JEMBATAN LENGKUNG DARI INGGRIS

Gateshead Millennium Bridge, mungkin hanya satu-satunya jembatan yang berbeda dibanding jembatan-jembatan lainnya. Jembatan terdiri dari dua lengkungan yang saling terhubung dengan puluhan kawat baja dan mirip kelopak mata manusia. Masyarakat Inggris pun menyebut jembatan ini sebagai Blinking Eye Bridge atau jembatan ‘Mata Berkedip. Jembatan tersebut menghubungkan tepian sungai Tyne, Inggris tepatnya berada di kota Gateshead.

Tapi jangan salah, mobil tidak bisa melewati jembatan ini, hanya pejalan kaki dan pengendara sepeda kayuh saja yang diperbolehkan melintasi jembatan tersebut, karena daya tahannya yang memang tak begitu kuat. Jembatan ini dapat mengedip hingga 40 derajat setiap 45 menit.
Bila angin bertiup kencang , jembatan tersebut pun dapat berputar ke posisi yang aman. Demikian pula apabila ada kapal yang hendak melintas di aliran sungai Tynes.
Keadaan tersebut yang menyebabkan kemiringan jembatan dapat berubah ekstrim, walau masih boleh dilewati oleh pelintasnya. Karena desainnya yang keren dan unik, maka jembatan ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan diantaranya adalah RIBA Stirling Prize pada 2002. Dengan tata lampu yang keren, maka jembatan ini juga jadi salah satu landmark pariwisata di negara tersebut.

jembatan miring 2

jembatan miring1

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*