HARI TERAKHIR PERSI DAN MASALAH JAMINAN KESEHATAN NASIONAL

HARI TERAKHIR PERSI DAN MASALAH JAMINAN KESEHATAN NASIONAL.Baru bisa sempat update tulisan sepulang PERSI 9 Nopember 2013 kemarin. Beberapa kesimpulan yang bisa saya ambil diantaranya:

  • 1 Januari 2014 nanti, semua Rumah Sakit Pemerintah dan Rumah Sakit Swasta yang bekerjasama dengan Askes & Jamkesda akan memulai Sistem Jaminan Kesehatan Nasional.ina cbgs
  • Sistem Jaminan Kesehatan Nasional mempunyai badan pengelola keuangannya sendiri yang disebut dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang merupakan transformasi dari PT. Askes.
  • Sistem pengelolaan pembiayaannya pun akan berbeda dari sistem sebelumnya. Untuk dokter yang berada di PPK I (dokter keluarga & Puskesmas) akan menganut sistem kapitasi sedangkan untuk di PPK II dan PPK III (Rumah Sakit) berdasarkan sistem Ina-CBG’s.
  • Sistem Ina-CBG’s adalah sistem pentarifan yang akan dijalankan di rumah sakit di seluruh Indonesia dan untuk saat ini dan sebenarnya inilah yang sedang menjadi pro dan kontra. Namun, mau tidak mau rumah sakit swasta yang paling diberatkan oleh tarif ini harus segera menjalankannya. Nantinya akan ada tim yang berfungsi untuk mengawasi pelaksanaan Ina-CBG’s ini. Jika nanti selama pelaksanaan ditemukan keberatan dan kerugian yang dialami rumah sakit tersebut, maka akan dilakukan revisi terhadap tarif ini.
  • Dokter yang merawat pasien (dokter rumah sakit) harus dirubah perspektifnya dari fee for service dengan pembayaran yang bersifat prospektif.
  • Penerapan tarif Ina-CBG’s ini sebenarnya adalah sebagai sarana kendali mutu dan kendali biaya. Karena penerapan tarif yang konvensional selama ini hanyalah kendali mutu saja dan belum kendali biaya.

Tetapi, jika ASKES sangat optimis dengan sistem JKN ini, namun banyak juga yang pesimis.

  • Apa cukup anggaran pemerintah, lha selama ini aja anggaran kesehatan yang cuma 2% itu malah diturunin lagi tinggal 1,9%?
  • Dana yang disediakan untuk dikelola BPJS tahun 2014 ini ‘hanya’ 500 miliar, sedangkan kebutuhannya diperkirakan bisa sampai 2 Triliun
  • Buktinya sekarang Pemerintah masih ngutang, belum melunasi hutang Jamkesmas, bagaimana mau mulai start BPJS kalo masih nunggak hutang? Nih tak liatin foto surat edarannya: link, Kalo rumah sakit negeri mungkin bisa bertahan walau hutangnya bisa setengah miliar, bagaimana nasib rumah sakit swasta? Bisa bangkrut… (semoga semuanya lunas per 31 Desember 2013 nanti.. amin)hutang kekurangan anggaran jamkesmas

photoTerakhir, sebelum acara selesai jangan dulu pulang itu ada benarnya, alhamdulillah dari acara PERSI kali ini bisa bawa pulang iPhone 4 sebagai oleh-oleh (menang doorprize). Memang rejeki tidak kemana. Padahal seumur-umur belum pernah sekalipun bisa dapet doorprize. Terima kasih buat panitia.  Update: Alhamdulillah, dibandingkan dengan Android maupun Blackberry yang selama ini saya pakai, ternyata iPhone sangat berbeda sekali, terasa sekali beda utilitas dan kemanfaatannya.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*