LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS.COM

Langkah-langkah membuat blog di wordpress.com sebenarnya tidak banyak, yang harus kamu lakukan pertama kali adalah masuk ke http://id.wordpress.com. Setelah terbuka maka akan terlihat gambar seperti ini:

1. Get Started/ Mulailangkah-langkah membuat blog di wordpress

Kamu langsung klik get started (sign up and start publishing now), atau kamu bisa langsung klik disini

2.  Langkah-langkah membuat blog di wordpress.com selanjutnya: isi keterangan.

Kamu akan diminta untuk mengisi alamat email kamu, username dan password yang diinginkan. Nah, kamu juga akan diminta untuk mengisi alamat blog kamu. Kumcer sarankan untuk memilih nama blog yang sesuai dengan nama kamu. Misalnya nama kamu adalah Harry, maka kamu bisa menambahin sedikit menjadi klikharry.wordpress.com, atau Tasya menjadi Tasyaku.wordpress.com, bahkan ada juga yang namanya Iwan Banaran, kemudian nama blognya menjadi iwanbanaran.wordpress.com. Hal yang paling penting adalah berilah nama blog kamu dengan nama yang mudah untuk diingat.

  • Alamat email: isi dengan alamat email kamu
  • Nama pengguna: Gunakan nama Anda atau variasi nama kamu, ini untuk user name ketika login ke dashboard WP
  • Password: isi dengan password yang kuat dan mudah kamu ingat
  • Alamat blog: Pilih alamat untuk blog Anda, misalnya “kumcer.wordpress.com”
  • Setelah semua kolom telah diisi, klik tombol “Buat Blog” yang ada di bagian bawah.

langkah-langkah membuat blog di wordpress 2

Setelah semua ok, teruskan kursor ke bawah, dan klik buat blog. Jangan memilih program yang berbayar terlebih dahulu, karena dengan yang gratisan sebenarnya sudah cukup puas kok.

Setelah kamu melakukan klik tersebut, maka akan keluar tampilan berikut:

langkah-langkah membuat blog di wordpress 3

3. Verifikasi

Langkah-langkah membuat blog di wordpress.com selanjutnya kamu membuka email kamu dan melakukan klik verifikasi:

langkah-langkah membuat blog di wordpress 4

4. Judul, Slogan dan Bahasa

ketika kamu sudah mengaktivasi blog idaman kamu, maka sekarang kamu akan otomatis kembali ke halaman wordpress tadi, masukkan Judul Blog, Slogan blog sobat, dan Jenis Bahasa kemudian klik Next Step.

langkah-langkah membuat blog di wordpress 5

5. Memilih tema

Setelah di klik, maka langkah selanjutnya adalah menentukan desain blog yang kamu suka, silahkan pilih tema mana yang kamu anggap paling keren dan paling bagus. Jika udah ketemu, maka klik next step/langkah berikutnya—>

langkah-langkah membuat blog di wordpress 6

6. Koneksi akun

Langkah-langkah membuat blog di wordpress.com selanjutnya adalah kamu akan diminta untuk mengkoneksikan akun twitter dan facebook kamu, tujuannya biar pembaca blog kamu bisa lebih banyak lagi. Tidak mengapa jika kamu ingin melewatkan ini, maka klik next step/langkah berikutnya—>

langkah-langkah membuat blog di wordpress 7

Pada Step Selanjutnya, kamu sudah bisa memulai membuat Postingan awal berupa Teks, Photo, Video, Link dan jika tidak silahkan klik Finished. disini ane coba membuat postingan awal dengan mengklik menu Teks. J

langkah-langkah membuat blog di wordpress 8

7. Masuk ke dashboard

Tahap terakhir adalah masuk ke dalam dashboard blog kamu, untuk masuk ke dashboard, kamu arahkan kursor mouse ke bagian gambar kanan atas maka akan keluar lambang wordpress (W), kemudian kamu klik lambang tersebut untuk masuk ke dashboard.

langkah-langkah membuat blog di wordpress 9

Dan Langkah membuat blog di wordpress.com terakhir adalah masuk ke bagian dashboard yang gambarnya seperti ini, kalo kamu bingung bagaimana caranya masuk ke dashboard, kamu ketik http://<namablogkamu>wordpress.com/wp-admin, untuk log in

langkah-langkah membuat blog di wordpress 10

Oke, kalau sudah sampai di sini, Selamat kamu telah berhasil membuat Blog Baru di WordPress.com.  Setelah blog tersebut aktif, WordPress akan membawa kamu ke halaman dashboard atau halaman administrasi blog. Kamu sudah bisa memulai membuat tulisan baru (Add Post), membuat halaman baru (Add New Page) seperti Tentang Saya, Hubungi Saya, dan sebagainya.

8. Log in

Jika kamu sudah sign out maka kamu cukup ketikkan http://<namablogkamu>wordpress.com/wp-admin, dan silahkan login dengan Username dan Password kamu.

langkah-langkah membuat blog di wordpress 11

Ok.. itulah langkah-langkah membuat blog di wordpress.com, selamat mencoba ^^ 

 

DASHBOARD WODPRESS

1. Pengaturan Blog WP

Untuk membuat pengaturan di blog WordPress, kamu bisa melakukannya di dalam dashboard WP kamu dengan membuka tombol link “Pengaturan“. Pada bagian pengaturan terdapat sub-sub kategori pengaturan yang akan kamu edit. Menurut saya, yang paling penting pada bagian ini adalah pengaturan; umum, menulis, membaca, diskusi,  Berikut ini penjelasan singkatnya:

  • Umum: Pada bagian ini kamu bisa mengganti judul blog dengan judul yang sesuai dengan keinginan, dan juga menambahkan tagline untuk blog kamu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa pengaturan lainnya di halaman ini, misalnya menambahkan ikon untuk blo, mengganti format tanggal dan waktu. Jangan lupa untuk menyimpan perubahaan yang kamu lakukan.
  • Menulis: Pada bagian ini kamu bisa membuat pengaturan tulisan, memilih kategori tulisan stkamur.
  • Membaca: Di sini kamu bisa mengatur tulisan yang ditampilkan pada halaman utama blog kamu. kamu bisa membuat halaman statis ataupun dinamis, tapi saran saya karena ini adalah blog maka akan lebih baik bila kamu menampikan halaman dinamis. Pada halaman ini kamu juga bisa menentukan jumlah artikel yang tampil di halaman utama, dan lain-lain. Bila kamu tidak menginginkan hal khusus, biarkan saja settingan di halaman ini secara default.
  • Diskusi – Di sini kamu bisa mengatur bagaimana orang lain bisa berkomentar di blog kamu. Jika kamu tidak menginginkan hal yang khusus, sebaiknya biarkan saja settingan default pada halaman ini.

2. Desain Blog WP

kamu juga bisa mengganti Themes dan menambahkan widget untuk Blog WordPress kamu. Mengatur themes dan widget dapat membuat blog WP terlihat lebih baik dan sesuai dengan keinginan pelmilik blog. Buka tombol link “Tampilan” yang ada di dashboard blog wordpress kamu. Menurut saya bagian yang paling penting di sini adalah Tema, Widget, Menu. Berikut penjelasan singkatnya:

  • Tema: Pada bagian ini kamu bisa memilih theme/ tema yang sesuai dengan keinginan kamu. Di WordPress.com ada banyak sekali tema gratisan dengan tampilan yang bagus. Perhatikan, jangan sampai memilih theme premium, pilih saja tema gratisan.
  • Widget: Di sini kamu bisa menambahkan beberapa widet yang kamu inginkan yang akan terlihat di bagian side bar blog WordPress kamu. Perhatikan, jangan terlalu banyak memasukkan widget akan mempengaruhi kecepatan loading blog kamu.
  • Menu: kamu bisa menambahkan beberapa link untuk menu melalui halaman ini. Misalnya kamu ingin membuat halaman about, halaman kontak, privacy policy, dan lain-lain, kamu bisa membuatnya di halaman ini.

3. Posting Konten di WordPress

Langkah selanjutnya adalah membuat postingan artikel. Untuk memposting artikel atau konten lainnya, bisa melalui tombol link “Tulisan”. Perhatikan link yang ada di dashboard kamu:

  • Semua Tulisan: ini adalah link untuk melihat semua postingan artikel yang ada di blog kamu.
  • Tambah Baru: ini adalah link untuk membuat postingan/ konten baru di dalam blog kamu.
  • Kategori: ini adalah link untuk melihat atau menambahkan kategori baru di blog wordpress kamu.

Untuk membuat postingan di WordPress.com menurut saya sangat mudah, bahkan jauh lebih mudah dibandingkan dengan platform lain. Yang perlu kamu perhatikan pada halaman membuat konten adalah sebagai berikut:

  • Judul konten: Buat judul yang sesuai dengan konten.
  • Halaman konten: kamu bisa menambahkan konten berbentuk text (artikel), gambar, dan video di halaman ini.
  • Menu formating: Perhatikan menu formating yang ada di halaman kerja WordPress. kamu bisa menambahkan link, mengatur text, mengganti warna text, menambah gambar dan video, dan lain-lain.
  • Kategori dan Tag: Jangan lupa untuk membuat kategori dan tag untuk setiap konten kamu. Ini akan memudahkan kamu dan pembaca blog kamu untuk melihat konten dengan kategori atau tag tertentu.
  • Jika kamu sudah yakin dengan konten kamu, silahkan klik tombol “Terbitkan” yang ada di sebelah kanan halaman kerja WordPress.
Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*