WORDADS BAGI BLOGGER WORDPRESS.COM

MENGAPA MEMILIH WORDADS

Kisah penulisan artikel ini bermula ketika teman-teman sesama blogger mulai penasaran dengan kemunculan iklan di wordpress gratisan (dot) com. Semula kemunculan WordAds ini masih dianggap ‘terlalu jauh’ bagi para blogger yang berhosting di wordpress.com, maklumlah, selama ini wordpress sudah dicap sebagai blog yang ‘pelit’ karena tidak memperkenankan script-script adsense  jenis apapun bergentayangan pada setiap blog yang dipinjamkannya.

WORDADSNamun, perlahan wordpress.com mulai memberikan celah kepada para penggunanya untuk bisa menghasilkan dollar dari blog yang mereka tulis. WordPress. com dalam hal ini dioperatori oleh Automattic memberikan kesempatan kepada para blogger wordpress yang mempunyai komitmen dan konsisten dalam mengisi blognya. Kesempatan emas itu adalah dengan menjadikan blog mereka itu menjadi rekan bisnis mereka; The WordAds Publisher.

Kesempatan emas ini tidak bisa dimiliki oleh semua blogger wordpress. Hanya blog-blog tertentu dan yang mempunyai kriteria tertentu sajalah yang dipilih oleh automattic.

Apa saja kriteria tersebut:

  1. Blog tersebut mempunyai custom domain alias TLD (tidak mempunyai ujung .wordpress.com)
  2. Blog tersebut mempunyai traffik yang baik dengan pengunjung setidaknya 1000 sehari
  3. Blog tersebut rajin diupdate oleh pemiliknya
  4. Umur blog tersebut sudah lumayan tua (saya tidak mempunyai patokan lama itu berapa lama, tetapibeberapa blog wordpress teman saya yang berusia > 5 tahun telah terpasang wordads)

Walau itu adalah persyaratan yang diberikan oleh automattic, masih banyak sekali pengecualian-pengecualian yang mereka berikan seperti halnya pada blog saya ini, apa itu?

OPTIMALISASI WORDPRESS.COM

Semakin lama semakin banyak saja yang mengakui adanya ‘keanehan’ dalam pemilihan kriteria blog wordpress yang menjadi WordAds Publisher. Salah satunya adalah blog saya ini.

Blog klikharry.wordpress.com adalah sebuah blog yang turut serta meramaikan huru hara dan hiruk pikuk para blogger wordpress tahun 2006-2007-2008. Pada masa itu para blogger wordpress benar-benar mendedikasikan blog mereka untuk tulisan-tulisan yang berbobot, yang isinya sedikit menyentil walau kadang ada juga yang ekstrem. Pada masa itu pengguna wordpress.com terus bertambah, dan saya akui, ngeblog di blog wordpress jauh lebih asyik dibandingkan dengan multiply dan blogspot. Namun, seiring waktu, satu demi satu pengguna wordpress.com meninggalkan blog mereka, ada yang ditinggalkan begitu saja, seperti layaknya rumah hantu tak bertuan. Sebaliknya, ada juga yang benar-benar terhapus atau dihapus oleh penulisnya, hilang tak berbekas, bahkan dari pencarian google. Sebagian lagi, justru beralih ke platform blogspot karena kelebihannya yang memperkenankan para bloggernya untuk memasang script iklan sendiri dan bisa menjadi alternatif sumber penghasilan bagi yang benar-benar fokus dalam dunia blogging.

Mari kita bandingkan kedua blog berikut, (nb: kedua blog berbahasa Indonesia)

  1. blogsaya.wordpress.com dengan pagerank 4 dan alexa 600.000an, dan
  2. blogsaya.blogspot.com dengan pagerank 3 dan alexa 1.000.000an

Menurut saya, blog kedua dengan domain blogspot jauh lebih menjanjikan, mengapa? Kita bisa mengoptimasi desain dan script semau kita! Setidaknya itulah yang diinginkan para blogger.

Pemikirannya simpel saja, yang kita inginkan hanyalah reward atas jerih payah kita dalam menulis.

Selain itu, karena semakin terbukanya peluang mengais uang di internet, maka para pengguna blogspot cenderung bertambah semangat, sebaliknya, para pengguna wordpress makin mati gaya (seperti saya), hingga akhirnya saya menelantarkan blog saya ini untuk beberapa tahun (walau ketika itu blog saya sudah mempunyai pagerank 4).

Di akhir tahun 2011, wordpress.com dengan tim automatic-nya memperkenalkan WordAds, suatu nama iklan yang bekerjasama dengan wordpress.com yang tujuannya memberikan peluang bagi para pengguna wordpress.com untuk mendapatkan uang dari blognya. Akhirnya, apa yang saya harapkan dari wordpress sejak beberapa tahun yang lalu menjadi kenyataan). Tak lama kemudian saya mendapatkan email dari wordpress yang mengatakan bahwa aplikasi WordAds saya diterima dan plugin WordAds sudah ada di dashboard wordpress gratisan saya.

Nah, kembali ke cerita awal tentang keanehan pemilihan blog tadi, saat aplikasi saya di-approve, wordpress saya ini masih nonTLD, http://klikharry.wordpress.com, dengan alexa 6.000.000 dan pagerank 3 dan jumlah pengunjung < 100 orang/hari. Beda sekali dengan persyaratan yang dikeluarkan oleh wordpress ketika itu.

Keanehan berikutnya pada salah satu blog teman kita yang memberikan komentar di artikel saya sebelumnya:

gan, syarat2nya berat banget yaa, tapi ane seneng banget gan ternyata blog ane yang masih baru (umurnya sekitar 2bulanan) terus pengunjungnya juga rata2 10/hari eh ternyata bisa diterima wordadsnya. alhamdulillah banget, cuma share aja gan biar user laen yang mau ngajuin wordads biar ga minder, mungkin ditinjau juga orisinalitas post sama update yang sering mungkin yaa.(bisakimia.com)

Melihat keanehan tersebut, saya menulis artikel ini untuk menarik minat-minat teman-teman saya pengguna wordpress untuk sekedar mencoba mengirimkan blog kita, siapa tahu menarik minat mereka untuk memasang iklan pada blog wordpress gratisan kita.

PENGALAMAN WORDADS

Kali ini saya akan membagi pengalaman saya setelah beberapa bulan menggunakan WordAds. Apa yang saya tulis dibawah ini hanyalah berdasarkan pengalaman semata, bukan berdasarkan laporan maupun artikel resmi dari pihak WordAds. Untuk itu, saya akan terlebih dahulu mengutip tulisan seorang teman kita yang membagi pengalaman earningnya bersama WordAds.

 

As an experiment, I’ve been running WordAds on this blog for one month, and managed to earn a stonking $5.26.In April the site had 9,744 views (average of 325 per day). May got off to a stronger start, with 2,570 views already (average: 428 per day), so between April 5th and May 5th I’ve had around 10,000 views. WordPress don’t give me any details about impressions, clickthroughs or any of that stuff, but I think it’s fairly standard practice for ad networks to keep site owners in the dark.

Sumber :http://halfblog.net/2012/05/07/one-month-of-wordads-5-dollars/

Dari statistik yang dipaparkannya, dapat ditarik rata-rata bahwa per 10,000 kunjungan maka kita bisa mendapatkan kurang lebih $5.

Membaca share teman kita yang berasal dari luar negeri sana membuat saya semakin bersemangat dan dalam satu bulan blog saya bisa mencapai lebih dari 10,000 kunjungan. Namun, penghasilan yang saya dapatkan ternyata meleset. Saya hanya berhasil mendapatkan $1,22.

Membaca hasil yang sangat-sangat mengecewakan ini, akhirnya saya mencoba mencari jawabnya di internet sehingga saya menemukan kicauan dari om kicau di forum wordpress ini.  Ternyata,  aturan main yang diterapkan untuk pengunjung AS dan Eropa beda dengan yang di Indonesia. Untuk blog berbahasa Inggris mempunyai earn yang lebih tinggi  dibandingkan dengan blog berbahasa Indonesia.

Jadi, kalo Blog inggris itu sekitar $5 per 10,000 pageview, maka untuk Blog berbahasa Indonesia hanya $1 per 10,000 pageview. 

Di artikel kali ini, saya ingin meluruskan beberapa komentar yang saya temukan di adsense-id.

mgkn dia bayar, kan emang ada fiturnya untuk bisa pasang iklan di wp.com. asalkan bayar dulu

Yup benar sekali, advertiser harus membayar untuk bisa memasang iklan di wordpress.com,  dan blog mereka yang diterima sebagai wordads publisher dengan embel-embel wordpress.com dibelakangnya berhak mendapatkan bayaran untuk setiap iklan yang muncul tersebut.

iya bayar ke wordpressnya. klo gak salah untuk menghilangkan ads di site wp.com, harus bayar $30/year. klo sampean pny site wp.com, sampean cek aja di fitur store yg ada di wp-admin

Sejak adanya wordads, iklan yang hilang timbul atau muncul tiba-tiba tanpa persetujuan yang punya blog sekarang sudah tidak perkenankan lagi. Semuanya sudah dialihkan ke wordads, dan kita diberi hak penuh untuk menampilkan ataupun tidak menampilkan iklan tersebut.

wordads visitor show

Dari dulu ada iklannya om. mau bayar atau kagak tetep ada iklannya. Cuma iklannya kadang muncul kadang enggak. Kalau login wordpress dan sering buka itu site sepertinya bakalan jarang liat iklan. Iklan tampil biasanya kalau tidak login wordpress dan bukanya dari search engine serta pertama kali buka.

Iklan yang berasal dari Wordads akan muncul terus di artikel yang bersangkutan selama artikel tersebut mempunyai keyword yang tidak melanggar TOS WordAds.

Inilah screenshot penghasilan wordads selama dua bulan, di sini saya membandingkan kedua penghasilan wordads jika menggunakan bahasa inggris dan jika menggunakan bahasa indonesia.

statistik juni statistik juli

Dan mari kita lihat berapa yang saya dapatkan:

penghasilan wordads

Jika kita fokus dengan konten bahasa inggris, walau visitor lebih sedikit, namun hasil yang kita dapatkan bisa jauh lebih besar jika dibandingkan saat kita mengisi blog kita dengan konten berbahasa indonesia. Namun tak dapat dipungkiri, jika kita fokus dengan konten bahasa inggris, maka kita harus siap berkompetisi, sebaliknya, dengan konten berbahasa indonesia, peluang kita mendapatkan visitor dalam jumlah besar masih sangat mudah.

Pilih mana?

High traffic-less income or low traffic-high income

Sumber: klikharry.com

Loading...

9 Comments

  1. kayaknya atau formalnya gak bisa, soalnya wordpress belum mendukung subdomain. Mungkin bisa, tapi langsung ke advertisernya,siapa tahu bisa (wordads.co)

    • memang iklan wordads sedikit gan, beberapa justru terlihat menggunakan smartphone, coba buka menggunakan smartphone

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*