PRINSIP GEOGRAFI

Di dalam studi geografi dikenal empat prinsip utama, yaitu prinsip persebaran, interrelasi, deskripsi, dan korologi. Keempat prinsip tersebut merupakan dasar dalam uraian, pengkajian, dan pengungkapan gejala, variabel, faktor, dan masalah geografi.

Prinsip geografi 1. Prinsip Persebaran
Artinya bahwa gejala, ketampakan, dan masalah yang terdapat di ruang muka bumi persebarannya sangat bervariasi. Ada yang tersebar secara merata, bergerombol di wilayah-wilayah ter tentu, ataupun sama sekali tidak merata.

 2. Prinsip Interrelasi
Artinya bahwa antara komponen atau aspek-aspek lingkungan geografi senantiasa terdapat hubungan timbal balik atau saling keterkaitan dengan yang lainnya.

3. Prinsip Deskripsi
Cara pemaparan hasil penelaahan studi geografi terhadap gejala,  fenomena, atau masalah yang ada. Penjelasan atau deskripsi hasil penelaah tersebut dapat berupa uraian, peta, diagram, tabel, grafik, citra, atau media lainnya.

4. Prinsip Korologi
Gabungan atau perpaduan dari ketiga prinsip tersebut. Dalam prinsip ini gejala dan permasalahan geografi dianalisis persebaran, interaksi, dan interrelasinya dari berbagai aspek yang mempengaruhinya.

Sumber:

Geografi: Membuka Cakrawala Dunia
untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Penulis : Bambang Utoyo
Penyunting : Paula Susanti
Pewajah Isi : Enceng Imron

Sumber gambar:

  • https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTLvZ8SerEYm6VnoUCzeJUnA9bx56sZOIgu3ugN30DlCG_q_kDR
Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*