BENDA LANGIT

sistem tata suryaJika Anda berdiri pada malam hari ketika udara cerah tanpa awan dan kabut kemudian mencoba mengamati jagat raya, akan tampak bola langit yang dihiasi berjuta-juta bahkan miliaran benda langit, baik yang memancarkan sinar (cahaya) maupun yang menerima dan memantulkan sinar. Benda-benda langit tersebut secara umum dibedakan menjadi tiga kelompok utama, yaitu sebagai berikut.

  1. Bintang, yaitu benda langit yang mengeluarkan cahayanya sendiri. Benda langit itu berupa bola gas pijar yang memancarkan sinar. Matahari merupakan salah satu bintang. Kumpulan bintang tersebut dapat berupa:
    a. bintang tunggal, yaitu bintang yang tampak menyendiri;
    b. bintang kembar (biner), yaitu dua bintang yang tampak terletak saling berdekatan;
    c. rasi, yaitu kumpulan beberapa bintang yang terlihat membentuk gambar-gambar tertentu, seperti Aries, Gemini, Leo, Ursa Mayor, Bintang layang-layang (Crux);
    d. galaksi, yaitu kumpulan miliaran bintang seperti Bimasakti dan Andromeda. Di dalam jagat raya terdapat ribuan galaksi yang tersebar.
  2. Tata Surya, yaitu susunan benda langit sebagai satuan keluarga Matahari. Matahari dikelilingi oleh benda-benda angkasa yang mempunyai lintasan tetap. Benda angkasa dengan lintasan tetap itu disebut planet. Tata surya terdiri atas Matahari dengan 8 planet yang mengelilinginya.
  3. Nebula, yaitu benda langit sejenis gumpalan awan di jagat raya.

Baca juga:

Geografi: Membuka Cakrawala Dunia
untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Penulis : Bambang Utoyo
Penyunting : Paula Susanti
Pewajah Isi : Enceng Imron
Pewajah Sampul : A. Purnama

Sumber gambar: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images? q=tbn:ANd9GcTZmUGME8c4jtOG1xJzJ-DFpP_GIojjM6y4Cv5sYbom6VQNvs-_9w

Loading...

1 Trackback / Pingback

  1. TEORI TERBENTUKNYA TATA SURYA | klikharry.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*