PUNGGUNG TERASA NYERI

Dokter, nyeri sekali punggung saya. Entah sudah berapa lama terkena sakit ini, mungkin hampir satu bulan. Saya sudah coba makan obat sendiri tapi tak sembuh juga. Lusa kemarin aku ke dokter dan katanya pinggangku perlu di rontgen, takutnya ada penyempitan tulang. Kata dokter itu, penyebab sakit pinggang saya ini karena saya selalu pergi dan pulang dari kerja menggunakan motor, sedangkan tempat kerja saya itu jauhnya bisa sampai satu jam dengan kondisi jalan berlubang separuh aspal separuh tanah dan berbatu-batu. Oh ya, saya sekarang berusia 40 tahun.
Edisi, Padang

Terima kasih atas pertanyaannya Pak Edi.

Kira-kira 80% manusia setidaknya pernah sekali merasakan nyeri punggung bawah. Biasanya nyeri punggung ini akan hilang dengan sendiri, ada juga yang membutuhkan waktu 6-7 minggu untuk penyembuhan baik terhadap jaringan lunak maupun sendi, namun 10% diantaranya tidak mengalami perbaikan dalam kurun waktu tersebut.
Nyeri punggung bawah (NPB) adalah rasa nyeri yang dirasakan di daerah punggung bawah. Nyeri ini terasa diantara sudut iga terbawah sampai lipat bokong bawah yaitu di daerah lumbal atau lumbo-sakral dan sering disertai dengan penjalaran nyeri ke arah tungkai dan kaki.  Penyebabnya biasanya karenakan timbul gangguan pada anatomi dan fisiologi tulang punggung belakang.

Di atas terdapat gambar yang menunjukkan kondisi patoanatomis vertebra lumbalis. Terjadi perubahan bentuk dari tulang belakang, bentuknya tidak lurus lagi dan tulang belakang terlihat berbelok sendiri.

Faktor risikonya:

  • obesitas, tinggi badan yang berlebihan,

 

  • pekerjaan seperti duduk dan mengemudi dalam waktu lama,
  • berdiri berjam-jam (posisi tubuh kerja yang statik),
  • getaran, mengangkat, membawa beban, menarik beban, membungkuk, memutar, dan kehamilan.

 

Pengobatannya

  • Istirahat
    Istirahat penting untuk mengurangi nyeri mekanik dan tekanan intradiskal, lama yang dianjurkan adalah 2-4 hari. Posisi istirahat dengan menyandarkan punggung, lutut dan punggung bawah pada posisi sedikit fleksi. Fleksi ringan dari vertebra lumbosakral akan memisahkan permukaan sendi dan memisahkan aproksimasi jaringan yang meradang.
  • Medikamentosa
            Analgetik dan NSAID
    Pelemas otot: digunakan untuk mengatasi spasme otot
    Analgetik ajuvan: dipakai pada HNP kronis
  • Fisioterapi
  • Terapi operatif . Terapi bedah berguna untuk menghilangkan penekanan dan iritasi pada saraf sehingga nyeri dan gangguan fungsi akan hilang. Tindakan operatif pada HNP harus berdasarkan alasan yang kuat yaitu berupa:

                                Defisit neurologik memburuk.
Gangguan otonom (miksi, defekasi, seksual).
Paresis otot tungkai bawah.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*