INTERNSHIP DOKTER INDONESIA

INTERNSHIP DOKTER. Seputar Diskusi Dokter diambil dari facebook teman mengenai dokter internship.

sangat berharap program dokter internship ditiadakan. benar-benar sangat buang-buang waktu. tidak malah tambah pintar dan mahir, yang ada hanyalah terjerumus dalam lubang kebodohan teori dan malpraktek terselubung dalam dunia kerja praktisi kesehatan. mau kerja tambahan ngumpulin banyak uang gak bisa, mau sekolah lagi juga gak bisa, mau ikut seminar dan pelatihan untuk nambah ilmu pun sangat-sangat dipersulit sekali. dokter internship = 1/5 dokter 4/5 pengangguran.

klo internship ditiadakan,,apakah TS yg baru lulus sudah pasti tidak akan terjebak dlm ‘lubang kebodohan teori dan malpraktek terselubung’ yg disebutin??atau malah jd ikut2an yg melakukanny?? terus klo ‘uang saku’ dr,internship dinaikkan dan hak2 yang lain didapat sesuai harapan,,apakah internship sebaiknya ttp dihapuskan??

Programnya bagus tapi pelaksanaannya yang mesti dievaluasi. Disitu kalian belajar dunia nyata, bahwa tidak semudah dan seindah teori, penerapan di dunia kerja itu lain. Kenapa mesti lari, ilmu kedokteran kan sudah dipelajari di s1 dan koas, mungkin ilmu kehidupan kamu belajar di internship. Kalo dak ikut internship kalian kan dak bakal tau apa kebobrokan dunia ini, disinilah fungsi kita sebagai agen perubahan, seandainya nanti pas kerja jadi aparatur negara, artinya jangan seperti itu, dan lebih bagus lagi kita mengubah keadaan itu waktu terjun kesana, karena kita sudah tau medannya kira2 seperti itu. Kira2 strategi apa untuk mengubahnya. Gimana mengobati dgn obat terbatas, gimana menghadapi atasan menyebalkan, gimana menghadapi rekan kerja yg ga sepaham, gimana menghadapi kebijakan yang dak sesuai. Bukan sebatas buku, ilmu pengobatan,seminar. Ikut seminar tren obat terbaru, tau2 kerja di puskesmas obat yg ada cuma obat standar, apa gunanya? Jalani dulu, sudah selesai, baru terserah mo milih kerja dimana biar dak tersiksa batin..haha…

Sebenernya lebih bagus nian kalo wajib PTT, lebih jelas Tupoksinya, 1 tahun untuk terpencil dan 6 bulan untuk sangat terpencil. Selanjutnya kalo mau perpanjang bisa kontrak ulang. Manfaatnya lebih terasa sampai ke pelosok masyarakat. Kewenangan jadi lebih luas dari pada status internship (sering masih dianggap Koas) dan salary juga lebih baik. Mending koasnya dilamakan, Tupoksi koas jugo jelas……

Nb: Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari plus bahasa Palembang karena diskusinya antara sesama anak Palembang (red)

Kami nih bukan sejenis koas lagi. la dokter yuk. la dokter statusnyo. tapi itulah, setengah2. dokter tapi dak dikasih kewenangan penuh megang pasien, kan lucu? dak dikasih kewenangan penuh ngasih resep. lucu dak? apo guno kami lulus stase? apo guno kami la wisuda dokter? apo guno kami la lulus ukdi? itulah, program internship bener-bener buang2 waktu. bener apo kato kak dayat, mending wajib ptt setahun bae, itu jelas statusnyo. la 100% full dokter.

internship dak pacak utk cari nafkah. bagi yang orientasi nyo cari ilmu, internship itu sangat dak bagus untuk dokter magang yang masih belajar. suasana kerja dokter internship sangat dak kondusif untuk diterapkan sebagai bagian dari masa pendidikan karena tidak dilaksanakan di RS Pendidikan. karena sebagai dokter yang sedang masa pendidikan haruslah menerapkan ilmu yang sedang dia pelajari.

klo liat dari komen2 ,mmg setiap sistem/program tu ado plus-minusny..     klo mau hitung2an waktu,,kuliah (4 thn) + koas (2 tahun) = kuliah (3,5thn)+koas(1,5thn)+internship (1thn).. tp inget,,dari sebelum jaman internship koas di setiap bagian tu dak banyak, bahkan dibatasi..sampe2 ada yang stagnan utk masuk di bagian tertentu..trs ada juga jmlh koasny yg cuma 3 orang,,bayangin jagany gmna,ting-ting-tong??? intinyo apapun sistem/programnyo,,jalanilah dengan baek,,mengeluh boleh, tp jangan keseringan..nnti pahalanya berkurang loh..:)

kabar2nyo internship bakalan dihapuskan -walaupun memang selalu jadi wacana- di angkatan kalian. untuk angkatan 2007 pun la ado wacana bakal dihapuskan tuh.. soalnyo lagi dirapatke di sidang di dpr.. jadi koasnyo yang dilamoke dek..dan diganti jadi wajib ptt setahun. baru wacana..entahlah mano yang bakal diberlakuke kelak. Lebih baik koasnyo yang dilamoke atau diberlakukan wajib ptt setahun. internship nih dak efektif nian.

waduh, nanti klo udh di dunia kerja byk kq rs swasta yg kayak gitu, musti ngelapor dulu ke spesialisny kl dpt px, emg rasanya kq gk enak bgt ya kyk gk ad artiny sekolah lama2 kyk gk dianggep pny ilmu y? tp yakinlah justru itu buat pembelajaran kelak,jd tambah ilmu oo kl px dg ini dg dr.A digituin, trus kasus yg sama dg dr.B diginiin. Jadi tau ternyta tiap Dr pny seni yg beda2 ngadepin px. Trus yg kyk itu, ujung2ny jg kn melindungi dr.internship dr risiko dn tanggungjawab yg nantinya kita gk tau px ny bakal gmn. Aplg kl udh didaerah pelosok ntar, smua tanggungjawab di tangan kita sepenuhnya. Na’udzubillah jgn smpe qt ngerasa udh punya ilmu trus ngerasa bisa dan gampang ngadepinnya. Jalanin aj dek dg ikhlas,udh mw selesai jg kn.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*