UNIVERSITAS CAMBRIDGE

universitas cambridgeUniversitas Cambridge (bahasa Inggris: Cambridge University; bahasa Latin: Universitas Cantabrigiensis) adalah universitas kedua-tertua dalam dunia bahasa Inggris, dengan persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya.

   Catatan awal sudah tidak tersimpan lagi, namun universitas ini tumbuh dari sebuah perhimpunan sarjana di kota Cambridge, Cambridgeshire, Inggris, kemungkinan dibentuk pada tahun 1209 oleh sarjana yang kabur dari Universitas Oxford setelah bertengkar dengan penduduk kota tersebut.

Universitas Oxford dan Cambridge, sering dijuluki Oxbridge, telah memiliki sejarah kompetisi yang lama satu sama lain, dan dipandang luas sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Britania Raya. Berdasarkan sejarah, mereka telah menghasilkan sejumlah ilmuwan, penulis, dan politisi Britania yang terkenal.

Afiliasi dari Universitas Cambridge telah memenangkan 80 Penghargaan Nobel, lebih banyak dari universitas lain di dunia. Dari 80 pemenang Penghargaan Nobel ini, 70 pernah menghadiri Cambridge sebagai murid prasarjana atau pasca-sarjana, dan bukan sebagai “associate” riset, “fellow” atau profesor (Universita Chicago di urutan ke-2 dalam afiliasi pemenang Penghargaan Nobel, dengan 79 orang, tetapi hanya 30 yang pernah belajar di Universitas Chicago sebagai murid prasarjana atau pasca-sarjana).

Cambridge adalah anggota dari Grup Russell (sebuah jaringan besar, universitas Britania yang berorientasi riset), Grup Coimbra (sebuah perhimpunan universitas terkemuka Eropa), dan LERU (League of European Research Universities, Liga Universitas Riset Eropa). beasiswa universitas cambridge

Universitas Cambridge (bahasa Inggris: Cambridge University; bahasa Latin: Universitas Cantabrigiensis) adalah universitas kedua-tertua dalam dunia bahasa Inggris, dengan persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya.

Catatan awal sudah tidak tersimpan lagi, namun universitas ini tumbuh dari sebuah perhimpunan sarjana di kota Cambridge, Cambridgeshire, Inggris, kemungkinan dibentuk pada tahun 1209 oleh sarjana yang kabur dari Universitas Oxford setelah bertengkar dengan penduduk kota tersebut.

Universitas Oxford dan Cambridge, sering dijuluki Oxbridge, telah memiliki sejarah kompetisi yang lama satu sama lain, dan dipandang luas sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Britania Raya. Berdasarkan sejarah, mereka telah menghasilkan sejumlah ilmuwan, penulis, dan politisi Britania yang terkenal.

Afiliasi dari Universitas Cambridge telah memenangkan 80 Penghargaan Nobel, lebih banyak dari universitas lain di dunia.Dari 80 pemenang Penghargaan Nobel ini, 70 pernah menghadiri Cambridge sebagai murid prasarjana atau pasca-sarjana, dan bukan sebagai “associate” riset, “fellow” atau profesor (Universita Chicago di urutan ke-2 dalam afiliasi pemenang Penghargaan Nobel, dengan 79 orang, tetapi hanya 30 yang pernah belajar di Universitas Chicago sebagai murid prasarjana atau pasca-sarjana).

Cambridge adalah anggota dari Grup Russell (sebuah jaringan besar, universitas Britania yang berorientasi riset), Grup Coimbra (sebuah perhimpunan universitas terkemuka Eropa), dan LERU (League of European Research Universities, Liga Universitas Riset Eropa).
Jumlah mahasiswa di kampus ini mencapai 17.000 orang, dan 3.000 diantaranya adalah mahasiswa internasional. Universitas Cambridge sangat menonjol di bidang matematika. Mahasiswa harus mengikuti ujian masuk jika ingin mengambil jurusan Seni, yang merupakan jurusan andalan di Cambridge. Ada enam sekolah yang ditawarkan, yaitu Seni dan Humaniora, Ilmu Biologi, Klinik Kedokteran, Humaniora dan Ilmu Sosial, Ilmu Fisika, dan Teknologi. Masing-masing jurusan mencakup kelompok fakultas tertentu.

universitas cambridge inggris

Beasiswa
Gates Cambridge Scholarship hadir lagi. Di 2014/2015 ini, beasiswa yang didanai Bill and Melinda Gates Foundation tersebut mencari mahasiswa terbaik dari belahan dunia. Bagi yang terpilih berkesempatan untuk kuliah S2 atau S3 di Universitas Cambride Inggris. Beasiswa prestisius ini mulai dibuka 1 September 2013 hingga 3 Desember 2013.

Seperti tahun lalu, Gates Cambridge Scholarship pada 2014 membuka pendaftaran secara online. Anda bisa mengaksesnya melalui laman www.gatescambridge.org. Jika berhasil terpilih, sejumlah fasilitas menanti. Seperti tanggungan biaya kuliah di Universitas Cambridge, tunjangan hidup sekitar £ 13,300 (poundsterling) per tahun, dan tiket pesawat untuk keberangkatan dan saat kembali. Pihak penyelenggara juga akan mempertimbangkan beberapa bantuan, seperti tunjangan keluarga, tunjangan seminar, dan tunjangan kerja lapangan bagi yang mengambil gelar PhD.

Persyaratan kandidat:
1. Bukan warganegara Inggris
2. Mengajukan salah satu program perkuliahan full-time, seperti gelar PhD (tiga tahun penelitian), MSc atau MLitt (dua tahun penelitian), atau program pascasarjana satu tahun (misalnya MPhil, LLM, MBA, dll)
3. Atau telah menjadi mahasiswa Universitas Cambridge dan ingin mengajukan kuliah pascasarjana yang baru di kampus yang sama. Misalnya, Anda kuliah S2 mengambil gelar MPhil dan Anda mengajukan beasiswa Gates Cambridge untuk mengambil gelar PhD.
4. Atau sudah menjadi penerima beasiswa Gates Cambridge dan ingin mengajukan beasiswa untuk kedua kalinya, dan melalui proses pemeringkatan di fakultas, shortlisting, dan wawancara.

Cara mendaftar:
Pelamar yang ingin mendaftar beasiswa Gates Cambridge harus mendaftarkan diri di program kuliah pascasarjana yang ingin diambil di Universitas Cambridge. Pendaftaran ke universitas maupun beasiswa dilakukan di waktu bersamaan menggunakan paket aplikasi yang sama.

Proses seleksi:
Beasiswa Gates Cambridge 2014/2015 sangat kompetitif dengan sekitar 4.000 pelamar setiap tahun. Seleksi dilakukan empat tahap, yakni:
1. Rangking fakultas: Pelamar dari masing-masing fakultas dirangking berdasarkan prestasi akademik
2. Shortlisting: Panitia Gates Cambridge mereview aplikasi kandidat yang telah dirangking menggunakan kriteria Gates Cambridge dan menempatkannya di daftar peserta interview
3. Interview: Semua kandidat yang masuk dalam daftar shortlist akan mengikuti wawancara
4. Seleksi: Panelis akan memutuskan daftar penerima beasiswa berdasarkan hasil wawancara.

             

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*