KAPAN USG BISA MEMASTIKAN KEHAMILAN

Saya mau tanya dok, saya perempuan 24tahun sudah menikah tgl 19 Mei 2013, Menstruasi terakhir saya tanggal 3 Oktober 2013. saya sudah melakukan test pack kehamilan menggunakan test pack selama 5x dan hasilnya ada 2 garis merah tetapi garis yang 1 tidak sejelas garis yang atas, dan saya juga sudah periksa ke dokter dan sudah di usg juga tetapi hasilnya adalah belum terlihat adanya embrio tetapi sudah mulai ada penebalan rahim dan saya disuruh balik lagi 2 minggu kedepan, saya diberi multivitamin volamil.

berapa persen kemungkinan saya hamil dok karna saya juga mengalami tanda2 layaknya orang hamil seperti mual, kram di perut payudara terasa kencang. Mohon penjelasannya Dok. Terima kasih.  (Ibu Dewi)

Pada awal-awal proses pembuahan dimana sel pria dan wanita telah menyatu maka ada sisa sel telur yang tertinggal di dalam indung telur yang akan mengeluarkan hormon yang bernama Human Chorionic Gonadotropin. Keluarnya hormon inilah yang menandakan adanya proses kehamilan di dalam tubuh ibu. Pada awal kehamilan biasanya hasil test pack masih akan terlihat sangat samar karena Hormon HCG masih sangat sedikit sekali, namun dalam jangka waktu satu minggu warna test pack tersebut biasanya akan semakin terang. Kebanyakan ibu-ibu muda yang penasaran dengan hasil test pack yang samar ini biasanya akan segara mencari jawaban ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan USG. Namun sayangnya, pada periode ini biasanya belum terlihat apa-apa pada dinding rahim selain penebalan pada dinding rahim saja. USG biasanya baru bisa dipakai untuk memastikan kehamilan setelah minggu ke-3 atau ke-4  sejak pertama ditemukan hasil test pack samar tersebut. Namun biasanya jika benar ibu hamil, pada minggu-minggu tersebut test pack ibu pasti sudah jelas garis duanya (baca tulisan disini). Pada saat di USG akan terlihat bulatan kecil pada dinding rahim yang menandakan telah ada proses implantasi calon janin di dinding rahim tersebut. Namun jangan salah, hasil USG yang positif pada periode ini tidak serta merta ibu hamil dengan ada janin di dalamnya, bisa juga ibu mengalami hamil kosong yang sering disebut blighted ovum. Ada juga yang hasil test pack udah terang sekali namun tidak ditemukan adanya penempelan janin pada dinding rahim, dan ini kemungkinan besar ibu menderita kehamilan ektopik (ektopic pregnancy)

Loading...

2 Comments

  1. assalamualaikum, dok.
    sy usia 40thn, udah telat haid selama 2 bulan. hpht 03 okt 2015. udah tespek 2x hasilnya (-). biasanya haid lancar setiap bulan nya siklus 23hari.
    karena penasaran, sy sdh USG di puskesmas. tp hanya kantong kehamilan saja yg kelihatan. di coba TP di puskes tetap negatif.
    ada apa dgn saya ya dok..
    soalnya ga ada penjelasan dari dokter puskesnya, hanya di suruh tgg 2 mgg lg dan TP kembali.
    mohon penjelasan ya dok.. apa mungkin sy mengalami menopouse dini?.
    gejala yg saya alami :
    kadang2 mual., keringat dingin. kram dan suka nyeri di bagian perut bawah kiri kanan. pinggang pegel. sakit kepala,pusing.
    saya tunggu penjelasannya ya dok.
    makasih, wasaalam.
    by: ibu lina

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*