HYUNDAI GRAND AVEGA

grand avegagrand avega performa, harga mobil grand avega, berapa harga avega sekarang, interior grand avega, kelebihan grand avega, kekurangan grand avega. Hyundai Grand Avega 2012 merupakan salah satu small hatchback andalan yang dikeluarkan oleh PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) untuk pasar otomotif tanah air. Mobil ini dikategorikan small hatchback karena harga dan kemampuannya yang dimiliki mobil ini memang berada diantara kedua kelas mobil tersebut. Namun bila anda ingin mencari kembarannya maka tidak perlu jauh-jauh dari All New KIA Rio yang dari segi spesifikasi, harga, pabrikan (sama-sama produk Korea) hingga masalahnya-pun sama persis dengan Hyundai Grand Avega 2012.

interior grand avega Eksterior

Jangan berburuk sangka dulu pada mobil asal Korea karena sekarang kebanyakan mobil yang dikeluarkan oleh pabrikan asal negeri ginseng tersebut sudah mengadopsi gaya mobil-mobil Eropa. Hal ini juga terlihat dari desain eksterior Hyundai Grand Avega yang tampil apik dengan desain bodi yang sangat tajam dan aerodinamis. Bisa dilihat dari penonjolan garis-garis cekung dan cembung pada bodi Grand Avega yang terlihat kompak.

Lampu depan yang sipit, grille yang sporty tanpa embel-embel palang atau chrome kecuali pada logo Hyundai, menunjukan mobil ini merupakan kelas yang berbeda dibandingkan dengan city car yang terkesan murahan. Satu-satunya yang agak kurang sedap dipandang mungkin hanya terletak pada model velg yang sepertinya kurang cocok dengan desain keseluruhan.

Interior

Masuk ke bagian interior, kabin Grand Avega cukup lapang baik saat berada di balik kemudi atau pun kursi penumpang. Dashboard yang tampil sporty tampaknya sengaja didesain dengan model “driver oriented” dimana fungsi utama dashboard lebih cenderung difokuskan pada pengemudi agar semua tombol mudah dijangkau. Kenyamanan sebagai pengemudi pun bertambah karena setir kemudi Grand Avega sudah dilengkapi dengan adjuster dan Audio Steering Control yang memudahkan para pengemudi mengontrol audio disaat mengemudi sendiri atau asisten driver di kursi sebelah sedang tidur. Fitur eco-drive juga tidak lupa disematkan pada mobil ini untuk mengetahui kontrol konsumsi bahan bakar selama perjalanan

pilih grand avegaDesain kaca depan yang lebar dan landai memberikan visibilitas yang baik saat berkendara. Namun headrest tengah kursi penumpang belakang lumayan menganggu visibilitas pengemudi terlebih saat ingin memundurkan mobil dengan melihat keadaan di belakang melalui kaca spion tengah, namun untungnya Grand Avega telah dibekali sensor di belakang, sehingga saat mobil telah mencapai jarak yang terlalu dekat dengan objek di belakang pasti bunyi dan meminimalisir senggolan yang tidak perlu. Namun alangkah baiknya jika pada mobil ini juga dipasang kamera mundur yang tentunya akan sangat membantu.

Suasana kabin penumpang mobil ini juga terbilang cukup lega dengan leg room yang cukup luas. Sementara pada kursi paling belakang meskipun disediakan untuk tiga penumpang namun sepertinya hanya nyaman jika di isi 2 orang saja karena di bagian tengahnya ada gundukan pembatas kursi kanan dan kiri yang membuat posisi duduk menjadi kurang nyaman.

Kapasitas bagasi Grand Avega tidak bisa dikatakan sempurna mengingat mobil ini memang sengaja didesain sebagai small city car. Kalau hanya sekedar untuk menampung barang belanjaan mungkin daya tampung bagasi mobil ini masih bisa menyanggupinya, namun jika harus bepergian dengan bawaan barang atau koper yang banyak maka bagasi mobil ini benar-benar terasa sempit.

Beralih ke fitur hiburan, Grand Avega benar-benar payah khusus pada bagian ini karena mobil ini benar-benar minim fitur hiburan. HU Clarion CX201A sudah disematkan di dalamnya sekedar untuk membuat pengendara dan penumpang sedikit terhibur.

Kekurangan paling nyata dari Grand Avega 2012 adalah tidak dilengkapinya ABS (Antilock Braking System), EBD(Electronic Brakeforce Distribution dan airbag yang padahal untuk mobil lain di kelasnya justru fitur tersebut merupakan keunggulan demi menawarkan rasa kenyamanan lebih dalam keamanan berkendara.

Grand Avega Indonesia GL M/T 2012 didukung denga mesin Gamma DOHC 1396cc yang sanggup menyemburkan tenaga hingga 108 hp pada 6.300 rpm dengan torsi 136 Nm di putaran mesin 5.000 rpm. Mesin ini juga digunakan pada seri Hyundai sebelumnya seperti Hyundai Accent, Hyundai Avega bahkan kembarannya yakni All New KIA Rio.

Performa

Mengemudikan mobil ini kalau masih diputaran bawah memang akan terasa kurang responsif, namun setelah masuk di putaran atas barulah mobil ini menunjukkan powernya. Namun goyangan pada body akan benar-benar terasa parah bila kecepatan sudah mulai masuk di atas 100kpj tidak peduli jalanan yang ditempuh mulus atau tidak. Belum lagi suara ban yang masuk ke kabin bisa sedikit mengganggu kenyamanan siapapun yang berada di dalamnya meskipun tidak terlalu parah.

Handling Grand Avega terbilang cukup nyaman, namun masalah mulai timbul jika mobil ini diajak manuver ekstrem di jalanan yang banyak belokannya. Mobil akan terasa limbung terutama di bagian penumpang belakang, hal ini tentu membuat tidak nyaman jika mobil ini harus dibawa untuk liburan ke puncak.

Secara keseluruhan performa Grand Avega bisa dikatakan cukup lumayan jika hanya digunakan sebagai kendaraan dalam kota. Hal ini juga didukung dengan konsumsi bahan bakarnya yang efisien serta ramah lingkungan.

Harga

  • Hyundai Grand Avega 2012 1.4 A/T : Rp. 181 Juta
  • Hyundai Grand Avega 2012 1.4 M/T : Rp. 168.5 Juta

Saya sudah lihat dan coba New G Avega, kesan saya kok nggak value for money, sorry banget terpaksa bilang begitu. Untuk harga yg ditawarkan, saya tidak menemukan ABS, EBD, BA dan SRS airbag. Power steering masih hydraulic tidak seperti kebanyakan mobil2 skrg yg sudah EPS. Buat saya tampilang yg sangat mengesankan dari luar seketika sirna begitu tidak mendaptkan fitur2 mutakhir di mobil tersebut. Apakah untuk membayar design ke si Peter begitu menguras kocek kah, sampai harga mobilnya menjadi sebegitu tingginya?

 

kalo dari safety ane sama sekali ngk rekomen avega, karena harga segitu blm ada ABS, AIRBAG.
mending ane cari seken yang masih muda yang udh ada ABS dan AIRBAG ( ex : yaris 2010 tipe E ke atas )

Kalau saya mending Grand Avega Om. Saya sendiri selaku user GA cukup puas dengan performa. Urusan handling top markotop bener2 nyaman baik di tikungan (bini sampai gak ngerasain kalau pas lagi nikung di 60km/jam). Top speed ane masih di 140km/jam. Temen2 banyak yang di 170km/jam. Untuk urusan mesin harusnya sama karena antara GA dan ANR sendiri mesin yang digunakan sama GAMMA 1400 CC. FC cukup irit, Jakarta – Surabaya tembus 1 : 16 km, Bandung – Jakarta tembus di 1:20 km. Dalam Kota sendiri range antara 1:9 ~ 1 : 12 Om. Saya pakai full premium. Untuk ngatasi ngelitik, saya pakai STP Octane Booster, busi ane ganti pakai Iridium dan Air Filter ganti dengan K&N… semakin mantap lah, nglitik ilang, hemat kantong dan high value for money. Memang kekurangannya masih belum ada Air Bag, ABS, EBD (tapi power steering sudah menggunakan EPS, bukan hydraulic seperti yang disampaikan bung ariefrh)… hehehe… Alhamdulillah…

Loading...

1 Comment

  1. What’s Going down i am new to this, I stumbled upon this I have discovered It absolutely
    useful and it has aided me out loads. I am hoping to give a contribution & help other users like its aided me.
    Great job.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*