IKAN UNIK YANG KELIHATAN OTAKNYA

Alam memang tak pernah habis untuk diungkap misterinya. Sekali lagi alam memberikan kejutannya dan kali ini berasal dari kawasan perairan Pasifik. Ikan ini memiliki kepala yang transparan sehingga bagian dalam kepalanya terlihat jelas.  Sebutan untuk ikan ini adalah Pacific Barreleye atau Macropinna microstoma. Nama Barreleye didapat dari bentuk matanya yang seperti tong dengan lensa mata warna hijau. Barreleye hidup di kedalaman laut 2000-2.600 kaki.

YBarreleyeang unik dari ikan ini adalah ia memiliki  yang transparan berisi cairan. Meskipun terlihat aneh namun diduga kuat desain kepala itu memiliki tujuan utama sebagai penerangan di dalam air yang gelap tempatnya hidup. Bentuknya transparan itu juga membuatnya kebal terhadap sengatan lawan.
Mata Barreleye sendiri sangat sensitif terhadap cahaya dan kinerjanya seperti teropong alias hanya melihat satu arah. Sehingga Barreleye memiliki ketepatan tajam dalam berburu mangsa, menjadi predator yang ditakuti di lingkungannya. Ia juga jago dalam merebut makanan dari tentakel menyengat makhluk laut dalam lainnya.
Barreleye sudah diketahui keberadaannya sejak 1939, namun baru terlihat pada 2004 di perairan California oleh Monterey Bay Aquarium Research Institute (MABRI). Mereka berhasil menemukan satu-satunya ikan tersebut berukuran panjang sekitar 6 inci dengan kepala dalam keadaan utuh.
Ya, kepala transparan Barreleye sangat rentan terhadap tekanan. Saat ditangkap biasanya kepalanya akan hancur sehingga yang ditemukan dalam jaring hanya bagian-bagiannya saja.

ikan Barreleye

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*