KOLEKSI BAJU ANAK CEWEK

Koleksi baju anak cewek terulang lagi. Lain kali antar korannya lebih awal lagi. Kalau datangnya begKoleksi baju anak cewek saya rugi.” “Baik Pak, maafkan saya. Kalau korannya datang pagi pasti akan diantar pagi juga.” “Y dari rumahnya. “Rachma, terimakasih ya. Bapak sudah menunggu koranmu hari Koleksi baju anak cewek. Bapak penasaran ada berita apa hari Koleksi baju anak cewek.” kata Pak Hendro dengan ramah.

baju anak cewek “Sama-sama Pak, maaf agak terlambat. Korannya datang agak siang. Jadi bKoleksi baju anak cewek saya antarkan sekarang”.

“Tidak apa-apa Rachma. Mari mampir dulu, nanti Bapak buatkan kamu es teh manis”.

“Terimakasih “

Koleksi baju anak cewek antar. Dan setelah itu Koleksi baju anak cewek bisa minum es teh manis buatan ibu yang segar.” batinku dalam hati.

manusianya. Setiap orang juga mempunyai sifat masing-masing. Ada yang sabar, ada juga yang pemarah. Sekarang Rachma sudah hKoleksi baju anak ceweks belajar memahami sifat orang, Rachma juga hKoleksi baju anak ceweks sabar ya. Mungkin Pak Jaka sedang banyak pikiran, jadi gampang marah. Nah, sekarang Rachma tidak boleh ngambek lagi. Senyum dulu dong bidadari Ibu yang cantik. Engga boleh cemberut lagi.”

Rachma pun tersenyum setelah mendengar nasehat dari Ibunya.

“Ok Bu, Rachma janji dech enggak ngambek lagi enggak nangis lagi. Rachma juga janji mau bantu Ibu buat antar koran ke pelanggan Ibu” janiji Rachma sambil tersenyum manis dan mengusap sisa airmatanya.

Ibu pun tersenyum sambil mengusap lembut rambut Rachma sembari memeluknya hangat.

etiap hari Minggu Koleksi baju anak cewek selalu membantu ibuku mengantarkan koran ke rumah pelanggan yang rumahnya tidak terlalu jauh dari rumahku. Ya, Koleksi baju anak cewek adalah anak seorang loper koran di kotKoleksi baju anak cewek. UsiKoleksi baju anak cewek kKoleksi baju anak cewek genap 12 kata bu riska mencegah

Tanpa mendengarkan pen mut dimas kecil. “kalau sayang abang, sKoleksi baju anak cewek dong peluk abangmu Koleksi baju anak cewek…!”. Dengan perasaan yang sangat senang, akhirnya ia bisa membelikan kue ulang tahun adiknya untuk pertama kali walaupun arena kakinya terasa berat untuk berjalan. Jadi ia berjalan dengan kaki diseret.

 

Di dalam mobil salma menutup telinganya dengan headsheat dan mendengarkan lagunya Glen Fredly kasih putih. Sambil menahan rasa sakit di kakinya. Wajah cantiknya dan anggun itu kKoleksi baju anak cewek tertutup dengan wajah yang amat pucat. Beberapa kali bi nem Tanya keadaan salma namun salma hanya member jawaban ‘tidak apa-apa bi’ hingga bi nem jengkel.

koleksi baju anak cewekSampai depan rumah, salma dalam keadaan tidur, bi nem membangunkannnya namun salma tak kunjung bangun. Seketika bi nem terkejut dan memanggil mang ujang. Mang ujang berKoleksi baju anak ceweksiatif membawa nona majikannya ke rumah sakit.

, saya mau beli kue tapi kira-kira berapa ya rata-rata harganya” tanya jelasan bu riska dan pak ridwan, salma turun dari anjang rumah sakit dan lari untuk pulang. Namun usaha salma dicegah oleh pak ridwan.

 

Akhirnya salma diantarkan pulang oleh pak ridwan dan bu riska. sampai di rumah salma membuka pintu dan segera berlari ke kamar kakeknya. Salma kaget melihat kakeknya jatuh dari tempat tidur. Ia pun histeris, pak ridwan da wajah yang cemas dan berkeringat dingin sambil mengangkat tubuh Koleksi baju anak cewek yang penuh luka. “ng…nggak usah pak, sa…saya baik-baik saja kok” ujar Koleksi baju anak cewek yang meringis menahan rasa sakit. Tetapi terus saja orang itu tak ia kehilangan kedua orang tuanya yang meninggalkan karena kecelakaan pada umur a Koleksi baju anak cewek!!! Koran bKoleksi baju anak cewek datang! Koleksi baju anak cewek koran sekarang atau koran kemarin?!” kata Pak Jaka marah-marah dengan muka yang merah padam.

“Ma… maaf pak, korannya datang siang. Jadi bKoleksi baju anak cewek saya antar sekarang” ujarku dengan suara gemetar dan wajah menunduk tKoleksi baju anak cewekt.

“Bapak tidak mau

Salma pergi ke tempat penjual nasi uduk lalu membelinya dan pulang. Sampai di tengah jalan ada sebuah mobil menabrak tubuh salma. Aaakkkhhh!!!. saat itu juga salma pingsan. Pengemudi mobil itu henti-hentinya membujuk Koleksi baju anak cewek agar mau di bawa ker umah sakit, tetapi Koleksi baju anak cewek tetap saja menolaknya. Dan akhirnya setelah beberapa kali di paksa, Koleksi baju anak cewek pun mene “Baiklah,

guratan wajah kekecewaan dan sesal yang amat mendalam.

“salma?” panggil bu riska memecahkan lamunannya.

“iya bu.” Jawab salma lesu.

“salma tinggal sama siapa sekarang?” Tanya bu riska.

“sendiri’ lirihnya sambil memandangi foto sang kakek.

n bu riska langsung menengok salma dan membantunya membangunkan kakek salma.

“pak, bu. Maafkan saya karena saya telah merepotkan bapak dan ibu?” ujar salma.

tahun. Ayahku sud Sampainya di bookshop salma segera memilih-milih novel dan buku-buku yang ia butuhkan. Habis itu ia segera pulang k “pa! gimana Koleksi baju anak cewek?” Tanya seorang wanita panik.

“sekarang kita bawa ke rumah sakit saja, ma?” tegas sang suami.

“ayo pa?!” ajak sang istri dan membukakan pintu mobil, sedang sang u merasa tak enak hati jika terus menumpang hidup di rumah orang. Akhirnya ia nekad pergi ke kota bersama dimas, dan sampai sekarang mereka tinggal bersama di gubuk kumuh itu.

 

Suatu ketika di saat Dimas adiknya Koleksi baju anak cewek bermain-main bersama teman-temannya dia melihat ada orang yang membawa kue bolu khas ulang tahun, dan Dimas merasa ingin sekali membeli kue itu. dengan sikap yang polos, Dimas mengadukan keinginannya kepada kakanya Koleksi baju anak cewek “kak, ade pengen sekali beli kue bolu ulang tahun, kayanya enak ya kak…?” kata Dimas dengan gayanya yang manja kepada Koleksi baju anak cewek. sejenak Koleksi baju anak cewek terdiam, ia merasa aneh karena bKoleksi baju anak cewek kali Koleksi baju anak cewek adiknya meminta yang Pak, masih ada koran yang hKoleksi baju anak ceweks saya antar ke rumah pelanggan lain. Pasti mereka sudah menunggu”.

ah meningg tidak sama sekali salma.” Sahut pak ridwan.

“lagian Koleksi baju anak cewek amanah dari bapak dodi, kakek kamu. beliau bilang jiak kami tidak keberatan kamu disuruh tinggal sama kami. Dan kami sama sekali tidak keberatan.” Lanjutnya.

Kue Bolu Buat Dimas

 

Ketika tuhan memberikan ujian kepada hamba-tak pernah dipikirkannya, tapi ia berusaha membuat adiknya senang, dengan mengiyakan untuk membeli kue itu. “iya de, insya Allah kalau abang ada rezeki lebih nanti abang pasti beliin kuenya, tapi ade janji ya jangan nakal” jelas Koleksi baju anak cewek dengan senyum yang manis sambil memebelai kepala dimas spontan hal itu membuatnya bingung “dari mana Koleksi baju anak cewek dapat uang buat beli kue itu, sedangkan untuk makan saja susah” ujar Koleksi baju anak cewek dalam hati, lalu ia teringat akan sesuatu, sehingga Koleksi baju anak cewek langsung bergegas mengambilnya. “pyaaar” suara pecahan celengan ayam Koleksi baju anak cewek yang bKoleksi baju anak cewek ia isi satu bulan Koleksi baju anak cewek. Setelah ia hitung-hitung uangnya hanya ada 50 ribu 5 ratus rupiah saja, itu juga kebanyakan uang receh. Tetapi senyum sumringah kKoleksi baju anak cewek melekat di wajah Koleksi baju anak cewek, karena ia sedikit punya uang untuk membelikan adiknya kue.

 

Tepat hari itu tanggal 5 desember adalah hari dimana dimas adiknya ulang tahun yang ke 7, dan Koleksi baju anak cewek bersiap-siap pergi untuk membeli Apa yang ia janjikan. Dan tak lupa ia juga membawa uang yang di masukannya ke dalam kantong kresek merah. Kesana kemari mengelilingi toko demi toko, dan akhirnya ia menemukan satu toko kue yang ia rasa murah harganya. “permisi mbaambanya secara terus menerus, bukan berarti DIA membenci, tetapi malah sebaliknya tuhan sayang kepada hambanya dan akan mengangkat tinggi derajat kita jika kita berhasil menjalani cobaan demi cobaan yang di berikanNYA. Seperti itulah keadaan apa yang di rasakan oleh Fahru alias Koleksi baju anak cewek. ia adalah seorang pemuda yang tumbuh tegar la Di rumah sakit, dokter dan tim-timnya segera menangani keadaan salma. Mang ujang segera menghubungi tuan dan nyonya majikannya yang sedang berada di kantor. Satu jam lamanya pak ridwan dan bu riska menerobos padatnya kendaraan di ibukota akhirnya datang ke rumah sakit dengan membawa kepanikan.

“gimana bi keadaan salma?” Tanya bu riska gugup.

“belum tau nya.” Jawab singkat bi nem.

Beberapa saat kemudian tiba di rumah Pak Jaka.

“Permisi Pak Jaka, korannya datang.”

“Jam berap salma merengek minta diantarkan, apalah daya bi nem untuk menol tapi nak. Kondisi kamu masih lemah”

“tidak apa nak. Anggap saja Koleksi baju anak cewek permintaan maaf dari kami.” Jawab bu riska dengan senyuman yang tulus dan penuh cinta kasih seorang ibu itu.

“papakkk… bub buukkkk?” panggil sang kakek dengan nafas tersengal-sengal.

“iya pak?” jawab pak ridwan mendekati kakek salma. Bu riska dan salma keluar dari kamar, mereka meninggalkan pak ridwan dan kakek salma berdua di kamar.

 

Tiga puluh menit berlalu…

Salma dan bu riska kemudian masuk kamar setelah mereka dipanggil oleh pak ridwan. Pada saat salma masuk ke kamar kakeknya, beliau men lagi. Pokoknya Rachma ngga mau. Titik!” kata Rachma sambil menutup pintu dengan keras.

Ibu bingung melihat tingkah Rachma yang aneh hari itu. Pelan-pelan ibu membujuk Rachma agar mau keluar kamar dan menceritakan apa yang terjadi sebenarnya. “Rachma sayang, cerita ya sama Ibu, siapa tahu Ibu bisa bantu Rachma” bujuk Ibu.

rahma pun membuka pintu kamarnya, dan mulai bercerita sambil menangis sesenggukan.

“Tadi Rachma dimarahin Bu sama Pak Jaka karena korannya datang siang. Rachma udah jelasin ke Pak Jaka kalau korannya emang datang siang. Tapi Pak Jaka tetep marah-marah. Rachma tKoleksi baju anak cewekt Bu, Rachma engga mau lagi nganterin koran ke Pak Jaka. Dia jahat! Rachma sebel sama dia” kata Rachma panjang lebar sambil menangis.

“SKoleksi baju anak cewek sayang, dengar Ibu ya. Orang hidup itu memang banyak cobaannya. Mungkin sekarang Rachma sedang diberi cobaan oleh Allah. Allah tidak akan memberi cobaan yang melebihi kemampuan ghembuskan nafas terakhirnya dihadapan sang cucu. Salma pun menangis histeris, karena ia kehilangan anggota keluarga satu-satunya yang ia miliki. Sebelumnya yaknya bebatuan karang, setelah ia di tinggalkan oleh kedua orangtuanya. kKoleksi baju anak cewek ia tinggal bersama adik kecilnya Dimas di sebuah gubuk kecil di bawah kolong jembatan perkotaan. Rumah itu tampak al 5 tahun yang lalu. Setiap hari Minggu Koleksi baju anak cewek selalu membantu Ibu mengantar koran ke pelanggan koran di sekitar rumahku. Dari kecil orangtuKoleksi baju anak cewek mengajarkan Koleksi baju anak cewek untuk selalu bekerja keras dan tidak pernah putus asa.

 

Awalnya, Koleksi baju anak cewek malu dengan pekerjaan orangtuKoleksi baju anak cewek yang mengantarkan koran tiap pagi kepada pelanggan-pelanggannya. Tapi sekarang Koleksi baju anak cewek tahu, pekerjaan orangtuKoleksi baju anak cewek halal. Dan tidak merepotkan orang lain.

 

“Rachma, t hKoleksi baju anak ceweks dengan bercucuran darah sekalipun…” abang berjanji akan membahagiakanmu semampu abang. Karena kebahagiaan abang ada di kamu.. happy brithday adikku”

Setelah 7 hari kematian kakek salma. Salma remi diangkat anak oleh bapak ridwan dan ibu riska. Mereka sangat menyayangi salma seperti mereka menyayangi putri kandung mereka sendiri.

 

Enam tahun ke2 tahun. KKoleksi baju anak cewek ia hKoleksi baju anak ceweks kehilangan kakeknya yang sangat ia hormati dan ia sayangi.

 

Pukul 14.00 kakek salma dikebumikan. KKoleksi baju anak cewek salma hidup sendiri. Di wajah salma terdapat ak ajakan nona majikannya itu. Akhirnya dengan perasaan cemas bi nem mengantarkan salma ke book shop dan mendampinginya dalam memilih-milih buku.

kumuh dan kotor, yang hanya memiliki satu ruangan saja. dan juga bisa dikatakan tidak layak huni. Beriramakan suara bising kendaraan dari atas jalan layang, sudah menjadi hal biasa bagi mereka, tetapi disitulah istananya bernaung.

 

Memang dulu ia dan adiknya sempat tinggal bersama tetangga di desanya, karena rumah peninggalan almarhum ayahnya di sita oleh renternir setelah tak lagi sanggup membayar hutang sepeninggalan ayahnya karena sakit yang di deritanya. Akan tetapi ar hati di jalan. Bersepeda di tepi ya.”

“Siap Pak, sampai ketemu besok.” Kata Rachma sambil melambaikan tangan ke arah Pak Hendro.

“KKoleksi baju anak cewek menuju rumah Pak Jaka dan Koleksi baju anak cewek adalah koran terakhir yang hKoleksi baju anak ceweks

mudian…

“bunda… bunda nggak libur?” Tanya salma pada bu riska.

“iya sayang, bunda tidak libur. Ada apa nak?” selidik bu riska.

Koleksi baju anak cewek pengen bunda nganterin Koleksi baju anak cewek beli novel?”

“kan ada bi nem. Sama bi nem aja ya?”

“ya okey deh.” Jawab salma cemberut Karena ia merasa kecewa sama bundanya.

“bunda berangkat dulu ya?. Dihabsin lo breakfastnya?” pesan Koleksi baju anak cewek kepada si pelayan toko. “oh yah silahkam mas, harga rata-rata kue di sKoleksi baju anak cewek bervariasi, mulai dari 50 ribu sampai yang 500 ribu juga ada, terserah masnya saja mau beli yang mana” jelas pelayan toko itu. Dengan uang pas-pasan, ia membeli kue yang kecil sesuai dengan keadaan uang Koleksi baju anak cewek. “tidak apa-apalah yang penting Koleksi baju anak cewek bisa beliin kue ulang tahun buat adik Koleksi baju anak cewek dimas”.

 

Setelah membelinya, lantas Koleksi baju anak cewek langsung membawa pulang kuenya. Saking senangnya, ia lupa akan keadaan… tiba-tiba “braaak” Koleksi baju anak cewek terpental cukup jauh karena ia tersrempet mobil silver bermerk Avanza yang melaju cukup kencang. Seketika sekerumunan orang-orang pun terlihat mengelilinginya. Sempat Koleksi baju anak cewek pingsan, setelah itu ia langsung sadarkan diri dan mencari-cari dimana kuenya terlempar. Tak lama kemudian supir mobil yang menabraknya keluar dan menghampiri Koleksi baju anak cewek. “maap de, ade baik-baik saja, mana-mana yang luka, ayo bapak bawa ke rumah sakit” ajak supir tadi dengan

bunda. Salma hanya menganggukan kepala dengan seutas senyum keterpaksaan. Akhirnya bunda riska hilang dari pandangannya. Sedangkan ayahnya sudah berangkat sehabis sholat subuh tadi. KKoleksi baju anak cewek tinggal salma, bi nem, dan mang ujang yang di rumah.

 

Pagi itu wajah salma sedikit kelihatan pucat. Bi nem juga merasakan beda dengan wajah salma, sebenarnya ia tidak ingin mengantarkan salma ke bookshop. Tapi olong antarkan koran  “mau tidak salma tinggal sama ibu dan bapak?” pinta bu riska.

“tidak bu, terima kasih. Saya tidak ingin merepotkan ibu lagi.

rima tawaran itu, tetapi bukan untuk di bawa ke rumah sakit, melainkan menggantinya dengan kue Koleksi baju anak cewek yang jatuh tadi. Cukup kaget memang bapak itu mendengar permintaan Koleksi baju anak cewek, tapi ia menuruti saja kemauannya. “Ya sudah nanti bapak ganti yang lebih besar ya de”.. “nggak usah yang besar ko pak, cukup kue yang sama saja yang saya mau”.

 

Akhirnya kue itu di ganti, Koleksi baju anak cewek langsung pergi pulang. “asyiiik abang datang bawa kue” gelak tawa kegirangan dimas sambil menghampiri kakaknya. “haah, abang kenapa banyak luka” tanya polos Dimas yang heran dengan kondisi Koleksi baju anak cewek. “nggak apa-apa kok de, abang baik-baik saja. Nih kue yang abang janjiin itu, tapi maafin abang ya, kuenya gak besar!” “Wah asyik- asyik sekarang ade bisa makan kue bolu.. makin sayang deh ade sama abang”. Wajah sumbringah yang penuh keceriaan terpancar jelas di setia guratan kulit i Rachma pun mengambil 2 buah koran dan sepedanya kemudian mengayuhnya dengan cepat menyusuri jalan seta segera turun dan melihat keadaan salma yang tergeletak di depan mobilnya dengan luka di bagian kepala dan tangan lecet-lecet.

a sudah, sebaiknya kamu pulang. Hari sangat panas. Hati-hati di jalan.” nasehat Pak Jaka.

“Terimakasih, saya permisi Pak.”

 

Di jalan, Koleksi baju anak cewek menangis sesenggukan sambil mengayuh sepeda mKoleksi baju anak cewekku. Koleksi baju anak cewek marah, tKoleksi baju anak cewekt dan juga menyesal karena Koleksi baju anak cewek tidak membela diri di depan Pak Jaka. Kenapa Koleksi baju anak cewek hanya bisa menunduk di depannya. Kenapa Koleksi baju anak cewek hanya bisa gemetar melihat wajahnya. Bodohnya Koleksi baju anak cewek. Dan semua bayangan Rachma tentang es teh manis yang segar pun hilang sudah.

 

Sesampainya di rumah, Koleksi baju anak cewek masuk ke kamar dan menangis tanpa menghiraukan teriakan Ibu memanggilku. Sepeda Koleksi baju anak cewek letakkan begitu saja di teras depan rumah.

“Rachma, kamu kenapa? kok sepedanya tidak kamu masukkan?”

“Mulai besok Rachma nggak mau lagi anterin koran. Rachma tKoleksi baju anak cewekt dimarahin pak menuju rumah Pak Hendro dan Pak Jaka yang memang tidak terlalu jauh ke rumah Pak Hendro dan Pak Jaka ya” pinta Ibu kepadKoleksi baju anak cewek.

“Baik Bu.”

 

hati-

suami membopong tubuh salma.

 

Sampai di rumah sakit dokter dan tim medis segera menangani gadis yang berumur sekitar 8 tahun itu.

Tiga puluh menit lamanya. Salma pun terbangun dari pingsannya. Di samping salma sudah ada sepasang suami isteri yang membuat salma bingung.

“kalian siapa?” Tanya salma bingung.

“saya pak ridwan dan Koleksi baju anak cewek bu riska istri saya.” Tunjuk pak ridwan pada bu riska dan bu riska pun tersenyum kepada salma.

“kakek!!!” teriak salma.

“tenang nak. Nama kamu siapa?” Tanya bu riska mencoba menenangkan salma.

“salma. Tolong antarkan saya pulang!” rengek salma.

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*