GAGAL GINJAL KRONIS

Selamat Malam Dokter. Suami saya baru pulang dari rumah sakit, beberapa hari kemarin dirawat di rumah sakit karena kadar ureum kreatininnya tinggi. Kata dokter yang merawat suami saya, suami saya harus menjalani proses cuci darah karena sudah mengalami proses gagal ginjal. Hancur hati saya dok, orangtua saya juga menderita gagal ginjal dan harus cuci darah selama 5 tahun sebelum akhirnya beliau meninggal….

Juliana, Bekasi

Gagal ginjal kronis adalah proses kerusakan yang terjadi pada ginjal. Kerusakan ginjal tidak berlangsung singkat namun berlangsung dalam jangka waktu lebih dari tiga bulan. Gagal ginjal ada banyak penyebabnya dan yang menjadi penyebab terbanyak justru datang dari penyakit kencing manis dan hipertensi.

Gejala-gejala dari fungsi ginjal memburuk tidak spesifik, hanya ditandai oleh gejala tidak nafsu makan disertai rasa mual-mual. Penyakit ginjal kronis diidentifikasi oleh tes darah untuk kreatinin. Tingginya tingkat kreatinin menunjukkan penurunan kemampuan ginjal mengekskresikan produk limbah. 

Tidak ada pengobatan khusus untuk memperlambat proses gagal ginjal kronis ini. Terapi definitifnya adalah cangkok ginjal atau transplantasi ginjal.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*