimbang di pangkal. Pemasangannya juga tidak dengan dijepit timah (pemberat mata kail), melainkan dijepit selang karet (biasanya pentil sepeda) dibagian pangkal dan ujung, sehingga senar utama penempel di sepanjang pelampung.
Bentuk yang agak gemuk diujung namun tetap silindris di pangkal akan lebih terapung di permukaan air, sehingga lebih mudah diamati responnya pada saat umpan disambar ikan. Pemancing yang baru belajar mancing di sungai sebaiknya memilih pelampung jenis ini. Pelampung yang bentuknya agak gemuk di pangkal dan semakin gemuk lagi mendekati ujung hanya cocok untuk mancing di sungai yang dalam, namun airnya mengalir cukup deras. Umpan yang dipakai sebaiknya juga berukuran cukup besar, misal daging keong, kodok, bagian isi perut ayam atau buah pisang.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*