TES PACK NEGATIF TAPI HAMIL!

TES PACK NEGATIF TAPI HAMIL! Seorang pasien yang telah telat mens selama dua minggu. Ia telah melakukan Tes Pack Negatif. Ia juga mengatakan bahwa sempat keluar flex-flex coklat selama empat hari. Berkat desakan sang suami, ia melakukan tes lebih lanjut dengan datang ke dokter kandungan. Ternyata pemeriksaan USG menyatakan ia positif hamil enam minggu.

 Kasus lainnya ada seorang ibu-ibu yang telah sampai lima kali memakai tes pack, namun hasilnya negatif, negatif, negatif, negatif, negatif, dan negatif. Padahal beliau telah telat menstruasi selama lima minggu, sedangkan siklus menstruasi normalnya hanya 28 hari. Mengapa Tes Pack Negatif Tapi Hamil?
Yang jadi pertanyaan adalah; kok bisa hasil tes pack negatif padahal pada kemasan test pack biasanya tertulis keterangan 99% akurat. Dengan meneteskan urin di permukaan alat, seharusnya hasil deteksi positif hamil atau tidak bisa didapat dalam hitungan menit.

tes pack negatif tapi hamil

Ini Jawabannya

Ada banyak penyebab mengapa tes pack negatif ternyata hamil.

  1. FAKTOR PENYIMPANAN. alat itu rusak dan tidak layak pakai. Kerusakan ini disebabkan suhu tempat penyimpanan test pack yang tidak cocok. Harusnya test pack harus disimpan di tempat yang sejuk atau tidak terlalu panas, juga tidak terlalu dingin. Jika syarat ini tidak terpenuhi, maka sensitivitasnya dalam mendeteksi kehamilan pun jadi kurang akurat.
  2. FAKTOR ALAT.Ada test pack yang memiliki kualitas rendah sehingga tingkat akurasinya perlu dipertanyakan.
  3. FAKTOR PEMAKAIAN. Biasanya dalam kemasan urine yang digunakan adalah urin pagi hari begitu bangun tidur tapi ibu malah melakukan tes, siang atau sore hari. Tentu saja, test pack yang dipakai jadi tidak cukup sensitif mendeteksi hormon kehamilan karena hanya urin pertama setelah tidur yang kental kandungan hormon HcG-nya.

Tes pack negatif ternyata hamil ini dapat dicegah jika kita memperhatikan ketiga faktor diatas. Karena sebenarnya tes pack ini bekerja dengan mengecek kadar hormon Human Chorionic Gonadotropin (HcG) dalam darah. Hormon HcG adalah jenis hormon kehamilan yang diproduksi dalam plasenta sesaat setelah embrio menempel pada rahim ibu. Test pack merupakan alat uji kehamilan yang cukup sensitif dalam mendeteksi apakah seorang ibu sudah positif hamil atau tidak dengan nilai keakuratannya bisa mencapai 97 persen.

Bila tes pack negatif tapi telat haid, apa yang harus kita lakukan?

  1. Lakukan tes satu kali lagi menggunakan alat yang lebih sensitif dan sesuai petunjuk. Penggunaan test pack berulang dianjurkan oleh The National Institute of Enviromental Health Sciences di Amerika. Penelitian yang mereka lakukan terhadap alat tes kehamilan di pasaran menunjukkan bahwa hasil tes tidak selalu dapat diandalkan. Mungkin saja hasilnya negatif sementara kehamilan sebetulnya terjadi. Dari 136 wanita yang berhasil hamil, hanya sekitar 90 persen yang implantasi embrionya terjadi pada saat haid terlambat satu hari. Meskipun demikian, test pack belum bisa mendeteksi kehamilan yang terjadi karena kadar HcG dalam darah masih terlalu rendah. Untuk itulah, penggunaan test pack dianjurkan tak hanya sekali saja.
  2. Lakukan di saat yang tepat. Hitunglah masa subur dan lakukan pemeriksaan pada hari ke-16 setelah melakukan hubungan intim. Tak perlu menunggu sampai telat menstruasi. Jika perkembangan pembuahannya baik, umumnya di hari ke-16 setelah berhubungan intim, alat tes bisa mendeteksi adanya kehamilan atau tidak. Bahkan ada alat yang bisa mendeteksi kehamilan lebih cepat lagi, yaitu pada hari ke 7 sampai 10 setelah berhubungan intim. “Dengan catatan hubungan intim dilakukan saat istri sedang subur,” tambahnya. Selebihnya, ada alat tes yang memang lebih efektif kalau digunakan setelah ibu telat haid.
  3. USG. Lakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan untuk memastikan apakah ibu hamil atau tidak, janin sudah bisa terlihat setelah minggu ke-4 sampai minggu ke-5 kehamilan.

JIka hasil Tes Pack negatif dan USG negatif, berarti kemungkinan penyebab atau gangguan dan penyakit lain. KB Suntik bisa menyebabkan berhentinya menstruasi. Selain itu,  masalah psikologis, seperti stres akibat tekanan pekerjaan atau masalah keluarga, kelelahan, kecapekan fisik, gangguan sistem hormonal, myoma uteri dll juga menyebabkan keterlambatan menstruasi

679 thoughts on “TES PACK NEGATIF TAPI HAMIL!”

  1. Pagi dok saya perempuan usia 20thn saya Sudan telat 2 minggu , sudah to lebih Dari 5 Kali dan hasilnya negatif lalu saya Sudan usg di klinik cahaya medika Dan hasilnya negatif juga , dan dokternya menyarankan untuk meminum boat biar haid , kira kira saya kenapa ya dok ? Dan obat apa baiknya ?

  2. Siang dok…saya Julia umur 29th,mau nanya dok saya telat mens sudah 2 minggu dok,seharusnya tgl.2feb kmaren saya mens saya uda coba 3x test pack hasilny negatif tapi sampe skarang saya blm mens jg donk,apakah saya hamil dok?

  3. Dok, perkenalkan nama saya dewi umur saya 23 thun. Dok, saya sudah telat haid sekitar 1 minggu 4 hari, bulan lalu saya haid tgl 6 – 12 dan saya sempat ml dengan pacar saya sekitar seminggu setelah selesai masa haid (kurang ingt tgl brp ml nya) kemudian untuk bulan ini saya blm juga haid, saya blm siap hamil dok, waktu itu saya ingt btul kalo pacar saya melakukan penetrasi diluar ms. V saya. Kemudian saya sudah mengecek dgn TP 2x dan hasilnya ngatif keduanya. Dok, jika saya periksa ke dokter untuk usg apakah bisa terlihat apakah saya hamil ato tidak dengan rentang waktu telat haid seperti diatas?
    Saya mohon untuk saran nya Dok, krng saat ini saya sedang bingung

  4. Pagi dok
    Saya dewi, 23 tahun
    Dok saya sudah telat haid selama 1 mnggu 4 hari
    Bulan feb lalu saya haid dr tgl 6-12, sedangkan bulan maret ini saya blm datang bulan juga, bulan lalu saya sempat ML dgn pacar saya, seingat saya seminggu setelah selesai masa haid dan kami tidak menggunakan kondom. Namun, saya ingt pasti pda saat itu pacar saya tidak mengeluarkan sperma nya didalam atau ejakulasi nya diluar dok. Jadi saya bingung kenapa saya blm haid juga bulan ini, saya juga sudah tes dgn TP 2x tgl 14 & 15 maret lalu tp hasil nya negatif keduanya kmudian kira” juka saya periksakan ke dokter kandungan untuk usg apakah sudah terlihat nnti untuk memastikan saya hamil ato tdk?
    Mohon saran nya dokter, krn saya bnr” bngung saat ini

  5. Selamat siang dok, saya mau tanya, tgl 21 feb yg lalu saya kuret, lalu tgl 2 maret saya perdarahan selama 5 hari, namum sebulan setelah kuret saya tespack dan hasil (+) samar, dan gejala kehamilan seperti mual, dan nyeri pinggul gak pernah hilang pasca kuret. apakah saya hamil lagi dok? apa ada penyakit lain yg timbul? Padahal saya blm melakukan hubungan pasca kuret, apa yg menyebabkan tespack hasil positif (+) dan gejala kehamilan masih ada?

  6. Dok saya mau tanya,saya sudah haid telat 8 hari tapi pada hari ke 3 sm ke 6 telat saya melakukan test pack dan hasilnya negatif…padahal siklus haid saya biasanya lancar…trus waktu hamil anak pertama telat 4 hari saya TP hasilnya positif…tapi kok ini udah telat 8 hari blm ke detek mulu y dok pdhl tanda2 hamil sudah ada…saya belum berani periksa ke dokter takut terlalu dini,rencana klo telat k mingguan baru mau periksa.kira2 saya hamil g ya dok?saya sudah kepengen hamil lagi nih…jadiya harap2 cemas nih…terimakasih y dok…

  7. hy dok saya mau tanya.. saya udah telat 11 hari ni tapi kok pas saya tespek masih negatif, saya merasakan tanda2 kehamilan seperti mual pusing sering buang air kecil keram perut dll.. tolong penjelasannya dok terimakasih.

  8. Dok, selamat pagi saya tiara
    Saya mau nanya waktu haid saya 4 bulan kebelakang tgl 18 des, tgl 22 jan, tgl 21 feb. Saya melakukan hubungan terlarang dengan pacar saya dok. Sampai saat ini tgl 30 maret saya belum kunjung kedatangan tamu saya. Saya sudah testpack 2x hasilnya negatif dengan merk berbeda. Saya belakangam lagi banyak fikiran dok. Menurut dokter saya hamil atau tidak dok? Makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s