JENIS UMPAN MANCING

JENIS UMPAN MANCING. Dalam usaha mendapatkan ikan, bukan hanya jenis pancing dan senar saja yang perlu perhatian. Jenis Umpan mancing juga sangat mempengaruhi jenis dan hasil tangkapan kita. Umpan berfungsi untuk menarik perhatian ikan sasaran sehingga ikan tersebut terta rik untuk memakan umpan ini.

Ada dua jenis umpan mancing: (1) Umpan Alami (bait), (2). Umpan Buatan/ Sintetis (lure)

  • Umpan Alami (Bait). Umpan jenis ini adalah umpan yang secara kimiawi mirip dengan makanan ikan di habitat aslinya. Makanan alami ini banyak macamnya; cacing, udang, ikan, cumi, belut, kodok dan lain sebagainya.
  • Umpan Buatan (Lure). Umpan buatan adalah umpan khusus yang dibuat sedemikian rupa menyerupai bentuk umpan aslinya, bukan hanya bentuk namun juga gerakannya sangat menyerupai gerakan ikan asli. Beberapa jenis umpan ini adalah minnow, popper, metal jig, konahead, spoon, crankbait, stckbait, spinner, jig head, soft plastic lure, sabiki (kotrekan), feather jig,dll.

1. JENIS UMPAN MANCING ALAMI

Terkadang kita malas untuk membeli berbagai macam umpan, sehingga kreasi diperlukan untuk menekan harga pembelian umpan. Beberapa umpan yang bisa kita kreasikan antaranya: pelet+sarden, pelet+semut kroto, pelet+sarden+semut kroto. Bahkan ada juga yang menggunakan snack anak-anak (Chiki Balls) dan roti yang biasa di jual dipasar. Teman saya bahkan meyakini dengan umpan keju+telur+susu bakal memberikan hasil berupa ikan-ikan yang besar.

Umpan pancing jangkrik Jika anda memancing di kolam pemancingan umum, maka jenis umpan pancing yang anda pilih bisa apa saja karena jenis ikan yang ada di kolam pemancingan sangat beraneka ragam. Lain halnya jika kita memancing di tempat yang lebih alami seperti di rawa, sungai dan danau. Penentuan jenis umpan sangat penting karena ikan-ikan di tempat tersebut hanya makan binatang tertentu saja. Seperti daerah rawa, maka umpan kodok bisa menjadi pilihan anda, sedangkan di daerah danau maupun sungai berair tenang, belut bisa digunakan. Namun yang paling baik adalah kita bertanya dulu dengan penduduk sekitar jenis ikan apa saja yang ada di sana dan umpan apa yang paling disukai oleh ikan-ikan disana 🙂 .

Untuk yang suka memancing di daerah laut, umpan buatan bisa dipilih karena mempunyai ketahanan yang lebih kuat dan sangat simpel dan tidak perlu takut kehilangan umpan saat sedang memancing karena umpan akan terikat dengan kuat oleh tali senar dan gumpalan kawat. Umpan buatan ada yang mirip berupa cumi cumi, udang, ikan, dan ada juga yang cuma berupa mata pancingan saja.

2. JENIS UMPAN MANCING BUATAN.

MACAM JENIS UMPAN PANCING BUATAN. Ada banyak sekali umpan buatan yang bisa digunakan. Umpan mancing buatan awalnya hanyalah terbuat dari tulang dan perak. Orang Cina dan Mesir telah menggunakannya sejak 2,000 tahun sebelum masehi. Umpan buatan modern dibuat secara luas oleh Amerika Serika awal tahun 1900-an oleh perusahaan Heddon dan Pflueger (Michigan). Sebelum masa itu, umpan buatan hanya dibuat sendiri-sendiri.

Jenis Umpan Mancing Buatan biasanya terbuat dari kayu, plastik, karet, metal, bulu burung, rambut binatang dan bahan lainnya. Umpan pancing buatan ini biasanya memiliki bagian yang bergerak dan bagian yang diam atau yang tidak bergerak. Bagian yang bisa bergerak ini bisa merespon tarikan cepat atau lambat. Terkadang, dalam satu pancing, ada lebih dari satu umpan pancing buatan yang digunakan. Umpan buatan itu sendiri ada banyak sekali macamnya dan dibuat semirip mungkin dengan bentuk yang sebenarnya. Biasanya umpan tampak layaknya sebagai hewan yang sedang terluka, cedera berat atau bergerak cepat. Inilah beberapa tipe umpan yang digunakan tersebut:

  • JENIS UMPAN BUATAN SPOON LURE. Umpan ini berbentuk cekung terbuat dari metal tipis atau cangkang. UMPAN SPOON LURE spoon umpan luresini berbentuk seperti cekungan pada sendok. Umpan jenis ini biasa digunakan untuk menarik perhatian ikan dengan cara memantulkan cahaya yang ada di dekat umpan dan bergerak secara acak. Umpan ini ditemukan pada tahun 1848. Desain dari umpan spoon lure ini sangatlah simple, cekung dengan bagian pangkal yang melebar dan ujung satunya mengecil dan pastinya tampak bersinar saat diberikan cahaya karena sifatnya yang memantulkan cahaya. Namun seiring waktu, bentuk dan ukuran dari umpan spoon lure ini semakin bervariasi.

SPOON LURE

  • JENIS UMPAN BUATAN CRANKBAIT. Umpan jenis ini juga dianggap sebgai umpan yang sangat baik dan sangat hebat. Umpan crankbait mampu memberikan hasil terbaik dalam turnamen, bahkan beberapa pemancing merekomendasikan umpan jenis ini. Mengapa umpan crankbait begitu diminati? Crankbait adalah umpan buatan yang terbuat dari kayu atau plastik yang dibuat mirip ikan atau kadang belalang. Bentuk crankbait cukup unik dengan bentuk badan menggembung dibagian depannya dan didepannya terdapat sebuah alat yang berfungsi sebagai pemberat di depannya, tanpa pemberat ini, crankbait akan mengapung di permukaan air. Sesuai dengan namanya, crankbaitcrankbait harus digerakkan terus menerus agar terlihat bergerak dan crankbait memang didesain untuk mencapai dasar sungai atau laut. Selain, didesain dengan bagian kulit yang berkilau. bagian kembung di dalam tubuh crankbait juga ditambahi dengan bahan sejenis metal yang akan berbunyi saat umpan ini bergerak di dalam air sehingga menarik perhatian ikan.

CRANKBAIT LURE

  • JENIS UMPAN BUATAN SPINNERBAIT. Umpan ini mendapatkan namanya berdasarkan berputarnya besi metal ( Umpan Spinnerbait ) yang digunakan. Kepingan metal ini berputar terus menerus menimbulkan pantulan cahaya yangSPINNERBAIT ASLI berulang-ulang disertai getaran-getaran yang sangat mirip dengan penampakan ikan yang sesungguhnya. Ada dua jenis spinner bait; (1)in-line spinner dan (2) tail-spinner. Umpan ini sangat ampuh untuk menangkap ikan ukuran-ukuran besar terutama monster bass. Bagian keping logam yang berputar-putar pada umpan spinner bait ini menarik perhatian para ikan predator dengan cara membangunkan sistem sensor ikan sehingga ikan mampu mendeteksi gerakan dan getaran disekitar tubuh mereka. Spinnerbait juga mampu menstimulasi sensor ikan dengan menimbulkan suara dan kilatan cahaya.

SPINNERBAIT

  • JENIS UMPAN BUATAN SWIMBAIT LURE. Adalah jenis umpan buatan yang dibuat benar-benar menyerupai ikan secara tiga dimensinya. Namun, ada kelebihan lain yang dimilikinya selain yang saya jelaskan tadi. Keistimewaan swimbait adalah umpan ini bisa bergerak dan bergerak layaknya ikan yang sesungguhnya. Rahasianya terletak pada bentuk umpan ini yang dibagi menjadi beberapa bagian mulai dari kepala, badan, ekor. Ketiga bagian ini, bisa juga empat bahkan lima bagian dari swimbait ini dihubungkan oleh alat yang membantu pergerakan bagian-bagian lain sehingga saat umpan ini diletakkan di air, bagian kepala, badan dan ekor akan bergerak-gerak layaknya ikan hidup.

SWIMBAIT LURE

  • JENIS UMPAN BUATAN JIG. Jig adalah nama umpan pancing buatan yang sering kali digunakan oleh para pemancing. Teknik Jigging adalahumpan buatan jig umpan pancing jig-head   teknik yang digunakan saat menggunakan umpan jig. Jig terdiri dari kepala dan bagian tengah (bodi) yang lembut sehingga bisa menarik perhatian pemangsa. Umpan Jig dibuat agar bisa menghasilkan gaya jerky, (gerakan ke atas turun naik) berbeda dengan spinnerbaits yang bergerak secara horizontal. Umpan jig bisa digunakan di laut maupun sungai. Ikan-ikan yang biasanya tertangkap oleh umpan jig ini adalh ikan yang berada di dekat dasar sungai atau laut. Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, kepala umpan jenis jig ada banyak macamnya, bagian kepala akan dibuat semirip mungkin dengan bentuk dan ukuran kepala ikan atau jenis binatang lainnya. Tiga jenis umpan jig yang paling banyak digunakan antara lain; football jighead, flipping jighead, dan grass jighead. Selain bentuk kepala yang berbeda, variasi warna juga banyak digunakan pada umpan umpan pancing Jig-twister ini.

    Bagian badan (bodi) dari umpan jig biasanya terbuat dari karett atau silikon yang bentuknya bervariasi mengikuti bentuk kepala dan binatang air bahkan serangga.

UMPAN BUATAN JIG

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*