MENULIS CERPEN

Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain

Anda dapat menulis cerpen berdasarkan pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain. Pernahkah Anda menulis cerpen? Bagamana cara menulis cerpen? Jika ingin menulis cerpen, ada beberapa langkah yang dapat dijadikan pedoman.

writing-2 1. Mengadakan observasi atau pengamatan

Anda dapat melakukan observasi dengan mengadakan pengamatan secara langsung. Selain itu, Anda dapat malakukan observasi dengan mengingat atau mendengarkan kejadian yang dilakukan oleh orang lain.

Contoh :

Teman Anda menceritakan pengalaman berkemah di pantai. Anda dapat menjadikan pantai sebagai tempat dalam cerpen Anda.

2. Menentukan Tema

Tema cerpen disebut ide cerpen. Tema dapat anda tentukan dari hasil observasi yang telah dilakukan, misalnya kehidupan di pantai.

3. Menentukan latar

Seluruh hasil observasi yang telah dilakukan dapat Anda gunakan untuk menciptakan latar. Latar yang Anda buat harus sesuai dengan tema yang Anda tentukan. Anda juga harus ingat bahwa latar terdiri atas latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.

Contoh :

Latar tempat : di pantai

Latar waktu : pagi, siang, malam

Latar suasana : menyenangkan

4. Menciptakan Tokoh

Anda dapat menciptakan tokoh dari orang-orang yang diceritakan oleh teman Anda atau orang yang Anda mengalami peristiwa yang Anda lihat. Anda dapat menganti nama tokoh. Anda harus menetukan tokoh utama dalam cerpen yang akan ditulis. Selain itu, Anda juga menentukan watak dan bentuk fisik tokoh-tokoh yang diciptakan.

Contoh :

Tokoh utama : Lisa

Lisa seorang siswa SMA pencinta alam, ia seorang gadis berumur tujuh belas tahun. Rambutnya lurus sebahu. Kulitnya sawo matang, tetapi bersih. Wajahnya manis dan tinggi semampai.

5. Menciptakan Konflik

Konflik adalah pertentangan atau keteganangan dalam cerpen. Konflik dapat mengangkat masalah yang terjadi dalam peristiwa yang diceritakan teman Anda atau masalah yang terjadi dalam peristiwa yang Anda lihat. Misalnya, Anda melihat pertengkaran antar anak. Anda dapat mengangkat penyebab pertengkaran menjadi sebuah konflik dalam cerpen.

Baca Juga:

teknik menulis membaa novel menemukan ide pokok menyusun laporan fakta dan opini MENULIS CERPEN teknik menulis cerpen menulis resensi buku

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*