NELSON MANDELA WAFAT

Nelson Mandela wafat. Nelson Mandela adalah mantan presiden Afrika Selatan sekaligus pejuang anti Apartheid. Ia adalah Presiden Afrika Selatan yang pernah memenangkan Nobel Perdamaian.  Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengumumkan wafatnya Mandela dalam konferensi pers Kamis (05/12).

Pejuang anti-apartheid itu wafat dalam usia 95 tahun di Johannesburg setelah sebelumnya menderita infeksi paru-paru berat dalam lima bulan terakhir ini, dan sempat dirawat cukup lama di rumah sakit.

Pejuang yang hebat

nelson mandelaMandela yang dikenal di seluruh dunia  dan memberikan inspirasi jutaan warga di Afrika Selatan dan di seluruh dunia karena perjuangannya membebaskan Afrika dari rezim apartheid. Akibat perjuangannya itu, dia harus meringkuk selama 27 tahun di dalam penjara. Mandela muda pun meretas jalan bagi rekonsiliasi warga kulit hitam dan kulit putih di negaranya.

Ia adalah presiden berkulit hitam pertama di Afrika Selatan yang menjabat dari 1994 hingga 1999. Pada tahun 1993 Mandela mendapat anugerah Nobel Perdamaian bersama mantan president Frederik Willem de Klerk. Ia juga menjadi simbol bagi kebebasan dan humanitas.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*