KURSI RODA DENGAN remote control TELINGA

Beberapa waktu yang lalu tim ilmuwan dari Jerman telah berhasil merancang sebuah kursi roda bagi penyandang cacat yang bisa dikontrol menggunakan telinga. Untuk menggerakkannya, pasien dilengkapi dengan sebuah chip yang bisa membaca gerakan otot yang merekat telinga penyandang cacat sehingga bisa mengarahkannya sesuai keinginan pemakai.

Transmisi kecil itu diubah menjadi sinyal ke komputer yang melekat pada kursi roda untuk mengatur gerakan. “Teknologi ini lebih nyaman jika dibandingkan dengan kursi roda yang dikemudikan lewat gerakan mata karena untuk menggunakannya pasien tidak perlu repot untuk mengedipkan mata,” ujar David Liebetanz, pemimpin dari penelitian ini, seperti dikutip Mail Online, Jumat (15/11/2013).

Untuk dapat memaksimalkan kerja kursi roda ini seseorang harus terbiasa dulu dan seseoran harus dilatih dalam waktu lima hari guna mengetahui bagaimana cara menggunakan otot telinga untuk berkomunikasi dengan perangkat lunak.

Selain itu mereka juga belajar bagaimana caranya memberikan feeback berdasarkan sinyal yang diterima dari otot telinga.Teknologi ini sendiri ditujukan bagi mereka yang menderita cedera tulang belakang yang serius, tepatnya untuk pasien yang tidak bisa lagi menggerakkan tangan dan kaki mereka

kursi roda telinga

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*