Pensiunan PNS Juga Bayar Iuran BPJS Kesehatan

antri daftar bpjsLiputan6.com, Jakarta : Tak hanya yang masih aktif bekerja, bahkan pensiunan pun selama dia menjadi warga negara Indonesia wajib membayar iuran BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan setiap bulan. Begitu dikatakan Kepala Departemen Hubungan Masyarakat BPJS, Irfan Humaidi saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (3/1/2014). Menurutnya, program jaminan kesehatan ini memang pada dasarnya dikelola berdasarkan iuran yang dibayarkan peserta BPJS dengan prinsip gotong royong, sehingga pensiunan pun selama dia hidup, tetap membayar iuran.

“Untuk pekerja penerima upah, sewaktu ia aktif, iuran dibayar oleh pemberi kerja dan setelah pensiun yang bayar yang bersangkutan. Atau bila uang pensiunnya nggak besar, bisa membayar iuran yang paling rendah,” kata Irfan.

Dibandingkan dengan asuransi komersial masih lebih besar manfaatnya. Mengapa? karena menurutnya, di asuransi komersial, pembayaran premi antara seseorang berusia 35 dan 80 tahun tentu bebeda. Dan jarang ada asuransi yang mau menanggung pensiunan dengan banyak riwayat penyakit dengan besaran premi hanya Rp 59.500.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*