MUKTAMAR IDI KE 28, SJSN dan BPJS, untuk Siapa?

Hari ke-2 Muktamar IDI, 21 Nopember 2012 disertai dengan keriuhan peserta muktamar mengenai SJSN dan BPJS. Sebenarnya hari ini akan diisi Orasi Kebangsaan dari JK, namun beliau baru bisa memberikan orasi keesokan harinya.

Foto1116 SJSN dan BPJS tampaknya merupakan berita paling hangat saat ini. Mengapa? Karena ditakutkan seperti halnya Jaminan masyarakat semesta, keuangan yang sebenarnya adalah jasa yang diperuntukkan untuk tenaga medis (dokter) dan para medis harus melalui keuangan pemerintahan. Yang ditakutkan adalah: adanya penyunatan atau pemotongan uang jasa medis bagi dokter oleh pemerintah daerah??

Distribusi dokter tidak merata. Dokter-dokter banyak sekali berada di kota, namun sebaliknya, banyak sekali ditemukan (penelitian dari 3000 puskesmas, ada 200 lebih puskesmas tanpa dokter, Menkes 21/11/2012). Mengapa hal ini bisa terjadi? Beberapa beranggapan bahwa selama ini sekolah untuk menjadi dokter mahal biayanya bahkan untuk spesialis sangat mahal biayanya. Akibatnya, yang bisa sekolah adalah anak-anak orang kaya saja, sedangkan anak orang kaya jarang sekali yang ditemukan mau bekerja ke pelosok-pelosok. Bahkan dengan adanya jaminan masyarakat murah ini, apakah masih akan ada dokter kaya yang mau ditempatkan di puskesmas yang jauh dan terpencil? Jadi distribusi dokter jikapun mau menempatkan mereka di puskesmas terpencil, harus dimulai sejak penerimaan sekolah calon dokternya dan pendidikan kedokteran, menciptakan mental mereka agar mereka siap ditempatkan ditempat yang jauh dan terpencil, menjadi dokter bagi rakyat kecil. klikharry

Loading...

1 Trackback / Pingback

  1. ORASI JUSUF KALLA DI MUKTAMAR IDI MAKASSAR « klikharry.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*