Permintaan, Penawaran, dan Harga Keseimbangan

Komponen masyarakat yang heterogen menghasilkan daya beli yang berbeda-beda. Keadaan itu semakin dikuatkan oleh beraneka ragam keinginan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Karena itu, heterogenitas kebutuhan menurut adanya penyediaan alat pemuas kebutuhan yang beraneka ragam pula.

stock_chart_green.jpgPada dasarnya di dalam masyarakat dikenal dengan dua kelompok besar, kelompok produktif dan kelompok konsumtif, serta kelompok penyedia (penjual atau produsen) dan kelompok pemakai (pembeli atau konsumen). Kelompok penyedia berharap dapat menjual sebanyak mungkin barang atau jasa dengan harga setinggi-tingginya dalam waktu tertentu. Sebaliknya kelompok pemakai ingin membeli barang atau jasa dengan harga serendah-rendahnya sekaligus dapat memenuhi kebutuhan semaksimal mungkin.

Para penjual mengharapkan harga setinggi mungkin dari barang jualannya agar mendapat keuntungan sebanyak mungkin. Pedoman bagi penjual dalam menantukan harga jual adalah:

Biaya yang telah dikeluarkan (biaya bahan baku, banyaknya tenaga/waktu dan keahlian yang dikeluarkan).

Laba atau keuntungan yang diinginkan yang merupakan sumber penghasilannya.

Pedoman bagi pembeli adalah:

  • Kebutuhannya (menurut urutan mendesaknya). Semakin dibutuhkan suatu barang semakin besar menfaat barang itu baginya, maka orang orang bersedia membayar harga yang tinggi untuk bisa memperolehnya.
  • Besarnya penghasilan/pendapatan atau besarnya uang yang tersedia untuk dibelanjakan. Semakin banyak uang, semakin mudah orang mendapatkan kebutuhannya.

Sekarang kita akan mengenal pelaku ekonomi dengan segala kegiatan beserta faktor-faktor ekonomi yang mempengaruhi kegiatan tersebut, yaitu permintaan dan penawaran, juga harga yang terbentuk akibat interaksi permintaan dan penawaran tersebut.

Di dalam Ilmu Ekonomi perilaku permintaan dan penawaran ini sangat penting untuk dipelajari. Maksudnya adalah agar kita selaku salah satu pelaku ekonomi memahami apa yang harus kita perbuat sehubungan dengan terus bertambahnya kebutuhan yang kita perlukan sementara alat pemuas kebutuhan yang tersedia sangat terbatas. Pada akhirnya, dengan memahami semua hal yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, kita akan sampai pada inti pembahasan bab ini, yakni pembentukan harga.

Baca Juga

harga keseimbangan.psd penawaran hukum penawaran.psd permintaan hukum permintaan.psd stock_chart_green.jpg faktor yang mempengaruhi harga keseimbangan.psd

Loading...

1 Comment

  1. Hallo dok.. dok saya mau tanya dok..kan pacar saya selesai haid sekitar tgl 25 juli dok nah setelah itu kita berhubungan dok sampai 3x dan saya merasa saya tdak mengeluarkan sperma saya kdalam sama skali..tapi sehari setelah berhubungan dia mengeluarkan fles darah hanya sehari dok..siklus haid dia 28hari dok.. seharusnya kan tgl 23agustus dan mngapa sampai skarang dia belom juga mens dok.. dan kita udah lakuin cek tespek2x dan hasil nya negatif.. apakah pacar saya ini hamil atau tidak..?? Mohon pencerahannya dok terims..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*