HARGA KESEIMBANGAN

Pada dasarnya permintaan menghedaki harga pasar selalu rendah atau murah, sedangkan penawaran menghendaki harga pasar selalu tinggi. Konsumen tentiu saja menginginkan harga yang rendah agar ia dapat lebih banyak memenuhi seluruh kebutuhan, sementara produsen menghendaki harga tinggi agar memperoleh keuntungan maksimal.

harga keseimbanganKalau mengikuti keinginan masing-masing pihak, pasti akan menjadi akan terjadi titik temu di antara dua keinginan yang berbeda itu. Padahal tujunan akhir dari keduanya sama, yaitu memenuhi kebutuhan hidup manusia. Konsumen berusaha memenuhi segala kebutuhannya secara proporsional, sedangkan produsen berusaha menyediakan benda pemuas kebutuhan sebanyak dan selengkap mungkin.

Agar tercapai pertemuan keinginan antara kedua belah pihak, maka konsumen harus berani membayar lebih tinggi, dan produsen harus mau menurunkan harga. Dengan demikian, terbentuk kesepakatan harga pasar antara pihak konsumen pada pihak produsen. Dlam keadaan seperti ini, terjalin lah keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Harga disebut sebagai harga keseimbangan atau pasar .

Harga Keseimbangan

Harga di mana jumlah barang yang diminta pada suatu waktu tertentu sama dengan jumlah barang yang ditawarkan

Telah kita ketahui, sifat kemiringan pada kurva permintaan adalah negatif, yakni bergerak dari kiri atas menuju kanan bawah. Sedangkan sifat kemiringan pada kurva penawaran adalah positif yakni bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Kontradiksi sifat kemiringan itu mengisyaratkan kemungkinan terjalinnya keseimbangan antara permintaan dan penawaran digabungkan, akan terjadi titk potong antara kedua kurva tersebut. Titik potong ini disebut titik keseimbangan atau titik ekuilibrium.

Titik keseimbangan inilah yang mencerminkan harga keseimbangan tadi. Dengan kata lain, harga pasar ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran.

Baca Juga

harga keseimbangan.psd penawaran hukum penawaran.psd permintaan hukum permintaan.psd stock_chart_green.jpg faktor yang mempengaruhi harga keseimbangan.psd

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*